Tips Social Media Marketing yang Wajib Diterapkan

Tips Social Media Marketing – SMM adalah sebuah ilmu pemasaran yang memanfaatkan berbagai platform social media yang ada. Mengapa harus social media?

tips social media marketing

Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 200 juta jiwa memiliki pengguna internet aktif sebanyak lebih dari 60% dari populasinya.

Kurang lebih ada sekitar 150 juta orang di Indonesia yang mengakses internet. Dan salah satu platform yang paling sering diakses adalah social media seperti Instagram, Facebook, hingga YouTube.

Satu orang bisa saja memiliki banyak akun social media di berbagai platform mengingat sekarang social media sudah berkembang menjadi sebuah kebutuhan.

Baca juga: Cara Jitu dalam Social Media Marketing yang Perlu Anda Kuasai

Dengan jangkauannya yang begitu luas, proses pemasaran juga akan berjalan dengan lebih optimal.

Tips Social Media Marketing

Dalam rangka menjalankan social media marketing ini, Anda juga tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Ada beberapa tips khusus yang perlu Anda jadikan panduan.

Berikut panduan dasar yang wajib Anda ketahui

1. Pilih platform yang paling sesuai

Tips social media marketing yang pertama adalah memilih platform yang sesuai. Tiap platform seperti Youtube, Blog, Instagram, Twitter, dan juga Facebook memiliki karakteristik masing-masing.

Setiap platform tersebut memiliki tipe pengguna yang berbeda, unik, dan memiliki kebutuhan informasinya masing-masing.

Pelajari mana platform yang paling sesuai untuk digunakan sebagai wadah promosi. Anda bisa melakukan pengecekan dengan membuat konten di semua platform.

Contohnya, Youtube sangatlah cocok untuk melakukan promosi bisnis dalam kemasan video panjang atau berdurasi lebih dari 1 menit.

Baca juga: Elemen Penting dalam Social Media Marketing yang Perlu Anda Kuasai

Instagram sendiri lebih ke arah gambar atau berbagai desain visual yang unik dan menarik.

Jika promosi bisnis membutuhkan penjelasan menggunakan kata secara lebih rinci maka gunakanlah website, landing page, ataupun blog.

2. Tentukan konsumen yang paling potensial

Tips berikutnya adalah dengan menentukan konsumen potensial. Dengan adanya target market/konsumen tertentu maka konten di social media juga akan lebih terfokus.

Contohnya, jika Anda mempromosikan sebuah layanan bimbel online maka buatlah konten yang sekiranya mampu menarik perhatian kaum muda.

Seperti penggunaan bahasa yang lebih santai ataupun desain yang lebih menarik.

Baca juga: Manfaat Social Media Marketing

Jika Anda menawarkan jasa konsultasi profesional, buatlah sebuah konten dengan bahasa formal dan dengan desain yang terkesan profesional pula agar klien Anda lebih percaya.

3. Tips Social Media Marketing: Membuat jadwal

Buatlah postingan secara teratur. Semisal, 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Hal tersebut akan menjadi sebuah jam otomatis yang akan dihapal oleh para pengunjung Anda.

Banyak yang menyarankan setiap hari, tapi sebaiknya 2-3 hari sekali saja cukup. Biarkan postingan terbaru Anda bekerja maksimal terlebih dahulu sebelum digantikan post lainnya.

4. Gunakan Paid Content

Tips social media marketing berikutnya adalah dengan menggunakan paid content.

Untuk mendapatkan banyak followers dan pengunjung yang banyak pastinya membutuhkan usaha yang keras dan proses yang panjang.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Tidak ada salahnya, untuk mempercepat proses tersebut Anda menggunakan paid content atau konten berbayar.

Semisal jika Anda menggunakan Facebook. Anda bisa mengiklankan konten Anda dengan jasa iklan yang ditawarkan oleh Facebook.

Facebook akan membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak orang dan tentunya Facebook juga akan menyasar orang-orang yang lebih berpotensi untuk menjadi pelanggan Anda.

5. Tips Social Media Marketing: Endorse

Tips social media marketing yang terakhir adalah dengan melakukan endorse.

Ya! Anda juga bisa melakukan endorse. Caranya adalah dengan menggunakan jasa endorse dari beberapa artis terkenal untuk mempromosikan jasa/produk Anda.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram untuk Strategi Marketing

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan tips social media marketing.

Tanpa melakukan hal-hal seperti di atas maka penggunaan social media sebagai salah satu sarana promosi juga akan kurang optimal.

Akibatnya ini akan menghambat perkembangan bisnis Anda sendiri. Selain cara di atas, tentunya masih banyak tips lainnya yang bisa Anda lakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika Anda mendapatkan pengetahuan yang baru dari bacaan ini, silahkan di share ke media sosial, kerabat, atau teman Anda agar lebih bermanfaat lagi..

Tinggalkan komentar