6 Tools SEO Gratis Terbaik Untuk Dapatkan Banyak Views Di Youtube

Tools SEO Gratis Terbaik – Halo Indonesian Blogger, untuk mendatangkan views ke video youtube channel Anda maka harus bisa memaksimalkan teknik SEO pada setiap video dan juga channel Anda.

Seperti yang sudah saya singgung diawal bahwa strategi pertama untuk bisa diranking dan mendapatkan penonton adalah dengan memanfaatkan SEO. Dimana kita bisa mencari kata yang tepat untuk dijadikan judul, deskripsi, dan tag.

Tanpa SEO, video Anda akan sulit bersaing karena Anda tidak memberikan informasi apapun kepada mesin pencari youtube, sehingga youtube tidak bisa menemukan atau merekomendasikan video Anda.

Akibatnya video Anda akan diabaikan oleh youtube, sayang sekali. Namun saya yakin, setelah Anda membaca tulisan ini maka Anda tidak kesulitan lagi untuk meng-optimalkan SEO video Anda.

Baca juga: Cara Menghasilkan Puluhan Juta Dari Youtube

Salah satu teknik SEO adalah dengan mencari keyword atau kata kunci, yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan tools. Berikut beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat buat channel Anda.

Tools SEO Gratis Terbaik

Tools SEO Gratis Terbaik

1. Menggunakan Search Bar Youtube

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kolom pencarian atau search bar yang ada di YouTube itu sendiri. Cara ini pun sangat simple dan tidak butuh software khusus, karena Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan Youtube di HP ataupun di desktop.

Anda hanya perlu untuk menuliskan kata kunci atau keyword yang ingin ditargetkan pada kolom pencarian youtube, tapi jangan di enter. Setelah itu akan tampil kumpulan kata kunci yang terkait dengan keyword yang Anda targetkan.

Contohnya saya ingin membuat video tentang “cara buat nasi goreng” maka saya ketikan kata tersebut di pencarian youtube, nanti akan ditampilkan alternatif keywordnya seperti dibawah ini.

cari keyword youtube

Semua hasil yang saya tandai di atas bisa Anda gunakan sebagai keyword, baik dalam tag, judul ataupun deskripsi. Dari contoh diatas kita bisa buat judul seperti ini “Cara Buat Nasi Goreng Special Yang Enak“.

Di sini Anda harus benar-benar kreatif dan punya imajinasi kata apa saja yang sekiranya cocok dengan video Anda misalnya selain pakai kata “buat nasi goreng”, bisa juga kita tes pakai kata “masak nasi goreng”, “cara bikin nasi goreng”, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Tag Video Orang Lain

Salah satu kekurangan dari cara ini adalah Anda tidak bisa melihat nilai persaingannya, jumlah resultnya berapa dan angka trafficnya.

2. Keywords Everywhere

Bagi Anda yang menggunakan laptop atau PC, silahkan menggunakan extension dari Keywords Everywhere. Extension ini bisa Anda download dan pasang di chrome ataupun browser mozilla.

Untuk memasang extension ini pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi mereka di keywordseverywhere.com lalu install di browser Anda. Disini ada 2 pilihan chrome dan firefox, silahkan install sesuai browser yang Anda gunakan.

3. Menggunakan Google

Sama halnya dengan cara yang pertama, yang membedakan adalah disini Anda menggunakan search bar dari google. Langkah langkahnya sama saja dengan cara pertama, lalu apa perbedaanya?

Bedanya, Ketika ada seseorang yang mencari keyword yang Anda targetkan di google, maka video Anda bisa tampil di hasil pencarian google dan tentu saja itu bisa mendatangkan traffic atau views ke video Anda.

Contohnya seperti gambar dibawah ini, saya mencari di google dengan keywords “kucing lucu” dan hasilnya saya disuguhkan beberapa video tentang kucing yang berasal dari youtube, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

cari keyword di google

Cara yang paling mudah untuk memilih kata kunci yang tepat melalui tools ini adalah lihat nilai pencarian per bulannya.

Baca juga: Video Editor Android Untuk Youtuber Pemula GRATIS

Untuk channel baru, pilih yang nilainya rendah dulu, seiring bertambahnya subscriber dan views Anda maka bisa naik ke level pencarian menegah.

4. Keywordtool.io

Tools SEO Gratis Terbaik berikutnya, Anda bisa menggunakan website keywordtool.io. Apapun gadget Anda pasti bisa menggunakan ini karena sistemnya adalah mengunakan browser.

Salah satu keunggulan dari situs ini adalah terdapat pencarian keywords untuk YouTube, Google, Amazon, dan sebagainya.

Selain itu, Anda pun dapat memilih negara, ini cocok untuk Anda yang menargetkan viewer dari luar negeri.

Salah satu kekurangan dari keywordtool.io ini untuk yang versi free hanya menampilkan kata kuncinya saja tidak termasuk datanya, kecuali Anda berlangganan yang pro baru bisa melihat data yang lain.

5. Ubersuggest

Hampir sama dengan keywordtool.io, namun ubersuggest lebih memberikan data yang lengkap seperti jumlah persaingan, cpc, rata rata pencarian setiap bulan dan lain lain.

Saya ambil contoh disini “peralatan youtuber pemula” maka akan ditampilkan data data sebagai berikut beserta penjelasan bahwa “This keyword is competitive. There is a 61% chance you can rank in the top 20”.

lihat keyword potensial

Yang artinya, persaingan keywords tersebut cukup kompetitif dan saya hanya punya kemungkinan 61% untuk bisa masuk peringkat 20 besar di hasil pencarian google. Silahkan lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.

Seperti yang saya katakan, tools sebenarnya lebih cocok untuk seorang blogger seperti saya. Tapi karena untuk keywords tidak jauh beda dengan youtube, maka Anda bisa manfaatkan tools ini.

6. TubeBuddy

TubeBuddy sendiri adalah tools yang tersedia dalam 2 versi, yaitu untuk versi desktop dan juga mobile. Untuk versi desktop Anda bisa download extension TubeBuddy untuk browser Andai.

Sedangkan untuk mobile, Anda harus download dan install aplikasinya. Versi yang didukung oleh Tools ini adalah versi untuk iOS dan juga Android.

Untuk versi aplikasi, ada beberapa kekurangan dari tools yang satu ini yaitu Anda tidak dapat melihat detail lengkapnya, karena yang ditampilkan hanya scroingnya saja. kita tidak bisa melihat detailnya, hanya scoringnya saja.

Baca juga: Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube Secara Natural

Sedangkan untuk versi desktop, untuk yang free saja fiturnya bisa dibilang cukup lengkap terlebih lagi jika Anda berlangganan atau premium.

Beberapa fitur yang tersedia di TubeBuddy seperti

  1. Membuat thumbnail
  2. Melihat analitik
  3. Mencari alternatif kata kunci untuk Google
  4. dll

Conclusion

Untuk mencari keyword yang baik dan benar sebaiknya carilah keyword yang tidak hanya dicari melalui Youtube namun juga muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google. seperti yang sudah saya sebutkan pada point ke 3.

Oke saya rasa cukup sekian artikel Tools SEO Gratis Terbaik Untuk Dapatkan Banyak Views Youtube, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman teman Anda yang ingin menjadi seorang youtuber, terima kasih.

Tinggalkan komentar