Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat Untuk Anda

Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat Untuk Anda – Halo Indonesian Blogger, apakah Anda sudah siap untuk mulai membangun blog Anda sendiri? Tetapi saat ini Anda masih tertahan dengan jenis platform apa yang akan Anda gunakan.

Indonesian Blogger akan membantu Anda dalam tips memilih platform blogging yang tepat untuk Anda. Indonesian Blogger akan membandingkan beberapa platform yang berbeda dan dengan harapan Anda dapat memilih platform yang cocok untuk Anda gunakan.

Saat Anda masih mencari dan memilih platform blogging untuk memulai, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pikirkan secara matang sebelum menentukan platform yang cocok dengan Anda;

  1. Easy To Use, Dalam artian, platform tersebut dapat Anda gunakan dengan mudah.
  2. Beginner Friendly, Anda harus memastikan bahwa platform tersebut sangat cocok untuk serang pemula sekalipun.
  3. Feature, Anda juga harus memastikan fitur apa yang tersedia di platform tersebut.
  4. Room To Grow, Apakah platform tersebut dapat dikembangkan nantinya.

Pemilihan platform yang tepat tentu saja akan berpengaruh besar bagaimana blog Anda kedepannya. Jika Anda ingin membuatnya mendapat uang di masa depan, Maka perhatikan apakah platform tersebut bisa digunakan untuk hal tersebut atau tidak.

Mungkin saat ini Anda belum terpikir untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Menurut saya, Anda rugi jika tidak memanfaatkan blog untuk menghasilkan rupiah. Jadi perhatikan apakah platform tersebut dapat digunakan untuk iklan seperti google adsense, afiliasi, etc.

Jadi, dari beberapa hal diatas, mari kita mulai melihat perbedaan dari platform yang dapat Anda gunakan untuk situs web Anda. Untuk Blogging saya menyarankan pilihan Antara 1 dan 2 saja, lebih jelasnya baca dibawah ini

Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat

1. WordPress.org

Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat adalah menggunakan WordPress.org. Ini adalah perangkat lunak open source yang artinya gratis untuk Anda gunakan dan juga gratis bagi Anda untuk berkontribusi. Gratis disini adalah bebas menggunakan wordpress nya, sedangkan untuk server Anda tanggung sendiri.

Baca: Tips Mengembangkan Blog Agar Sukses Walaupun Sedang Bekerja

WordPress.org Vs WordPress.com

Pada WordPress.org, Anda memiliki kontrol maksimum/penuh atas situs Anda. Tidak ada yang dapat mematikan situs Anda karena Anda tidak mengikuti aturan apapun dan darimanapun. Artinya blog Anda adalah milik Anda sepenuhnya.

Sedangkan untuk wordpress.com, Anda bisa dapatkan secara gratis karena menggunakan server wordpress.com dan Anda wajib untuk patuh dan taat terhadap peraturan yang dibuat oleh mereka. Jika Anda menyalahi aturan maka blog Anda akan dihapus.

Hal berikutnya adalah fitur, Jika Anda ingin menambahkan fitur seperti forum, situs keanggotaan, ecommerce dan lain lain, Anda wajib menggunakan WordPress.org. Disini juga tersedia ribuan plugin yang siap pakai untuk optimasi blog Anda.

Plugin ini adalah semacam alat yang dapat membantu Anda untuk membuat situs yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan dengan menambahkan fungsionalitas tambahan. Contohnya dalam hal desain, Anda bisa manfaatkan plugin Elementor.

Di wordpress.org juga tersedia ribuan tema gratis ataupun berbayar untuk membuat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Semua jenis theme tersedia disini, mulai dari theme untuk blogging, untuk berita, untuk travel, bisnis dan banyak lagi lainnya.

Untuk WordPress.org, Anda ditugaskan untuk memelihara blog Anda sendiri dan itu berarti Anda harus memperbarui wordpress.org Anda dan menyimpan semua data blog Anda seperti plugin, tema dan lain lainnya pada server Anda sendiri.

Baca Juga: Kesulitan Mengelola WordPress Self Hosted

Sedangkan untuk urusan backup situs, Anda tidak perlu khawatir karena rata rata penyedia hosting di Indonesia sudah menyediakan fitur untuk melakukan auto backup pada situs. Provider Hosting Anda dapat membantu Anda untuk melakukan tugas ini.

Untuk memiliki hosting sendiri, Anda harus mengeluarkan biaya. Untuk biaya atau harga sewa hosting itu bermacam macam, tergantung dimana Anda menyewa hosting, berapa lama durasi hosting yang Anda sewa, berapa disk spacenya dan lain sebagainya.

Sewa Hosting Murah

Tetapi sebagai pembaca setia Indonesian Blogger, Anda bisa mendapatkan hosting yang murah dan juga berkualitas mulai dari harga paling rendah yaitu Rp 8000/bulan di Niagahoster. Untuk mendapatkan diskon 5% silahkan gunakan kupon a-indonesianblogger.

Disini Anda juga akan mendapatkan sertifikat SSL gratis untuk situs Anda, yang berfungsi untuk mengamankan situs dan pengunjung. Anda juga akan mendapatkan pendaftaran domain secara gratis dengan minimum paket pelajar.

Intinya, jika Anda ingin mengembangkan blog Anda untuk mulai menghasilkan uang, memiliki akses penuh terhadap website dan kelebihan lainnya silahkan gunakan wordpress.org. Jangan gunakan wordpress.com karena itu akan merepotkan Anda nantinya.

2. Blogger.com

Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat berikutnya adalah dengan menggunakan Blogger.com. Jadi Blogger ini adalah milik Google, Blogger dulu diakuisisi oleh Google pada tahun 2013 dan ditawarkan kepada orang-orang untuk digunakan sebagai Platform blogging yang gratis.

Blogger.com sepenuhnya gratis untuk digunakan dan Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk server layaknya hosting untuk wordpress.org. Untuk masalah kemanan blogger tidak perlu diragukan, karena ini milik google jadi saya yakin pasti aman.

Beberapa kekurangan dari platform Blogger adalah Anda memiliki fitur yang terbatas. Selain itu, semua data blog Anda berada di Google. Sehingga mereka juga dapat menangguhkan akun Anda kapan saja jika Anda menulis tentang sesuatu yang tidak mereka setujui.

Tapi saya rasa jika Anda tidak melakukan pelanggaran yang fatal, aman aman saja, saya juga dulu pakai blogger sebelum migrasi ke wordpress.org. Selain itu Anda juga dapat mengubah template, mengganti yourdomain.blogspot.com dengan domain TLD seperti yourdomain.com dengan mudah.

Urusan template atau tema, setiap orang berbeda beda. Jika Anda tidak begitu pandai dalam hal bahasa pemrograman seperti HTML, Javascript, css, dan lain lain, Anda bisa membeli template yang sudah siap pakai tinggal edit sedikit dan booom selesai.

Satu lagi yang harus Anda pertimbangkan ketika menggunakan blogger yaitu google bisa saja memberhentikan platform blogger ini nantinya. Walaupun terkesan mustahil, tapi kita tidak tahu perkembangan kedepannya bagaimana.

Jika hal itu terjadi, mau tidak mau yang bisa Anda lakukan adalah migrasi ke wordpress.org juga. Untuk migrasi, Anda perlu mengambil file artikel Anda di blogger dan memindahkannya ke server blog baru Anda. Tentunya nanti ada beberapa error yang akan terjadi pada blog Anda ketika baru migrasi, tentu saja itu merupakan sebuah kerugian.

Menghasilkan Uang Di Blogger.com

Jika menggunakan wordpress.org, Anda harus memiliki domain sendiri dan ketika ingin mendaftar Google Adsense Anda harus pergi ke situs Google Adsense nya langsung untuk melakukan pendaftaran. Berbeda halnya dengan blogger!

Jika pada blogger, Anda tidak butuh top level domain untuk mendaftar program Google Adsense, melainkan Anda bisa mendaftar dengan yourdomain.blogspot.com secara langsung mendaftar adsense melalui dashbord blogger.com.

3. Tumblr

Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat berikutnya adalah menggunakan Tumbrl. Pasti Anda sudah pernah dengar tentang platform yang sempat di banned dari Indonesia namun akhirnya saat ini sudah dapat diakses kembali.

Tumblr adalah layanan mikro blogging yang pada dasarnya hampir sama saja dengan wordpress dan blogger namun lebih dengan format yang sederhana. Biasanya digunakan untuk berbagai gambar, cerita, video dan hal hal lain yang seperti itu.

Mungkin karena platform ini juga gratis, mudah digunakan dan diatur jadi peminatnya cukup lumayan. Tumblr juga terintegrasi dengan media social sehingga akan lebih mudah untuk membagikan tulisan, gambar, video dan apapun yang ada di tumblr ke media social. Di blogger dan wordpress pun juga bisa.

Kekurangan Tumblr

Jika dibandingkan 2 platform sebelumnya, tentu saja fitur tumblr ini kalah jauh. Selain itu ketika Anda menggunakan Tumblr maka akan sangat sulit untuk berpindah ke platform lain (migrasi). Dan untuk menghasilkan uang dari Tumblr juga saya rasa sulit.

Kenapa? karena dalam hal SEO, Tumblr sangat jauh dari SEO menurut saya. Coba perhatikan ketika Anda browsing, apakah sering ketemu blog yang menggunakan platform ini? sangat jarang sekali kan? Jadi saya rasa tidak cocok untuk bermain Adsense dengan platform ini.

4. Medium

Tips Memilih Platform Blogging berikutnya adalah Medium. Platform ini sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Pada platform ini fitur yang diberikan pun sangat terbatas yaitu hanya terfokus ke menulis saja (koreksi jika salah).

Dengan menggunakan platform medium, Anda dapat menjangkau komunitas-komunitas yang sesuai dengan tulisan Anda secara online. Namun Anda tidak bisa melakukan edit tema, jadi fokus Anda hanya untuk menulis disini.

Selain tidak dapat mengatur banyak hal di medium, Anda juga tidak dapat setup e-commerce. Jika Anda bertujuan untuk menghasilkan uang dari iklan, maka medium bukanlah platform yang tepat untuk menghasilkan uang dari Blogging.

Walaupun platform medium ini gratis untuk digunakan, namun mereka melakukan semacam paywall untuk pembaca. Dimana orang-orang harus membayar untuk dapat terus membaca tulisan tertentu disitu. Sekali lagi Medium bukan plaform yang tepat untuk Anda pilih.

Conclusion

Inti dari Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat ini adalah tergantung tujuan dan kemampuan Anda. Jika punya budget saya sarankan pakailah wordpress.org karena banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Jika Ingin blog gratis, bisa menggunakan blogger.com saja. Sekali lagi, Anda pun dapat mengganti youtdomain.blogspot.com menjadi yourdomain.com dan bias menghasilkan uang dari Google Adsense.

Jika niat Anda ingin menjadi blogger yang berpenghasilan, maka platform 1 dan 2 yaitu WordPress.org dan Blogger.com adalah pilihan yang paling tepat dan mesti Anda pilih.

Penutup

Saya rasa hanya ini saja tips memilih platform blogging yang tepat yang dapat saya bagikan semoga dapat bermanfaat dan jika terjadi kesalahan silahkan dikoreksi pada kolom komentar dibawah. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share ke teman temannya, terima kasih.

This website uses cookies.

Read