Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Mendapatkan Penghasilan dari Internet, Mau? – Saat ini semakin banyak cara untuk mendapatkan uang dengan mudah dari internet. Bahkan Anda bisa mulai dengan modal kuota internet.

Apapun yang bisa menghasilkan uang, tentu saja butuh modal. Namun, yang membedakan adalah jumlah modal yang dibutuhkan. Jika ada yang bilang menghasilkan uang tanpa modal, saya rasa itu mustahil.

Karena Anda tetap butuh setidaknya kuota internet untuk memulai langkah awal Anda untuk bisa mulai menghasilkan uang dari internet. Kuota juga termasuk pengeluaran modal, bukan begitu?

Itulah mengapa saya mengatakan bahwa tidak ada yang benar-benar gratis dan tanpa modal untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Prosesnya juga tidak seperti yang Anda bayangkan.

Jika Anda siap dengan semua itu, berikut ini saya telah merangkum beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda gunakan untuk mencoba peruntungan Anda.

7 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Jika Anda ingin mencari uang bulanan, tambahan, ataupun penghasilan jangka panjang, silahkan coba beberapa rekomendasi dibawah ini.

1. Menjadi Seorang Freelancer

Cara pertama adalah menjadi seorang Freelancer, tapi apa itu freelance?

Baca juga: Skills Wajib untuk Menjadi Seorang Freelancer

Freelance adalah seseorang yang bekerja secara sendiri dan tanpa memiliki komitmen tertentu dengan perusahaan untuk jangka yang panjang alias kontrak.

Sedangkan Freelancer adalah orang-orang yang memiliki skills disuatu bidang tertentu. Kemudian ia menjual kemampuannya tersebut dengan cara menyediakan suatu jasa sesuai keahliannya.

Anda juga tidak perlu khawatir soal bagaimana cara mendapatkan client pertama Anda. Karena saat ini sudah banyak sekali situs yang menyediakan platform untuk para freelancer.

Platform tersebut berfungsi sebagai broker yang tugasnya mempertemukan penyedia jasa dan juga orang yang membutuhkan jasa. Bergabunglah ke beberapa situs freelancer seperti;

Salah satu syarat agar Anda bisa sukses menjadi seorang freelancer adalah Anda harus terus mengembangkan skills Anda.

2. Menjadi Seorang Blogger

Pamor seorang blogger sudah tidak seperti yang dulu. Saat ini lebih banyak orang yang mencari jawaban atau solusi dari masalah mereka dengan cara mencarinya di YouTube.

Tapi hal tersebut tidak menghalangi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet. Anda hanya perlu memberikan konten yang berharga untuk menarik pembaca setia.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog dari Awal

Jika Anda tidak memiliki cukup modal, Anda bisa membuat blog pertama Anda menggunakan platform blogger gratis. Sehingga tidak ada resiko kerugian jika Anda kurang berhasil.

3. Menjadi YouTuber

Saat ini profesi YouTuber sedang banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Selain karena sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, Anda juga bisa mendapatkan uang dari Youtube.

Anda hanya perlu membuat channel youtube Anda sendiri, membuat video untuk channel Anda, monetize video Anda dengan iklan, dan Anda sudah bisa mulai menghasilkan uang.

Baca juga: Alat-Alat Youtuber Pemula yang Murah

Namun, untuk masuk ke bagian monetize, Anda butuh 1000 subscriber dan 4000 jam tayang terlebih dahulu. Jadi, sebaiknya buatlah video secara konsisten dan bangun audiens Anda.

4. Mengikuti Program Afiliasi

Affiliate/afiliasi adalah sebuah program kerja sama antara dua belah pihak (Pemilik produk dan affiliate marketer) untuk menjual sebuah produk.

Seorang affiliate marketer bertugas untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan sebuah link yang diberikan oleh pihak pemilik produk. Promosi bisa melalui media sosial, blog, dll.

Setiap penjualan yang berasal dari link affiliate Anda, maka Anda akan mendapatkan bayaran atau persenan sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan antar dua belah pihak.

5. Mendapatkan Penghasilan dari Internet dengan Menjadi Dropshipper

Dropship adalah kegiatan untuk membantu penjualan suatu produk. Apakah dropship sama dengan reseller? Tidak. Dropship dan reseller adalah dua hal yang berbeda.

Jika menjadi reseller, Anda harus melakukan stok barang, melakukan packing sendiri, dan melakukan pengiriman sendiri. Sedangkan dropship, hanya perlu membantu menjualnya tanpa harus stok barang.

Anda bisa menjual produknya melalui media sosial, marketplace, blog dan lain sebagainya. Keuntungan yang Anda dapat berasal dari margin yang Anda tentukan.

Contoh, jika Anda menjadi dropshipper dari produk kosmetik. Harga produk tersebut adalah Rp 50.000, lalu Anda mempromosikan produk tersebut di media sosial Anda dengan harga Rp 75.000.

Ketika ada orang yang membeli produk tersebut dari Anda, maka Anda mendapatkan keuntungan Rp 25.000. Karena Anda hanya perlu membayar Rp 50.000 kepada pemilik produk.

6. Mendapatkan Penghasilan dari Internet dengan Menjadi Influencer

Jika Anda memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosial, Anda bisa menjadi seorang influencer. Anda bisa menghasilkan uang dari product yang melakukan endorse kepada Anda.

Anda juga bisa join ke platform influencer seperti SociaBuzz untuk bisa mendapatkan calon client pertama Anda. Yang perlu Anda lakukan hanya perlu mendaftar dan melengkapi profile Anda disitu.

7. Menjual Foto

Jika Anda adalah orang yang senang dengan dunia fotografi, pekerjaan satu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet dengan mudah.

Anda hanya perlu upload hasil potretan Anda di platform stock photo seperti shutterstock, 500px, dan lain sebagainya. Jika ada orang yang membeli hasil foto Anda, maka Anda akan mendapatkan bayaran.

Saya juga sudah membuat tutorial bagaimana cara menjual foto di shutterstock dan mulai menghasilan uang dari jual foto Anda.

Penutup

Itulah dia beberapa cara mendapatkan penghasilan dari internet yang bisa Anda coba. Silahkan pilih sesuai minat dan juga keahlian yang Anda miliki.

Jika Anda suka dan terbantu dengan artikel ini, silahkan share ke media sosial atau orang terdekat kalian agar bisa lebih bermanfaat lagi, terima kasih.

Tinggalkan komentar