Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan Agar Tidak Boros

Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan – Halo Indonesian Blogger, memanage keuangan sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ya, memang tidak sulit, yang sulit adalah adanya kemauan dari dalam diri sendiri untuk bisa mengurangi pengeluaran bulanan.

Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan

Sekeras apapun Anda mencoba untuk berhemat jika gaya hidup Anda tidak dirubah, maka akan kesulitan untuk bisa berhemat dan menabung.

Memang tidak masalah untuk menuruti kemauan untuk membeli kuliner yang sedang populer, minum kopi kekiniaan dan lain sebagainya.

Namun, hal tersebut membuat Anda tidak memprioritaskan menabung, tapi lebih memilih untuk mengikuti keinginan untuk berbelanja barang terbaru.

Selain pengeluaran bulanan untuk barang-barang yang Anda beli secara sadar, ada banyak pengeluaran tersembunyi lainnya yang mungkin tidak Anda sadari, tetapi hal tersebut mengkonsumsi sebagian besar budget Anda.

Mulailah untuk menabung, berikut ini beberapa tips menghemat pengeluaran bulanan agar membuat uang Anda lebih mudah di kelola.

Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan

1. Membuat Anggaran Bulanan

Anda bisa mulai berhemat dengan cara membuat anggaran bulanan, membuat anggaran itu penting agar Anda bisa menentukan seberapa banyak pengeluaran Anda dan berapa yang harus Anda sisihkan untuk keperluan yang lain.

Baca juga: Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Seorang Mahasiswa

Berikut ini beberapa skema yang bisa Anda gunakan untuk membuat anggaran bulanan Anda:

Memiliki Rekening yang Berbeda

Cara ini dimaksudkan agar Anda bisa membagi anggaran kedalam rekening yang berbeda sehingga tidak tercampur mana budget untuk memenuhi kebutuhan dan mana yang untuk ditabung.

Banyak bank sekarang menawarkan rekening tabungan dengan biaya administrasi rendah setiap bulan, dan membatasi penggunanya melakukan transaksi bulanan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara konvensional jika tidak ingin memiliki rekening yang berbeda, yaitu menggunakan amplop.

Caranya pun sangat simple, Anda hanya perlu membagi mana amplop berisi budget untuk makan, mana amplop untuk transportasi, mana amplop untuk kebutuhan lainnya, dan seterusnya.

Menggunakan Rumus 50-20-20-10

Sebenarnya hampir sama saja dengan sebelumnya, silahkan perhatikan skema dibawah ini:

  • 50% untuk membayar biaya pengeluaran setiap bulannya seperti makan, bayar kos, atau transportasi).
  • 20% untuk digunakan membayar asuransi atau digunakan untuk investasi.
  • 20% sebagai cadangan apabila ada hal tak terduga (sakit, kendaran rusak, dan sebagainya).
  • 10& biaya untuk hangout atau bersenang-senang.

Baca juga: Portal Investasi Untuk Mahasiswa Dengan Modal 10 Ribu

2. Mencatat Pengeluaran Bulanan

Jika Anda telah menentukan anggaran seperti pada point pertama, langkah selanjutnya dalam Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan adalah dengan mencatat semua pengeluaran Anda dalam satu bulan.

Mencatatnya di Buku atau Exel

Anda bisa mulai mencatat setiap pengeluaran kedalam sebuah buku yang sudah Anda siapkan khusus tentunya.

Setelah Anda menerima gaji, pastikan Anda mencatatnya. Setelah itu, setiap kali Anda membeli sesuatu atau melakukan pengeluaran, catatlah pada buku tersebut.

Beberapa hal yang harus Anda catat kedalam buku tersebut seperti tagihan listrik, pulsa, sewa kos, ongkos dan lain sebagainya. Silahkan Anda kelompokan pengeluaran yang Anda habiskan dalam satu bulan.

Baca juga: Cara Islam Mengatur Keuangan Agar Hidup Lebih Sejahtera

Jika Anda tidak ingin menggunakan buku, Anda bisa menggunakan Ms.Exel untuk mencatat setiap pengeluaran Anda. Selain lebih mudah, Anda pun akan terbantu dengan rumus exel untuk menghitung total biaya pengeluaran Anda nantinya.

Menggunakan Aplikasi Budgeting

Jika menggunakan cara diatas, itu artinya Anda harus membuka laptop Anda, tentu saja sedikit merepotkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk membantu Anda berhemat.

Silahkan Anda install aplikasi budgeting di playstore atau appstore untuk mempermudah Anda mencatat dan menghitung arus kas bulanan Anda tanpa harus membuka laptop.

3. Menghemat Pengeluaran Bulanan dengan Stop Nyicil

Cara berhemat berikutnya adalah dengan berhenti membeli barang dengan mencicilnya. Hal tersebut akan membuat Anda kebingungan jika nanti ada masalah keuangan. Sebaiknya belilah barang ketika uang Anda sudah terkumpul.

Dengan membeli barang dengan mencicil, tentu saja ada bunga didalamnya. Jika dibandingkan dengan harga asilnya misal 1 juta rupiah, jika dicicil harganya menjadi 1,5 juta. Selain rugi, juga terdapat riba didalamnya.

Baca juga: Pengertian Dan Dampak Buruk Dari Riba, Wajib Tahu!

4. Tips Menghemat Pengeluaran dengan Berhenti Berlangganan

Jika saat ini Anda berlangganan( gym, langganan streaming musik dan lain sebagainya) yang sekirannya tidak rutin Anda gunakan, sebaiknya Anda stop saja.

Contohnya Anda berlangganan spotify, dimana setiap bulannya dikenakan biaya sekitar Rp 50.000. Padahal belum tentu sepulang kerja Anda menggunakannya.

Jika diakumulasikan dalam setahun Anda perlu mengeluarkan sekitar RP 600.000, tentu uang yang sangat banyak.

5. Memaksa Diri Untuk Berhemat

Jika semua hal diatas sudah Anda lakukan tapi Anda masih boros, maka Anda harus bisa memaksa diri Anda sendiri untuk bisa berhemat. Caranya sederhana, yaitu sebagai berikut:

  1. Jangan menggunakan kartu kredit untuk berbelanja
  2. Siapkan daftar belanja ketika ke supermarket, beli apa yang ada di list, tidak lebih.
  3. Membawa minum dari rumah, jadi tidak perlu beli setiap kali haus.
  4. Kurangi makan diluar, cobalah untuk membawa bekal, jangan gengsi.
  5. Gunakan transportasi umum yang lebih murah ketimbang kendaraan pribadi.
  6. Jangan tergiur dengan diskon

Penutup

Itulah dia beberapa Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan agar Anda tidak boros dan bisa menabung untuk masa depan Anda. Anda harus bisa mengatur gaji Anda agar tidak mengalami kehabisan uang sebelum waktunya.

Tentukan mana yang menjadi prioritas, mana yang hanya keinginan sesaat saja. Oke!

Semoga tips menghemat pengeluaran bulanan ini dapat bermanfaat dan jika ada tambahan silahakn berikan masukan Anda pada kolom komentar dibawah atau di halaman Abdul Muhajir, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *