7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Sudah menjadi rahasia umum bahwa online marketing dapat jadi tips untuk meningkatkan penjualan dari bisnis Anda. Saya akan ulas beberapa tips seputar online marketing kali ini.

Dahulu, pemanfaatkan teknologi dan internet sebagai wadah pemasaran hanya dilakukan oleh bisnis tertentu. Namun, beda halnya dengan sekarang, siapapun bisa melakukannya.

Hal ini biasa disebut dengan online marketing. Tapi, apakah Anda sudah tahu pengertian dari online marketing itu sendiri dan bagaimana tips meningkatkan penjualan dengan ini?

Apa itu online marketing?

Online marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media atau jaringan internet. Lebih mudahnya kebalikan dari cara konvensional.

Baca juga: Perbedaan Bisnis Online dan Internet Marketing

Jika cara konvensional dilakukan dengan cara memasang iklan di koran, membuat brosur, dan sebagainya. Maka, online marketing menggunakan media internet untuk melakukan semua itu.

Contoh dari online marketing seperti social media marketing, display advertising, pay per click, dan lain sebagainya.

Pada era digitalisasi seperti ini, online marketing sangat berperan penting bagi kemajuan dari sebauh bisnis. Orang-orang sudah kurang minat dengan cara yang konvensional.

Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Penerapan online marketing yang kurang tepat dapat berakhir dengan hasil yang kurang efektif. Lalu, seperti apa cara melakukan online marketing yang tepat? Simak berikut ini:

1. Pilih Media Sosial yang Tepat

Media sosial sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, bahkan diluar negeri. Rata-rata orang di dunia pasti memiliki media sosial sendiri.

Selain difungsikan sebagai media promosi, media sosial juga dapat meningkatkan brand awareness Anda. Juga dapat membuat pelanggan menjadi loyal dengan sebuah brand.

Baca juga: Peran Social Media Marketing dalam Peningkatan Bisnis

Tapi, pertanyaannya adalah “Apakah harus buat semua jenis media sosial?”.

Mungkin Anda akan menjawab “Ya”, alasannya karena makin banyak media sosial maka jangkauannya juga lebih luas.

Ya! itu ada benarnya, tapi jawaban sebenarnya adalah tidak. Karena tidak semua media sosial sesuai dengan kebutuhan dari bisnis Anda.

Ambil contoh, Anda bisnis kuliner. Media sosial yang cocok untuk mempromosikannya adalah Instagram, Facebook, ataupun Twitter. Tapi tidak akan cocok di LinkedIn.

Tips untuk menentukan media sosial mana yang cocok adalah dengan memantau interaksi dari berbagai media sosial yang Anda gunakan. Pakai yang interaksinya bagus.

2. Tips Meningkatkan Penjualan dengan Bantuan Influencer

Tips berikutnya adalah dengan bekerja sama dengan influencer. Saya rasa Anda sudah tahu apa itu influencer dan apa saja tugasnya.

Influencer saat ini menjadi salah satu bagian yang kuat dalam online marketing. Seorang influencer dapat dengan mudah untuk membantu suatu usaha untuk meningkatkan penjualannya.

Namun, pemilihan influencer juga dapat mempengaruhi hasilnya. Jadi, tugas Anda adalah memilih influencer yang sesuai dengan audiens yang sesuai dengan target market bisnis Anda.

Baca juga: Tips Promosi Bisnis Rumahan Saat Pandemi

Misalnya, Anda memiliki bisnis kosmetik. Kemudian bekerja sama dengan influencer yang audiensnya adalah penggemar sepak bola. Besar kemungkinan hasilnya zonk.

Tapi hal sebaliknya jika Anda bekerja sama dengan influencer yang audiensnya rata-rata wanita yang gemar dengan kosmetik dan kecantikan. Tentu hasilnya akan lebih maksimal.

3. Miliki Halaman Penjualan (Landing Page)

Tips meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan membuat halaman khusus atau biasa disebut dengan landing page.

Apa itu landing page?

Landing page merupakan sebuah halaman website yang berisi informasi seputar satu produk tertentu. Halaman ini didesain khusus untuk membuat pelanggan fokus pada penawaran Anda.

Biasanya informasi yang terdapat dalam landing page ini adalah; info produk (Headline), manfaat dan keunggulannya, mengapa harus beli (Deadline), diskon, call to action, dan sebagainya.

Jika Anda ingin membuat landing page untuk bisnis Anda, diluar sana ada banyak sekali penyedia jasanya. Salah satunya adalah IDBlog Media.

Bagi Anda yang tidak mau repot, bisa gunakan jasa dari IDBlog Media dan Anda sudah bisa mendapatkan landing page dengan desain sesuai keinginan Anda.

4. Tips Meningkatkan Penjualan dengan Beriklan

Cara yang terbilang cukup mudah untuk membuat banyak orang dapat melihat bisnis atau produk Anda adalah dengan beriklan. Contohnya seperti Facebook Ads ataupun Instagram Ads.

Biaya untuk beriklan di kedua platform yang saya sebutkan diatas terbilang sangat murah. Anda bisa beriklan mulai dari Rp 50.000 saja dan sudah menjangkau ribuan orang.

Baca juga: Jenis Media Internet Marketing yang Efektif untuk Promosi

Disini Anda bisa iklankan akun media sosial dari bisnis Anda, iklankan produk, atau bisa pula dengan iklan yang mengarah ke Landing Page ataupun website yang Anda miliki.

5. Pelajari Teknik SEO

Jika bisnis Anda sudah memiliki website, Anda wajib untuk mengetahui teknik SEO. Teknik ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan website bisnis Anda kedepannya.

Jika belum punya website, IDBlog Media menyediakannya. Cara ini juga bisa digunakan secara gratis, tapi tentu saja butuh waktu untuk proses belajar, penerapan, dan hasilnya.

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization atau dalam bahasa Indonesia adalah optimasi mesin pencari. Teknik SEO sendiri cukup komplek sehingga harus belajar dari dasar.

Contohnya seperti mencari keywords, penggunaan tag heading, anchor, backlink, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Buat Konten yang Sesuai Bisnis

Tak perduli apa bisnis Anda, platform apa yang Anda gunakan entah medsos, website, ataupun lainnya, konten tetaplah nomor 1.

Jangan hanya terpaku dengan upload produk saja setiap harinya. Berikan juga konten yang mengedukasi kepada pengikut Anda.

Contoh Anda memiliki bisnis kosmetik, maka buatlah konten yang bertemakan kosmetik. Misalnya, tips memilih kosmetik yang tepat, tips beli kosmetik yang aman, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Ide Konten Kreatif Sosial Media

Dengan begitu, pengikut atau pembaca Anda juga tidak jengah dengan upload produk setiap harinya.

7. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Tips yang terakhir adalah mengatami dan melakukan evaluasi pengalaman pengguna. Apakah mereka puas dengan apa yang Anda berikan selama ini atau tidak.

Misalnya, jika di medsos bisa evaluasi dengan cara melihat statistik dari setiap post Anda. Apakah mereka menyukainya atau tidak atau bagaimana respon mereka terhadap post Anda.

Jika memiliki website, perhatikan apakah mereka puas dengan situs Anda. Puas yang dimaksud adalah transaksinya cepat dan mudah atau websitenya dapat diakses dengan cepat atau tidak lemot.

Penutup

Itulah dia beberapa tips untuk meningkatkan penjuan dari bisnis Anda. Namun, perlu di ingat bahwa dunia online bergerak dengan sangat cepat, jadi pastikan Anda tetap up to date.

Jika artikel ini memberikan manfaat, silahkan bagikan artikel ini ke media sosial, kerabat, atau rekan bisnis Anda agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya dan bisa maju bersama.