Tips Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial dan Website

Tips Mengembangkan Bisnis – Saat ini pengguna internet dan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain sudah sangat banyak sekali.

Khususnya instagram, pengguna aktif media sosial satu ini dalam satu bulan mencapai 700 pengguna aktif. Di Indonesia sendiri orang-orang sangat addict dengan media sosial satu ini.

Dari statistik tersebut tentu saja terdapat peluang besar bagi Anda untuk bisa memasarkan produk ke lebih banyak lagi calon costumer tanpa hambatan wilayah dan waktu.

Namun, untuk bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi tidak semudah yang dibayangkan.

Baca juga: Tips Sebelum Memulai Bisnis yang Wajib Diketahui

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, apa itu? Untungnya, hal ini akan kita ulas pada artikel kali ini silahkan disimak.

Tips Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial

Kenali Produk Anda dengan Baik

Sebelum Anda benar-benar serius dalam menjalankan bisnis, sebaiknya Anda harus mempelajari dan memahami terlebih dahulu produk apa yang ingin Anda jual, siapa target audiens atau target marketnya dan bagaimana demografinya.

Mengapa Anda harus mengenali produk Anda sendiri?

Mengenali produk sendiri akan memudahkan Anda untuk membuat konten untuk dishare ke akun media sosial Anda nantinya.

Anda tidak boleh membagikan konten yang tidak ada kaitannya dengan produk yang Anda jual, terlebih lagi jika target marketnya tidak sesuai.

Melakukan Posting Secara Rutin

Semakin Anda aktif di media sosial, maka orang-orang juga akan lebih tertarik untuk follow akun Anda. Jika orang sudah tertarik untuk follow Anda, besar kemungkinan mereka bisa jadi costumer loyal Anda.

Lalu, berapa kali Anda harus posting dalam satu hari?

Sesibuk-sibuknya Anda, minimal Anda posting satu kali dalam sehari. Namun, saya sarankan untuk posting 3x dalam satu hari untuk memberitahu follower Anda bahwa “Akun Anda ada loh”.

Baca juga: Kesalahan Mendasar Instagram Marketing

Sedangkan untuk waktu postingnya, bisa Anda sesuaikan dengan jam-jam ramainya follower Anda aktif. Ini bisa Anda lihat pada bagian insight instagram Anda.

*Note: Fitur insight hanya tersedia untuk akun bisnis saja.

Interaksi dengan Audiens Anda

Berinteraksi dengan audiens bukan hanya dengan membalas komentar, memberi jawaban, dll. Namun Anda juga harus bisa memancing follower Anda untuk bisa berinteraksi dalam postingan Anda.

Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu membuat konten yang memancing follower Anda untuk memberikan komentar. Itu bisa apa saja, misalnya;

Buat konten fakta atau mitos seputar produk Anda, bertanya sesuatu ke follower Anda dan lain sebagainya.

Buat Konten yang Bermakna dan Informatif

Sama halnya seperti seorang blogger, di social media juga harus memberikan konten yang informatif, menarik dan juga valuable.

Kita ambil contoh; Anda adalah seorang yang menjual baju melalui instagram.Jangan hanya post semua gambar baju atau produk Anda saja.

Tapi upload juga konten yang berisi tentang “Bagaimana memilih baju yang tepat dan sesuai bentuk tubuh”, “Cara mencuci baju agar tidak luntur”. dan lain-lain. Konten seperti ini tidak akan membaut audience Anda bosan.

Manfaatkan Semua Fitur Media Sosial

Jangan lewatkan satupun fitur yang disediakan oleh platform media sosial yang Anda gunakan. Manfaatkan semuanya untuk meningkatkan engagement.

Baca juga: Pentingnya Konten Instagram untuk Keberhasilan Online Shop Anda

JIka Anda menggunakan instagram, manfaatkan fitur story dan IGTV. Anda juga bisa manfaatkan fitur story untuk membangunkan kembali konten-konten lama.

Cara Mengembangkan Bisnis dengan Website

Setelah Anda tahu bagaimana tips mengembangkan bisnis dengan media sosial, selanjutnya Anda juga bisa membuat website.

Mengapa website? Alasannya sederhana saja! Karena website sangat efektif untuk digunakan sebagai media untuk promosi.

Selain itu, untuk membuat website juga tidak mahal alias sangat terjangkau dibandingkan Anda harus menyewa ruko.

Bukan hanya itu saja, dengan website juga Anda tidak memiliki batas karena dapat diakses dari mana saja, bahkan dari luar negeri.

Anda bisa menautkan website Anda pada akun media sosial Anda, dengan begitu akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dimata calon costumer.

Tapi saya tidak mengerti cara membuat website?

Anda tidak perlu pandai web development untuk bisa memiliki website Anda sendiri. Karena saat ini sudah sangat banyak sekali jasa pembuatan website yang ada di Indonesia.

Sehingga Anda bisa memiliki website Anda sendiri tanpa harus ribet coding, design, dll. Anda hanya perlu menyampaikan ide Anda kepada developerya dan dalam beberapa hari website Anda sudah siap untuk digunakan.

Penutup

Perlu Anda ingat bahwa dalam pengembangan bisnis memang tidak dapat dilakukan secara instan, terlebih lagi jika Anda ingin membangun brand Anda sendiri. Butuh banyak trial and error sebelum Anda benar-benar memahaminya.

Itulah dia beberapa tips bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis menggunakan media sosial dan juga website yang wajib Anda coba. Jika Anda suka artikel ini, silahkan di share agar lebih bermanfaat, terima kasih.