Semua orang pastinya ingin memulai bisnis mereka sendiri, tak terkecuali para milenial. Lalu apa saja tips untuk memulai bisnis? Kita akan bahas di artikel ini, simak di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis baru

Memulai bisnis tidaklah semudah apa yang Anda lihat, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari kesiapan mental hingga dengan kesiapan modal yang cukup.

Bisnis bukanlah hal yang pasti, sehingga Anda harus siap mental jika suatu saat mengalami kerugian. Maka dari itu, Anda harus persiapkan bisnis Anda dengan sangat matang.

Tips Memulai Bisnis untuk Milenial

Memiliki persiapan yang matang, akan sangat membantu Anda dalam pengembangan bisnis. Karena Anda akan punya panduan dalam menjalankan bisnis kedepannya.

Jika Anda sudah siap untuk memulai bisnis, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Memiliki persiapan yang matang, akan sangat membantu Anda dalam pengembangan bisnis. Karena Anda akan punya panduan dalam menjalankan bisnis kedepannya.

Jika Anda sudah siap untuk memulai bisnis, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Menentukan Produk yang Tepat

Jika Anda ingin memulai bisnis, tentu saja ada hal yang perlu dijual. Apa yang ingin Anda jual, apakah produk kecantikan, jasa, atau yang lainnya. Anda harus menentukannya.

Untuk mempermudah Anda menentukan, Anda bisa mulai dari hal-hal yang Anda sukai terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda suka merajut, Anda bisa jual hasil rajutan tersebut. Anda bisa mengubah hobi Anda menjadi bisnis.

2. Tentukan Target Pasar Anda

Tips memulai bisnis yang berikutnya adalah dengan menentukan siapa yang jadi target pasar Anda. Berapa usia target rata-rata, jenis kelamin, status ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada daya belinya.

Menentukan target pasar menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi apa strategi marketing Anda kedepannya. Pasalnya setiap target pasar punya strategi marketing yang berbeda-beda.

3. Mempersiapkan Modal

Modal adalah hal yang wajib yang perlu Anda siapkan ketika ingin menjadi seorang pengusaha. Hal inilah yang membuat sebagian orang gagal untuk memulai bisnis mereka.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Saat ini ada aplikasi pinjol cepat cair yang bernama Tunaiku dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk. Aplikasi ini juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Aplikasi Tunaiku dapat memberikan besaran pinjaman hingga Rp 20.000.000 dengan tenor hingga 20 bulan. Bunga pinjaman di Tunaiku juga terbilang rendah yaitu 3-4% saja.

Syarat mengajukan pinjaman di Tunaiku juga sangat mudah. Cukup dengan bermodalkan KTP warga negara Indonesia saja. Selain itu Anda juga harus berstatus pengawai tetap, kontrak, atau wiraswasta.

4. Fokus Satu Dulu Saat Memulai Bisnis

Jika Anda baru memulai, sebaiknya fokus dulu saja pada satu bisnis yang sedang Anda kerjakan. Jangan tergiur keuntungan yang besar jika punya banyak bisnis lainnya.

Pasalnya, jika Anda masih merintis lalu membuka banyak bisnis sekaligus dapat membuat Anda tidak fokus. Akhirnya bukannya mendapatkan untung malah buntung.

Jika bisnis yang saat ini Anda jalankan sudah stabil barulah Anda mulai memikirkan untuk bisnis lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk mengurus bisnis Anda.

5. Manajemen Keuangan

Keuangan adalah salah satu masalah yang penting dalam menjalankan bisnis. Jika dikelola dengan buruk, Anda bisa saja mengalami masalah keuangan di masa mendatang.

Manajemen keuangan dapat menjaga kestabilan arus kas bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat memantau berapa pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda dengan rinci dan tepat.

Penutup

Itulah dia beberapa tips dalam memulai bisnis. Seperti yang sudah disebutkan di awal, memulai bisnis tidaklah mudah. Anda butuh effort, kerja keras, dan tentu saja modal yang cukup.

Anda pun harus punya mental yang kuat dan tidak takut akan kegagalan. Jikapun mengalami kegagalan, Anda harus bangkit kembali.

Demikianlah artikel kali ini semoga dapat bermanfaat dan silahkan di share ke teman, kerabat, atau keluarga Anda yang ingin memulai bisnis mereka.

2 Comments

  1. Saya masih terkendala permodalan untuk mulai berbisnis, padahal itu faktor utama untuk calon seorang bisnismen ya mas. Selain itu, saya juga orangnya kurang bisa fokus pada satu hal, sehingga sering gonta-ganti usaha sebelum benar-benar mencapai kesuksesan.

Write A Comment