Mau Bisnis Barbershop? GIOVANI Barbershop Solusinya

Tips Memulai Bisnis Barbershop – Memotong rambut menjadi sebuah aktivitas rutin yang dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Artinya setiap orang butuh untuk memangkas rambutnya dalam kurun periode waktu tertentu.

GIOVANI Barbershop

Itulah mengapa banyak orang mengatakan bahwa peluang usaha barbershop ini menjadi salah satu bisnis jasa yang menggirukan. Kenapa? Karena usaha yang satu ini tidak akan mati tergerus zaman.

Walaupun bisnis ini terlihat mudah untuk dijalankan, tapi jika Anda memulainya dengan cara yang kurang tepat, maka hasilnya juga bisa saja berbeda dengan apa yang Anda bayangkan.

Lalu bagaimana cara untuk memulai bisnis barbershop yang tepat dan bisa sukses? Kami akan ulas dibawah ini.

Tips Memulai Bisnis Barbershop

1. Mengasah Skill dalam Memangkas Rambut

Sebelum Anda mulai membuka bisnis barbershop Anda, sebaiknya kembangkan dulu skill Anda dalam memangkas rambut. Jangan berani-berani membuka usaha Anda tanpa skill yang mumpuni.

Baca juga: Tips Bisnis Minuman Kekinian agar Laku dan Bertahan Lama

Orang-orang datang ke tempat Anda untuk memangkas rambut mereka, agar mereka terlihat fresh dengan gaya rambut idaman mereka. Jika Anda tidak dapat memenuhi apa yang mereka mau, lantas bagaimana?

Tentu saja mereka akan komplain kepada Anda dan parahnya lagi mereka tidak akan pernah lagi menggunakan jasa pangkas rambut Anda. Tidak hanya itu, mereka juga bisa memberikan review yang buruk.

Ketika teman atau keluarganya ingin cukur rambut di tempat Anda, sang pria tadi mengatakan “Jangan potong rambut disana, hasilnya jelek”. Itu jika hanya satu orang, bagaimana jika 2,3,4,10.

Untuk alasan itu, sebaiknya Anda belajar dan memperdalam skill Anda dalam memangkas rambut. Terlebih lagi jika Anda memiliki konsep barbershop. Anda dituntut untuk menguasai trend gaya rambut terbaru.

Tapi tidak sebatas hanya model gaya rambut untuk anak muda, karena Anda tidak tahu siapa yang akan jadi pelanggan Anda. Bisa saja anak-anak bahkan orang tua, jadi Anda harus menguasai semuanya.

Anda bisa mulai mengasah skill dengan ikut pelatihan kursus pangkas rambut yang ada di daerah Anda. Bisa pula dengan melakukan les private dengan tukang pangkas rambut yang sudah berpengalaman.

Jika kemampuan Anda dalam memangkas rambut telah dirasa cukup, barulah Anda dapat lanjut ke tips memulai bisnis barbershop yang berikutnya.

2. Pilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Jika kemampuan Anda dalam memangkas rambut telah dirasa cukup, selanjutnya Anda tentukan lokasi untuk bisnis Anda. Memilih lokasi bisnis yang strategis menjadi salah satu strategi marketing.

Pemilihan lokasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk memulai sebuah usaha. Jika Anda salah memilih lokasi, Anda bisa saja berakhir dengan sebuah kegagalan.

Walaupun, ada sebagian tempat pangkas rambut yang bisa sukses walaupun lokasi bisnisnya terpencil, susah ditemukan, dan jarang diketahui orang biasa (Orang-orang yang bukan langganan).

Baca juga: Mengubah Passion Menjadi Duit, Mengapa Tidak?

Ada beberapa tips memulai bisnis barbershop khususnya dalam pemilihan lokasi bisnis yang stratetis. Ada 2 point pentingnya,silahkan simak dibawah ini.

2.1 Temukan Lokasi yang Menjadi Target Bisnis Anda

Maksudnya apakah Anda menentukan pelanggan Anda semua laki-laki, atau semua perempuan, atau bahkan bisa perempuan maupun laki-laki. Anda harus tentukan dahulu target pelanggan Anda siapa.

Kita ambil contoh, target Anda adalah laki-laki, maka Anda harus mencari lokasi yang kepadatan penduduknya tinggi dan di dominasi oleh laki-laki. Bagaimana caranya? sederhananya dengan melakukan survey.

Datanglah kelokasi yang menjadi incaran Anda, lihat sekitaran daerah tersebut,apakah banyak warga laki-laki atau tidak. Lihat juga kepadatan pemukiman didaerah tersebut.

Anda juga dapat membuka usaha Anda berdekatan dengan sekolah atau kampus. Karena mereka adalah target yang sangat potensial. Seorang pelajar biasanya akan memangkas rambutnya karena peraturan sekolah.

JIka tidak ada tempat yang kosong, sebaiknya Anda mulai dengan lokasi di pinggir jalan yang ramai. Jangan khawatirkan harga sewa, karena lokasi yang potensial akan menghasilkan pelanggan yang besar pula.

2.2 Temukan Lokasi yang Persaingannya Rendah

Tak jarang sebuah jalan memiliki 2-3 barbersho. Sehingga persaingan antar barbershop semakin meningkat. Terlebih lagi jika salah satunya sudah terkenal dan memiliki pelanggan loyal.

Disini tugas Anda untuk bisa menemukan lokasi yang memiliki tingkat persaingan rendah tapi dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Intinya lakukan survey pada lokasi yang Anda inginkan.

3. Menyiapkan Tempat dan Alat Barbershop

Ada sedikit perbedaan dari tukang pangkas rambut tradisional dan juga barbershop. Tukang pangkas rambut tradisional biasanya memiliki tempat dan fasilitas yang biasa saja.

Berbeda dengan barbershop yang menawarkan berbagai fasilitas yang memanjakan pelanggan, seperti tempat ber-AC, mencuci rambut sebelum dipotong, model atau gaya rambut terbaru dan lain sebagainya.

Sedangkan dari segi alat cukurnya bisa dibilang tidak terlalu jauh berbeda. Namun, ada beberapa alat yang mungkin tidak akan ditemui di tukang pangkas tradisional, seperti kursi untuk creambath.

Saya Mau Memulai Bisnis Barbershop

Bagi Anda yang ingin mulai bisnis barbershop, GIOVANI Barbershop adalah solusinya.

tips memulai bisnis barbershop

Apa sih itu GIOVANI Barbershop?

GIOVANI Barbershop merupakan penggabungan tempat potong/pangkas rambut dan salon yang bukan hanya memberikan layanan potong rambut bagi pria namun juga tempat dimana rambut, kulit kepala, wajah dan tubuh pelanggan dapat dimanjakan, dengan pelayanan dan fasilitas terbaik.

Apa saja layanan yang disediakan oleh GIOVANI Barbershop?

  1. Haircut
  2. Cu ci Rambut atau Hair Wash
  3. Hair Tattoo
  4. Hair Colour
  5. Shave
  6. Creambath
  7. Facial
  8. Back Massage with Chair

Bukan hanya menyediakan layanan diatas, tapi GIOVANI Barbershop juga membuka peluang bisnis untuk Anda yang ingin memiliki bisnis barbershop. Caranya adalah dengan menjadi mitra dari GIOVANI Barbershop.

1. Mengapa Anda Harus Memilih GIOVANI Barbershop sebagai Franchisor?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memilih GIOVANI Barbershop untuk bisnis franchise Anda. Namun, yang paling menonjol adalah konsep franchise mereka yang menganut Direct Management.

Artinya semua peran perencaan, persiapan, pembangunan, pemasaran, pengembangan, hingga dengan pengelolaan dan administrasi akan ditangani langsung oleh pihak GIOVANI Barbershop.

Selain itu, mereka juga sangat menjunjung tinggi transparansi dan memiliki komitmen untuk membangun usaha yang berorientasi pada pertumbuhuhan bisnis secara berkelanjuta.

Mereka juga akan membantu dalam pembukaan bisnis barbershop Anda, mulai dari analisan lokasi, persiapan, memberikan rancangan desain outlet, pembuatan anggaran hingga pengadaan alat-alat barbershop.

GIOVANI Barbershop juga akan membantu Anda dalam merekrut dan mempersiapkan SDM. Selain itu, juga akan memberikan training dan education seputar pangkas rambut dan pelatihan attitude.

Sehingga Anda tidak perlu repot perihal kurangnya SDM, karena mereka memiliki camp pelatihan yang bernama “GIOVANI Barber Academy” dengan pelatih yang tentu saja bersertifikat baik dalam maupun luar negeri.

2. Saya ingin bekerja sama dengan GIOVANI Barbershop, apa saja syaratnya?

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis bersama GIOVANI Barbershop, Anda harus memenuhi beberapa kualifikasi untuk mulai bermitra dengan mereka. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Hanya bagi Anda yang memiliki gairah, semangat, dan keinginan besar untuk memiliki usaha barbershop berkelas dan berkarakter khas GIOVANI Barbershop.
  2. Hanya bagi Anda yang bersedia mensejajarkan dirinya dengan kami, tidak bertindak sebagai atasan atau bos kami. Mitra adalah sejajar bukan dalam posisi atasan atau bawahan, ini sangat penting!
  3. Hanya bagi Anda yang mau mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, tidak ada jalur pintas hanya karena Anda punya uang atau tempat (sama sekali bukan menjadi pertimbangan utama kami).
  4. Memiliki bangunan sendiri adalah kelebihan namun sama sekali tidak menjadi syarat mutlak karena kami akan menganalisa lokasi terlebih dahulu, dan sewa juga bisa menjadi pilihan untuk lokasi barbershop dengan minimal jangka waktu sewa 3 tahun.
  5. Anda tidak diharuskan untuk selalu ada dalam mengelola bisnis ini. Kami akan menjalankan operasional untuk Anda 100%, bukan hanya sekedar pendampingan usaha.
  6. Anda tidak diharuskan memiliki keahlian hair stylist atau memiliki pengalaman dibidang ini.
  7. Bersama-sama Anda juga harus bersedia memberikan dukungan untuk membuat usaha barbershop Anda sukses, mengutamakan pemikiran yang berorientasi kepada kelangsungan bisnis jangka panjang dan bukan sekedar mengejar profit sesaat.

3. Berapa Biaya yang Harus Dipersiapkan?

Bagi Anda yang hanya ingin coba-coba berbisnis, mungkin ini bukan jalan yang tepat. Karena mereka butuh partner yang benar-benar serius dan berani untuk mengambil resiko.

Untuk biaya franchise GIOVANI Barbershop, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 70.000.000,00 (Tujuh puluh juta rupiah). Angka yang sangat besar untuk Anda yang ingin coba-coba.

Dengan jumlah sebesar itu, Anda akan mendapatkan hak untuk menggunakan brand, materi promosi, perencanaan pembuatan barbershop, penyediaan SDM yang berkualitas dan semua komitmen dari GIOVANI Barbershop.

Sedangkan untuk komponen biaya yang lain seperti pembuatan furniture, stok barbershop, alat-alat barbershop, dana operasional dan sebagainya, Anda harus menyediakan uang Rp 130.000.000,00 hingga Rp 280.000.000,00.

Bagaimana apakah Anda siap untuk bekerja sama dengan GIOVANI Barbershop?

Perlu di ingat kembali bahwa ini adalah bisnsi yang tak lekang oleh waktu, artinya keuntungan Anda akan terus datang karena setiap hari pasti ada orang yang ingin memangkas rambutnya.

Bagi Anda yang ingin mendatangi outlet pusat GIOVANI Barbershop, Anda bisa pergi ke Jl. Amal No.44D, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20127.

Anda juga dapat menghubungi di nomor 081315440909 untuk melakukan konsultasi dan informasi lebih lanjut seputar franchise yang mereka sediakan.

Penutup

Bisnis barbershop memang memiliki potensi yang cukup besar. Maka dari itu, memilih membuka barbershop adalah salah satu peluang usaha yang tepat untuk dijalankan. Jadi, kapan Anda akan memulainya?

Itulah dia beberapa tips untuk memulai bisnis barbershop yang dapat Anda terapkan. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share ke teman-teman atau kerabat Anda agar bisa lebih bermanfaat lagi, terima kasih.

Tinggalkan komentar