Pada masa digitalisasi seperti saat ini, pekerjaan menjadi seorang freelancer semakin menjadi pilihan banyak orang. Namun, Anda tidak dapat menjadi freelancer begitu saja karena ada tips yang mesti Anda terapkan.

Tips Menjadi Freelancer

Pekerjaan ini menjadi salah satu pilihan karena beberapa alasan, salah satunya adalah fleksibilitas waktu atau jadwal kerja. Bukan itu saja, tapi menjadi bos bagi diri sendiri juga menjadi salah satu alasannya.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer

Jika Anda benar-benar tertarik untuk menjadi seorang freelancer, mungkin beberapa tips yang akan saya bahas kali ini dapat bermanfaat. Silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahui tipsnya.

Tips Menjadi Freelancer untuk Pemula

Tips yang saya bagikan ini tidak sebatas untuk pemula saja, tapi juga dapat di terapkan bagi Anda yang sudah lebih dulu memulai. Oke langsung simak saja tipsnya berikut ini:

1. Tentukan Target Market Anda

Tips yang pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai adalah mengetahui dulu siapa yang Anda targetkan. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui karena merekalah yang akan menjadi client Anda.

BACA JUGA: Skill Wajib Seorang Freelancer

Dengan mengetahui siapa target market Anda, maka Anda juga akan mudah menentukan rencana bisnis Anda. Misalnya berapa harga yang Anda patok, bagaimana strategi marketingnya, dan lain-lain.

Sehingga kedepannya Anda tidak perlu membuang waktu yang sangat banyak untuk menemukan client pertama Anda.

2. Jadilah Freelancer yang Fleksibel

Mungkin Anda sedikit bingung apa yang saya maksud dengan fleksibel, begitupun saya waktu pertama kali menjalani profesi ini. Maksudnya jangan stuck hanya terima client, kerjakan, lalu dibayar.

Tapi Anda harus menjadi fleksibel agar dapat mengembangkan bisnis Anda. Contohnya saja seperti belajar bagaimana mencari partner, melakukan meeting yang baik, bagaimana approach client, dll.

Anda juga harus menjadi fleksibel dalam hal waktu pada saat memulai, karena ini dapat membuat client Anda senang. Ketika mereka senang, mereka akan terus menggunakan layanan Anda.

Bukan hal yang tidak mungkin client Anda juga akan merekomendasikan Anda kepada partner bisnis mereka.

3. Rincian Harga yang Jelas

Seorang freelancer memiliki cara penagihan pembayaran yang berbeda-beda. Untuk freelancer di luar negeri, biasanya mereka menetapkan harga per jam. Sedangkan di Indonesia biasanya per project.

BACA JUGA: Panduan Kontrak Freelance

Buatlah gambaran harga yang sangat jelas dan rinci agar client tidak bingung. Cara menentukannya dapat dilakukann dengan melakukan riset pasar. Metode penagihan apa yang pesaing Anda gunakan.

Sekadar tips dari saya: jika Anda mencari client di luar negeri, pembayaran per jam bisa jadi pilihan. Namun, jika Anda menargetkan pasa lokal (Indonesia) pembayaran per project bisa jadi pilihan terbaik.

4. Tips Menjadi Freelancer: Miliki Website

Bagi seorang freelancer, memiliki website dapat membuka jalan yang lebih luas untuk menemukan client Anda. Selain karena tidak ada batasan waktu dan lokasi, website juga jadi media promosi yang efektif.

Dengan memiliki website, Anda dapat menampilkan hasil kerja (Portfolio) Anda kepada calon client dengan mudah. Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk membuat client percaya dengan kemampuan Anda.

Website juga menjadi salah satu tips untuk membuat Anda menjadi freelancer yang terkesan profesional. Untuk membuat website, Anda bisa membuatnya sendiri atau hire penyedia jasa pembuatan website.

5. First Impression yang Baik

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa menjadi freelancer bukan hanya terima kerjaan, kerja, dan dibayar. Tapi Anda juga harus memikirkan aspek-aspek dalam menjalankan sebuah bisnis.

Salah satunya adalah bagaimana dapat membuat calon client terkesan dan terus menggunakan layanan Anda. Itulah mengapa membuat kesan pertama yang baik terhadap client sangatlah penting.

BACA JUGA: Prospek Masa Depan Desainer Grafis

First impression bukan hanya soal bagaimana obrolan Anda dengan client saja. Tapi juga memberikan hasil terbaik di awal dan terus mempertahankan profesionalitas Anda di project-project berikutnya.

Salah satu tips untuk membuat client terkesan adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan, bukan “Loe Gue”. Anda juga bisa perlihatkan ketertarikan Anda untuk bekerja sama dengan mereka.

6. Tips Menjadi Freelancer: Goals

Setiap pekerjaan pastinya ada sesuatu yang ingin Anda tuju. Jadikan “Sesuatu” ini menjadi motivasi Anda untuk terus semangat. Misalnya saja berapa target pendapatan yang ingin Anda capai bulan ini.

Ketika Anda mulai berasa bosan, lelah, dan malas-malasan maka ingat kembali apa yang sudah menjadi target Anda bulan ini. Dengan begitu, Anda akan terus termotivasi sehingga terhindari dari rasa malas.

Saya sangat yakin perasaan malas, capek, dan bosan pasti akan menghapiri Anda. Bukan hanya pada seorang freelancer, tapi setiap pekerjaan juga pasti begitu.

Tapi dengan memiliki tujuan, dapat membuat Anda sedikit termotivasi.

7. Hindari Menyediakan Semuanya di Awal

Tips menjadi freelancer berikutnya adalah dengan menghindari untuk mengerjakan semua project yang bukan keahlian Anda. Sering terjadi nih, freelancer tidak memikirkan pekerjaannya, tapi duitnya saja.

Sehingga mereka menyediakan segala macam layanan yang sebenarnya tidak mereka kuasai. Hal ini akan mempengaruhi bagaimana bisnis Anda kedepannya. Jika client tidak puas, mereka juga enggan kembali.

Fokuslah terlebih dahulu pada satu layanan yang memang sangat Anda kuasai. Kembangkan layanan tersebut sebelum menyediakan layanan lainnya.

Jika memang ingin membuka layanan tersebut, Anda dapat bekerja sama dengan freelancer lain untuk bisa membantu Anda.

8. Daftar di Situs Freelancer

Seperti yang di sebutkan pada point sebelumnya bahwa Anda perlu website untuk menjual jasa Anda. Tapi apabila Anda tidak ingin membuat website sendiri, Anda bisa manfaatkan situs-situs freelancer.

Anda bisa mendaftar di situs-situs frelancer untuk membuat profile dan menjual jasa Anda disana. Ada banyak sekali situs freelancer yang dapat Anda gunakan seperti:

  1. Upwork
  2. Freelancer.com
  3. Projects
  4. Sribulancer
  5. Dan masih banyak lainnya.

Anda bisa mendaftar secara gratis di situs-situs freelancer tersebut. Yang terpenting adalah bangun profile Anda semenarik mungkin dengan text dan gambar portfolio yang baik.

9. Tips Menjadi Freelancer: Membangun Jaringan

Salah satu kekurangan menjadi seorang freelancer adalah lebih sering bekerja sendiri tanpa adanya team. Sehingga freelancer memberikan kesan seperti nolep (No life) di mata orang-orang.

Agar Anda terus termotivasi untuk menjadi seorang freelancer, tipsnya adalah dengan membangun jaringan di daerah Anda. Misalnya bergabung dengan orang-orang yang juga seorang freelancer.

Jika di kota Anda tidak ada, maka Anda bisa menjadi orang yang pertama kali membangun grup atau jaringan freelancer di kota Anda. Bukankah itu terdengar keren.

10. Menjalin Hubungan Baik dengan Client

Mendapatkan client tentu saja hal yang sangat menyenangkan. Selain menambah portfolio, Anda juga akan mendapatkan uang. Tapi jangan hanya bekerja sama kemudian mengabaikan ketika project selesai.

Tapi cobalah untuk membangun hubungan baik dengan client Anda, buat mereka menjadi seperti di nomor satukan. Dengan begitu, mereka akan terus bersama Anda untuk project-project baru kedepannya.

11. Menetapkan Batasan Kerja

Di awal saya katakan bahwa Anda haruslah menjadi freelancer yang fleksibel. Tapi bukan berarti Anda menghabiskan waktu hanya untuk client. Anda tetap harus punya batasan waktu kerja Anda sendiri.

BACA JUGA: Cara Daftar Izin Usaha Bisnis Online

Saya sudah merasakannya sendiri, pada pertama kali saya jadi full time freelancer. Saya kadang bekerja hingga larut malam dan tak jarang sampai pagi. Hal ini membuat saya menjadi tidak produktif.

Kebiasaan buruk tersebut juga sangat berdampak buruk terhadap kesehatan, terlebih jika tubuh Anda rentan. Saya bisa bertahan karena kebetulan dulu suka begadang sampai pagi di warnet.

Siapa yang bisa produktif jika bekerja sambil ngantuk. Tidur telat tapi bangun pagi-pagi, segelas kopi dan sebatang rokok saja tidak cukup untuk menahan kantuk.

Penutup

Itulah dia beberapa tips menjadi seorang freelancer yang dapat Anda terapkan untuk bisa bertahan lama menjadi seorang freelancer. Semoga dapat membantu Anda yang baru memulai jadi freelancer.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share agar dapat memberikan lebih banyak manfaat kepada banyak orang.

Write A Comment