Tips Promosi Bisnis Rumahan Saat Pandemi

Tips Promosi Bisnis Rumahan – Saat ini bisnis rumahan menjadi salah satu bisnis yang cukup banyak digemari karena terbilang cukup praktis dan dapat di kerjakan dari rumah.

Peminat bisnis satu ini meningkat karena pemberlakuan PSBB (Pembatasn Sosial Berskala Besar) yang diakibatkan oleh wabah virus corona saat ini. Daripada bosan, lebih baik berbisnis.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis rumahan untuk pekerjaan sampingan ataupun utama, silahkan baca ini “Peluang Bisnis Rumahan” kemudian membaca tips promosi ini.

Tips Promosi Bisnis Rumahan

Memiliki strategi bisnis yang tepat dapat membantu bisnis rumahan Anda untuk dapat bersaing dengan bisnis rumahan lainnya. Berikut ini beberapa tips promosi yang dapat Anda terapkan.

1. Pakai Teknik WOM

Word of Mouth (WOM) adalah promosi yang dilakukan dengan komunikasi dari mulut ke mulut. Namun, perhatikan juga aturan yang berlaku. Gunakan masker dan jaga jarak.

Anda tidak perlu keluar jauh dari rumah, Anda bisa memulai mempromosikan bisnis Anda kepada tetangga-tetangga Anda. Berikan sample produk yang Anda miliki kepada tetangga Anda.

Biarkan mereka mencoba product Anda, apabila mereka suka, maka mereka akan melakukan order. Jangan lupa juga memberikan harga, potongan harga, dan nomor telepon Anda.

2. Manfaatkan Media Sosial

Pengguna media sosial di Indonesia sendiri sangat banyak, khususnya Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan sebagainya. Hal itu menjadikan media sosial menjadi media promosi yang efektif.

Anda bisa membuat akun untuk bisnis Anda sendiri, melakukan upload product ke feed instagram, story instagram, timeline facebook, twitter, dan sebagianya. Manfaatkan semuanya.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial dan Website

Hasil foto dan caption dari setiap postingan di setiap medsos juga memberikan pengaruh yang besar. Jadi, pastikan Anda membuat foto dan caption yang menarik perhatian orang lain.

Cara diatas mungkin akan bekerja dengan baik jika Anda memiliki jumlah follower yang cukup banyak. Jika tidak, maka Anda bisa mempromosikan postingan Anda dengan cara berbayar.

Tidak mahal, Anda bisa mulai mempromosikan postingan Anda dengan dua puluh ribu sehari di Facebook dan Instagram. Selain mendatangkan pembeli, juga dapat mendatangkan follower baru.

3. Tips Promosi Bisnis Rumahan di Marketplace

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan Marketplace untuk berjualan. Cara ini terbilang sangat efektif karena mereka datang untuk membeli, bukan sekadar melihat-lihat.

Di Indonesia sendiri sangat banyak marketplace yang dapat Anda gunakan dan semuanya bisa digunakan secara gratis. Anda bisa mempelajari bagaimana cara berjualan di marketplace melalui internet.

Anda bisa pelajari cara buat logo untuk branding, membuat deskripsi yang menarik, membuat foto product yang menarik, dan sebagainya. Disini yang penting adalah Anda ingin belajar.

Baca juga: Buat Website Bisnis Online dan Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

4. Tips Promosi Bisnis Rumahan dengan Website

Selain menggunakan marketplace, Anda juga dapat membangun website untuk bisnis Anda sendiri. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengikuti aturan yang berlaku di marketplace.

Dengan memiliki website bisnis sendiri juga dapat membantu Anda membangun branding dan mempermudah pembeli untuk melihat dan membeli product Anda.

Jika Anda tidak mengerti bagaimana cara membuat website, tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang banyak tersedia di Internet dengan harga terjangkau.

Anda bisa meletakan URL website Anda dimanapun seperti media sosial, WhatsApp, dan sebagainya. Jadi ketika ada yang ingin melihat product Anda, mereka bisa diarahkan ke website.

5. Gunakan Jasa Influencer

Jika Anda memiliki budget yang cukup besar, Anda bisa menggunakan jasa endorsment. Seperti artis, selebgram, atau orang-orang yang terkenal untuk menpromosikan bisnis Anda.

Tips promosi ini juga sangat efektif untuk bisnis rumahan. Karena influencer ini memiliki banyak pengikut dan biasanya pengikut mereka akan mengikuti arahan dari si influencer.

Namun, pemilihan influencer juga dapat berpengaruh pada hasilnya. Jika salah pilih, bukannya mendongkrak penjualan malah boncos alias merugi. Jadi pilihan juga mempengaruhi.

Budget yang perlu di keluarkan juga tidak kecil, tergantung jumlah pengikutnya. Semakin banyak pengikutnya maka semakin tinggi harganya. Jadi, sesuaikan budget dan keperluan Anda.

Penutup

Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas dari product yang Anda jual. Hal ini dimaksudkan agar orang yang sudah pernah melakukan pembelian akan melakukan repeat order.

Itulah dia beberapa tips atau strategi promosi bisnis rumahan yang dapat Anda terapkan. Silahkan gunakan beberapa atau semua cara diatas untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.