Tips Meningkatkan Engagement Instagram untuk Content Marketing

Tips Meningkatkan Engagement Instagram – Saat ini, Instagram bukan lagi hanya sekadar platform berbagi foto dan video saja. Namun, Instagram juga digunakan sebagai tempat berbagi konten.

Konten di Instagram bukan lagi hanya sekadar foto dan video dari individu saja, tapi juga ilmu-ilmu bermanfaat seperti bahasa Inggris, tips, design, review, bahkan ilmu seputar bisnis.

Kalau saya menyebutnya sebagai microblog, karena memang konsepnya seperti blogger. Hanya saja materi yang bisa diberikan terbatas, sehingga saya sebut sebagai microblog.

Namun, microblog atau lebih sering disebut dengan content marketing di Instagram sedikit lebih unggul dari blog. Karena, orang-orang lebih suka membaca tulisan yang singkat dan visualisasi.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram untuk Strategi Marketing

Sayangnya, tidak semua konten yang dibagikan bisa berhasil di Instagram. Faktornya bisa karena kontennya yang tidak menarik, pengelolaan yang kurang tepat, dan sebagainya.

Tips Meningkatkan Engagement Instagram

Berikut ini saya telah merangkum beberapa tips atau cara untuk meningkatkan nilai interaksi dari konten Instagram yang Anda buat. Silahkan terapkan pada content marketing Anda.

1. Schedule Post

Waktu posting menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan engagement dari konten Anda. Hal ini disebabkan karena memang begitulah algoritma Instagram bekerja.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk posting?

Setiap akun Instagram memiliki followers dengan kebiasaan dan lokasi yang berbeda-beda. Sehingga waktu posting ini pasti akan berbeda-beda untuk setiap akunnya.

Jadi, sangat penting untuk Anda mencari tahu kapan followers Anda aktif. Cara untuk mengetahuinya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke bagian analytics akun Anda.

Fitur analytics ini hanya tersedia untuk akun bisnis ataupun creator. Jika Anda ingin merubah akun Anda menjadi akun bisnis atau creator bisa membacanya di link berikut ini.

Baca ini: Cara Merubah IG Personal Menjadi Bisnis

2. Buat Audience Betah Berlama-lama di Postingan Anda

Layaknya sebuah website ataupun blog, membuat audience betah berlama-lama di konten kita dapat meningkatkan engagement dan menandakan mereka suka dengan isi kontennya.

Lalu bagaimana agar audience bisa betah berlama-lama di konten yang Anda buat? Berikut beberapa tipsnya:

1. Buat konten yang menarik

Tips meningkatkan engagement Instagram yang terbaik adalah dengan membuat konten yang menarik. Tidak perlu didebat, karena ini adalah faktor terpenting dari content marketing.

Baca juga: 12 Tips dan Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Online

Baik di website ataupun instagram “Content is King”. Jadi jangan melulu upload foto jualan atau produk Anda, tapi buatlah konten yang satu tema/niche dengan produk Anda.

Contohnya membuat konten yang berupa slide, video 1 menit, ataupun IGTV. Cara termudah adalah dengan membuat konten slide atau disebut juga dengan Carousel post.

Jika Anda tidak tahu apa itu carousel post, silahkan follow dan lihat konten yang saya bagikan di akun saya @abdulmuhajir.

2. Membuat konten yang memicu interaksi

Cara berikutunya adalah dengan membuat konten yang dapat membuat followers Anda berinteraksi baik dengan memberikan komentar, like, ataupun share.

Untuk membuat konten yang memicu interaksi cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat konten yang mengandung pertanyaan. Sehingga followers akan tertantang untuk menjawab.

3. Tips Meningkatkan Engagement Instagram: Viral

Ada dua cara yang dapat membuat postingan Instagram Anda menjadi viral, yaitu dengan cara yang hard dan juga soft. Metode hard misalnya seperti melakukan giveaway.

Cara yang kedua yaitu soft, yaitu dengan membuat konten yang banyak disukai oleh audience. Contohnya seperti tips dan trik, tutorial, dan lain sebagainya.

Kemudian diakhir konten, Anda memberikan Call to Action atau ajakan untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan.

Baca juga: Kesalahan Mendasar Instagram Marketing yang Wajib Anda Hindari

Misalnya, Anda menjual pakaian anak, kemudian membuat konten seputar 7 tips memilih baju anak. Pada akhir caption atau slide, Anda selipkan CTA agar mereka mau membeli produk Anda.

4. Membuat Konten yang Berbeda

Diluaran sana ada banyak sekali pebisnis ataupun creator yang memiliki niche atau tema konten yang serupa. Hanya berbeda penyampaian, gaya bahasa, dan design.

Sehingga persaingan konten tentu saja sangat tinggi.

Untuk mengatasi persaingan, Anda bisa membuat konten yang berbeda dari yang lainnya. Sehingga audience merasa mendapatkan konten yang fresh dari konten Anda.

Tips meningkatkan engagement Instagram dengan cara ini terbilang harus lebih kreatif, karena setiap tema konten pasti ada yang sama. Hanya saja jumlahnya yang tidak banyak.

5. Konsisten

Tips meningkatkan engagement Instagram yang terakhir yang saya ketahui adalah dengan menjadi konsisten. Ada 2 konsistensi yang harus Anda ketahui, yaitu konsisten teknis dan mental.

Baca juga: Pentingnya Konten Instagram untuk Keberhasilan Online Shop Anda

Konsisten secara teknis disini maksudnya adalah fokus membangn branding dari profile Instagram Anda. Contohnya konsisten dalam hal penggunaan warna, font, hingga pola didalam konten.

Sedangkan konsisten secara mental seperti jadwal post yang tidak berubah-ubah. Jika Anda upload 1 hari 1 konten, maka setiap hari harus post 1 konten.

Jika Anda upload 3 hari sekali, maka setiap 3 hari sekali Anda harus posting.

Hal ini dimaksudkan juga agar audiens atau followers Anda tahu jadwal posting Anda kapan. Sehingga audiens Anda juga tahu kapan mereka harus cek profile Anda untuk melihat post terbaru.

Penutup

Itulah dia beberapa tips yang dapat meningkatkan engagement Instagram yang dapat Anda terapkan. Jika akun Anda memiliki engangement yang tinggi, tentu sangat baik bagi bisnis Anda.

Jika Anda mendapatkan ilmu baru dari artikel ini, silahkan di share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya, terima kasih.