Tujuan Manajemen Keuangan – Masalah keuangan merupakan salah satu masalah yang sangat riskan sehingga diperlukan pengelolaan yang baik agar masalah keuangan bisa tertata rapi.

tujuan manajemen keuangan

Seperti yang kita semua ketahui, uang adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup sebuah bisnis.

Tanpa pengelolaan keuangan yang baik maka sebuah bisnis juga akan merugi dan pada akhirnya tutup. Oleh karena itu, setiap bisnis pastinya memiliki manajemen keuangan tersendiri.

1. Apa Itu Manajemen Keuangan?

Mengutip dari Wikipedia, manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

BACA JUGA: Keuangan: Pengertian, Prinsip dan Jenis Lembaga Keuangan

Lalu mengapa ada manajemen keuangan, apa tujuannya? Mari kita bahas bersama

2. Tujuan Manajemen Keuangan

Mengingat manajemen keuangan sangat penting untuk suatu bisnis, itu artinya ada tujuan yang penting di dalamnya. Lalu apa saja tujuannya, simak di bawah ini:

2.1 Menjaga Kestabilan Arus Kas

Tujuan yang pertama adalah menstabilkan dan memantau arus kas. Secara umum, ada dua jenis arus kas yakni arus kas masuk dan arus kas keluar.

Contoh arus kas masuk adalah adanya investasi tambahan dari pemilik, adanya pelunasan piutang, pendanaan dari kreditur, penjualan asset bisnis yang tak terpakai lagi hingga ke penjualan tunai.

BACA JUGA: Tujuan Keuangan yang Harus Anda Ketahui dan Contohnya

Contoh arus kas keluar adalah membeli bahan baku, membeli peralatan dan perlengkapan kantor/operasional, membayar tagihan (Listrik, air, telepon), biaya gaji dan lain sebagainya.

Arus kas tersebut harus dipantau dengan tujuan agar tidak ada kecurangan yang bisa berakibat merugikan bisnis, agar pengeluaran tidak membengkak dan untuk menjaga kestabilannya.

Semua hal tersebut bisa tercapai dengan adanya manajemen keuangan yang baik.

2.2 Mengevaluasi keuangan

Tujuan adanya manajemen keuangan yang kedua adalah mengevaluasi keuangan bisnis.

Mencari pengeluaran yang tidak penting dan mengalokasikannya ke pos pengeluaran lain yang lebih membutuhkan.

Mengevaluasi aktivitas bisnis yang kurang menguntungkan, dan lain sebagainya.

Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan dana bisnis.

2.3 Manajemen Keuangan untuk Keuntungan Bisnis

Tujuan dari adanya manajemen keuangan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan profit atau keuntungan sebuah bisnis.

Caranya adalah dengan membuat sebuah perencanaan yang matang.

Dalam hal ini, tentu saja diperlukan koordinasi dan kerja sama dari seluruh pihak yang ada di bisnis agar perencanaan ini bisa berjalan sebagai mana mestinya.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan dengan Lebih Mudah dan Terencana

Hal ini juga berhubungan erat dengan poin kedua di mana tujuan manajemen keuangan adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan dana.

Apabila dana bisnis digunakan dengan lebih efisien, sesuai, tepat sasaran dan meminimalisir pengeluaran yang tak diperlukan, maka keuntungan bisnis juga akan meningkat.

2.4 Menyeimbangkan Struktur Modal bisnis

Tujuan manajemen keuangan yang keempat adalah menyeimbangkan struktur modal bisnis di mana antara sisi permodalan dan keuangan bisnis harus seimbang. Terutama dalam sisi passiva dan aktiva bisnis.

2.5 Memastikan Keamanan Investasi dan Pendanaan

Tujuan berikutnya adalah memastikan keamanan investasi yang dilakukan bisnis.

Agar investasi yang dilakukan bisa memberikan imbal balik yang positif, pihak manajemen keuangan harus mampu menilai resiko sebuah investasi.

BACA JUGA:Cara Islam Mengatur Keuangan Agar Hidup Lebih Sejahtera

Contohnya saja, bisnis ingin membuka cabang di tempat lain. Manajemen keuangan harus mempertimbangkan dana yang dimiliki oleh bisnis.

  1. Apakah dana tersebut cukup?
  2. Dana yang digunakan apakah mengganggu kelancaran arus keuangan bisnsi atau tidak
  3. Apakah hal tersebut menguntungkan atau tidak?

Untuk menganalisis hal ini tentu saja dibutuhkan dasar dari data anggaran keuangan dan data lainnya.

Itulah beberapa pembahasan mengenai tujuan manajemen keuangan. Manajemen keuangan memanglah memiliki peranan yang sangat vital.

Tanpa manajemen keuangan yang baik maka kegiatan operasional bisnis juga akan terhambat. Jadi jangan remehkan soal keuangan ketika Anda mulai berbisnis.

Write A Comment