Tips Membuka Toko Kelontong Anti Gagal Bagi Pemula

Tips Membuka Toko Kelontong – Pasti Anda selalu melihat setidaknya ada satu hingga minimal dua toko kelontong yang ada di sebuah perumahan, bukan? Sebab toko kelontong memang dibutuhkan.

Tips Membuka Toko Kelontong

Bayangkan saja ada banyak produk kebutuhan harian hingga sembako ada di sana. Jadi, Anda juga bisa mulai menghasilkan pendapatan dengan berusaha menerapkan tips membuka toko kelontong ini.

Apalagi, jika Anda berusaha memulai usaha tersebut di dalam perumahan yang padat penduduk. Tentunya, ibu-ibu rumah tangga lebih suka berbelanja kebutuhan pokok di tempat yang lebih dekat.

Tips Membuka Toko Kelontong

Jangan khawatir, jika ini merupakan kali pertama Anda menjalankan sebuah usaha. Sebab, kali ini Anda akan kami panduan agar bisa menghasilkan usaha yang berkembang dan anti gagal.

Ingin tahu rahasia sukses membuka toko kelontong tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Persiapan Membuka Toko Kelontong

Sebelum memulai sebuah usaha, tentu Anda harus melakukan persiapan yang lebih matang terlebih dahulu. Termasuk juga ketika hendak membuka usaha ini.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Bahkan, menyiapkan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan juga menjadi salah satu kunci sukses sebuah usaha.

Beberapa persiapan yang perlu Anda persiapkan sebelum membuka usaha toko barang harian tersebut adalah sebagai berikut:

1.1. Lokasi Terbaik

Pernah mendengar bahwasanya lokasi menjadi salah satu titik penentu kesuksesan usaha seseorang? Ya, hal ini memang benar adanya. Bayangkan saja jika Anda adalah salah satu konsumen.

Di mana Anda mungkin pernah mendengar rumor tempat makan yang bagus, murah, dan enak tapi jauh. Ada pula tempat makan di sekitar rumah yang biasa saja tapi dekat dengan rumah Anda.

Mana yang akan Anda pilih? Tentu lebih memilih pilihan kedua, bukan?

BACA JUGA: Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Tahun Ini

Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting menentukan lokasi untuk membuka sebuah usaha. Lokasi perumahan yang padat jadi salah satu tempat yang sangat di rekomendasikan.

Anda juga harus memastikan akses menuju toko Anda itu mudah untuk dilalui oleh semua calon pembeli di perumahan tersebut.

Lebih lagi jika Anda menyediakan banyak kebutuhan harian, pasti toko Anda lebih dipilih ketimbang harus mengantri di minimarket ataupun supermarket.

1.2. Riset Kebutuhan Toko Kelontong

Cobalah cari tahu, apa saja kemungkinan yang dibutuhkan oleh penduduk disekitar usaha Anda tersebut. Sebelum Anda menyetok produk, coba posisikan diri Anda sebagai pembeli.

Apakah Anda akan membeli produk tersebut? atau apakah Anda membutuhkannya? dan apakah berpotensi digunakan oleh orang banyak?

BACA JUGA: 20 Tips Menjadi Pengusaha yang Sukses untuk Pemula

Jangan sembarangan menyetok produk agar nantinya tidak menumpuk dan memiliki potensi untuk mengembalikan modal awal. Untuk itulah diperlukan riset kebutuhan masyarakat sekitar.

Sebab harus dipastikan usaha Anda menjangkau banyak pihak. Sebab, toko barang harian harus berisikan segala macam kebutuhan setiap orang.

Misalnya saja makanan, minuman, sembako, kebutuhan mandi dan lain sebagainya. Setidaknya usaha Anda tersebut harus menyediakan banyak barang sekaligus tanpa takut kehilangan modal secara sia-sia.

1.3. Menyiapkan Modal Membuka Toko Kelontong

Membuka usaha jual beli barang harian sebenarnya tidak membutuhkan modal yang terlalu besar kok. Point ini kita bahas tips menyiapkan modal untuk membuka toko kelontong, simak di bawah.

Anda bahkan bisa memulai dengan modal kecil yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar jika pandai dalam mengelolanya.

Biaya yang bisa di hemat misalnya biaya kontrak gedung atau toko. Sebab, Anda bisa memulai untuk berjualan di rumah terlebih dahulu.

BACA JUGA: Tips Bisnis Minuman Kekinian agar Laku dan Bertahan Lama

Biaya lainnya yang juga bisa dikurangi saat pertama kali merintis usaha ini adalah menyewa karyawan.

Sebab, Anda sendiri bisa berperan sebagai pemilik serta pelayan yang akan melayani para pembeli yang akan datang.

Sehingga, modal yang Anda perlukan bisa lebih sedikit dan hemat. Modal bisa saja Anda dapatkan dari tabungan yang sebelumnya sudah dikumpulkan. Atau, Anda bisa menggunakan metode pinjaman.

1.4. Cari Supplier Toko Kelontong Terpercaya

Tips selanjutnya yang perlu Anda siapkan sebelum membuka toko kelontong adalah mencari dan menemukan supplier barang harian yang harus terpercaya dan amanah.

Sebab, dengan membeli langsung lada suppliernya, maka Anda bisa mendapatkan barang-barang harian dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih banyak pilihan untuk dijual kembali.

Tidak terlalu sulit sebenarnya mencari supplier ini, Anda hanya perlu menanyakan kepada orang-orang yang sebelumnya sudah lebih dahulu terjun di dunia bisnis ini.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Era Digital yang Dapat Anda Manfaatkan

Atau jika tidak, Anda bisa mencari informasi secara online. Di zaman yang susah canggih sekarang ini apa sih informasi yang tidak bisa Anda dapatkan.

Namun pastikan Anda menentukan dengan benar bagaimana reputasi dari supplier tersebut.

Caranya gampang, Anda hanya perlu melihat bagaimana tanggapan, testimoni dari pembeli lainnya yang pernah bekerja sama dengan mereka. Jangan lanjutkan transaksi jika terlihat mencurigakan, ya!

1.5. Atur Jadwal

Bagi yang baru memulai lebih disarankan menghemat modal dengan membuka toko di rumah. Pasti di awal akan terbentur soal waktu, jadi Anda harus mengatur jadwal buka dan tutup toko ini.

BACA JUGA: Peluang Usaha Agribisnis Modal Kecil untuk Skala Rumahan

Sebab, yang nantinya akan anda gunakan adalah rumah Anda sendiri. Di mana ada anggota keluarga lain yang mungkin memiliki aktivitas harian lainnya. Untuk itu, usahakan tidak saling mengganggu.

2. Tips Membuka Toko Kelontong agar Sukses

Setelah mempersiapkan banyak hal, maka selanjutnya Anda harus mengetahui tips membuka toko kelontong agar tidak mudah gagal di bawah ini:

2.1. Kualitas Pelayanan

Jika Anda bertindak langsung sebagai pemilik dan pelayan. Usahakan agar Anda tetap tampil rapi, bersih dan ramah.

Tidak ada konsumen yang betah jika dilayani oleh seseorang yang jutek, sombong dan tidak bersih baik pakaian dan badannya.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper Sukses

2.2. Penetapan Harga

Semua orang pasti ingin langsung mendapatkan keuntungan. Tapi, terkadang mereka melakukan cara yang salah. Misalnya saja dengan menjual produk dengan harga yang relatif lebih tinggi.

Padahal jika pembeli tahu harga pasarannya dan Anda menjual lebih mahal atau jauh lebih mahal, siapa yang mau berbelanja lagi di toko Anda tersebut.

Untuk itu, bijaklah dalam menetapkan harga jual. Jangan terlalu mahal dan usahakan tetap mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA: Cara Menaikan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan Loyal

2.3. Promosi Menarik

Pernah melihat minimarket atau supermarket meletakkan barang-barang promosi tidak jauh dari kasir? Ini merupakan salah satu trik marketing.

Sebab, mereka tahu, pembeli cenderung memperhatikan barang-barang tersebut. Apalagi ketika harus mengantri untuk membayar belanjaan mereka.

Ujung-ujungnya, mereka menambah daftar belanjaan dengan barang promo tersebut. Dan tentunya, Anda bisa meniru trik marketing tersebut.

2.4. Susunan Barang

Tips membuka toko kelontong berikutnya adalah menentukan tata letak atau susunan barang yang akan Anda jual juga menjadi salah satu poin penting dalam tips membuka toko kelontong ini.

BACA JUGA: Buat Website Bisnis Online dan Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

Tampilkan barang-barang yang lebih sering dicari pada bagian depan agar pembeli tidak kesulitan nantinya.

2.5. Tampilan Toko

Percayakah Anda bahwasanya tampilan toko mempengaruhi minat orang-orang untuk berbelanja? Jika entalase Anda terlihat kusam bahkan berdebu, pembeli pasti jadi enggan untuk berbelanja dan mampir.

Berbeda jika toko Anda terlihat tertata rapi, bersih dan memiliki fitur menarik. Misalnya papan nama toko, atau spanduk sederhana namun memiliki daya jual.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita tentang tips membuka toko kelontong yang bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Meskipun begitu, Anda tetap harus berusaha yan terbaik dan jangan lupa doa dan ibadah.

Jika artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru, silahkan di share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya. Anda juga bisa berlangganan artikel dari kami dengan mengisi FORMULIR INI.

Tinggalkan komentar