Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Menjual Jasa

Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan baik itu menghasilkan uang dari internet ataupun menawarkan jasa secara konvensional alias offline.

Cara Mendapatkan penghasilan tambahan

Namun, saya tidak akan fokus pada metode konvensional. Saya akan mengulas bagaimana sih cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan menawarkan kemampuan yang Anda miliki.

Apa yang Anda perlukan sebelum Anda memulai?

Hal pertama yang wajib Anda miliki untuk memulai adalah skill/keahlian dalam suatu bidang. Bisa bidang apa saja, entah itu desain grafis, translator, programming, atau apapun itu.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Untuk Anak Muda yang Populer

Berikutnya, kepercayaan diri. Banyak orang yang ahli dalam suatu bidang, tapi mereka tidak percaya diri kalau mereka sebenarnya bisa melakukannya. Untuk sukses, Anda harus bisa percaya diri.

Yang terakhir adalah equipment atau peralatan Anda. Agar bisa memberikan layanan yang profesional, sebaiknya Anda sudah memiliki alat perang Anda sendiri.

Contohnya jika Anda punya skill dibidang photography, maka Anda harus punya kamera, laptop, dan juga software untuk melakukan editing.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Setelah Anda punya ketiga hal diatas, mungkin muncul pertanyaan “Dimana saya bisa menjual jasa saya?”. Jawabannya adalah disitus freelancer yang sudah terkenal dan memiliki banyak client.

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Projects.co.id. Disini, Anda bisa menjual jasa apa saja untuk mulai menghasilkan uang dari internet. Beberapa diantaranya seperti :

  • 3D Modeling & Animation.
  • Accounting & Consultancy.
  • Audio, Video & Photography.
  • Data Entry & Data Mining.
  • Desktop Programming.
  • Electronis & Robotics.
  • Game Programming.
  • Internet Marketing & Social Media.
  • Layout, Logo & Graphic Design.
  • Mobile Programming.
  • Network & System Administration.
  • SEO & Website Maintenance.
  • Website Development.
  • Writing & Translation.
  • Dan lain sebagainya.

Lalu pertanyaan yang muncul berikutnya dibenak Anda adalah bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan dari Projects.co.id? Caranya sangat gampang, yaitu melakukan pendaftaran.

Baca juga: Beberapa Cara Menghasilkan dari Internet

Bagaimana Cara Mendaftar di Projects.co.id?

  1. Lakukan pendaftaran disini: Projects.co.id.
  2. Isi semua data yang diperlukan seperti; email, username, dan captcha.
  3. Verifikasi akun Anda dengan membuka inbox yang dikirimkan ke email Anda.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah Anda melakukan pendaftaran, Anda sudah bisa mulai mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mencari project yang sesuai dengan bidang, kemampuan atau skill yang Anda miliki.

Untuk menemukan project yang Anda inginkan, caranya sangat mudah. Silahkan login ke akun Anda, kemudian pilih menu Project > Browse Project. Setelah itu Anda akan melihat project yang tersedia.

Pada halaman project ini, Anda akan melihat semua project yang tersedia di menu “All“. Anda juga dapat memilih project sesuai dengan keahlian Anda dengan cara memilih kategori yang sesuai.

Setelah Anda menemukan project yang sesuai dengan Anda, selanjutnya Anda perlu melakukan bid dengan cara pilih “Place New Bid“. Isi semua field yang diperlukan dengan menarik, jelas dan rinci.

Semakin menarik bid Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk bisa menjadi pemenang dalam bid untuk bisa mulai mengerjakan project tersebut. Sertakan portofolio Anda bila perlu.

Setelah Anda dipilih oleh owner untuk mengerjakan project mereka, silahkan kerjakan projectnya dengan waktu dan instruksi yang diberikan oleh owner.

Jika Anda telah selesai, Anda bisa infokan ke owner, jika owner sudah setuju dengan hasil yang Anda buat. Maka Anda akan segera mendapatkan bayaran Anda.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Projects.co.id

Selain melakukan bid, Anda juga dapat menjual jasa Anda dengan cara memberikan service kepada orang-orang yang membutuhkan atau mencari jasa Anda. Caranya juga gampang, seperti berikut ini.

  • Masuk ke menu Service > Sell Service.
  • Isi semua detail yang diperlukan.
  • Save and Publish.

Setelah itu, service Anda akan di tinjau oleh team dari projects.co.id, biasanya memakan waktu 1 hari. Jika telah lolos dari peninjauan, service Anda akan ditampilkan di projects.co.id.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan menjual jasa Anda. Semakin sering Anda melakukan bid projects, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman atau kerabat Anda agar bisa memberikan manfaat yang lebih lagi, terima kasih.

Tinggalkan komentar