Tips Membuat Desain Logo yang Unik untuk Branding

Tips Membuat Desain Logo – Logo adalah salah satu komponen yang wajib dimiliki oleh sebuah usaha. Logo tersebut adalah salah satu hal yang mencerminkan image sebuah perusahaan atau bisnis.

Logo ini juga sering dijadikan sebagai salah satu cara branding yang efektif. Sering kali masyarakat menyebut sebuah produk dengan logo yang dimilikinya.

Contohnya saja, Adidas dengan tiga garis diagonalnya, maupun Iphone dengan logo buah Apelnya. Logo tersebut menjadikan brand yang diusungnya menjadi lebih terkenal dan terkesan unik.

Baca juga: Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Maka dari itu, dalam membuat logo, Anda tak bisa secara asal membuatnya. Ada beberapa hal khusus yang perlu Anda perhatikan.

Hal tersebut bertujuan agar logo dapat mencerminkan brand Anda dan juga terkesan unik, elegan dan beda dari yang lainnya.

Oleh karena itu, kali ini Saya akan membahas mengenai tips membuat desain logo yang unik yang bisa Anda terapkan. Simak beberapa point dibawah ini.

Pertama dan yang paling terpenting dalam pembuatan logo adalah memahami dasarnya terlebih dahulu.

Ada beberapa prinsip dasar yang perlu Anda terapkan seperti kesederhanaan, kesesuaian, serbaguna (multifungsi) dan juga daya tahan / jangka waktu pemakaiannya.

Desain logo yang sederhana akan lebih mudah diingat oleh banyak orang. Anda juga perlu memerhatikan kesesuaian logo tersebut dengan jenis bisnisnya.

Contohnya, apabila logo tersebut untuk bisnis yang menjual mainan anak maka desain logonya juga harus mencerminkan bisnis tersebut.

Baca juga: Cara Buat Logo Online Mudah, Gratis dan Tanpa Watermark

Anda bisa membuat desain logo yang unik, kreatif dan sesuai dengan style anak.

Logo tersebut juga harus bisa bertahan lama sehingga bisa dipakai terus-menerus sehingga brandingnya juga tak akan berubah.

Pemilik bisnis juga tak perlu melakukan promosi ulang untuk memperkenalkan logo terbarunya.

Jadi, pastikan Anda membuat logo yang tidak akan termakan oleh waktu. Logo yang harus Anda buat juga serbaguna alias mudah diaplikasikan dalam berbagai media.

Dengan membuat logo yang sederhana, unik, sesuai serta tahan lama maka desain logo Anda akan sangat bagus dan berkualitas.

Tips membuat desain logo yang unik selanjutnya adalah dengan mencari referensi logo yang telah tenar.

Anda bisa melakukan analisa terhadap beberapa logo brand terkenal. Cari keunikannya serta pengaruh logo tersebut dalam perkembangan bisnisnya.

Salah satu contoh logo yang bisa Anda jadikan referensi adalah logo dari produk Nike, logo tersebut dibuat pada tahun 1971 dan tidak berganti hingga sekarang.

Meskipun beberapa kali mengalami sedikit pembaruan namun tetap dengan desain yang terbilang cukup sederhana.

Hal tersebut menunjukkan bahwa logo tersebut relevan dan tidak tertinggal perkembangan zaman.

3. Gunakan Software yang Sesuai

Langkah selanjutnya dalam tips membuat desain logo yang unik adalah dengan menggunakan software desain yang sesuai. Ada banyak sekali software yang bisa Anda gunakan.

Contohnya : Corel Draw, Adobe Photoshop, GIMP atau bahkan Canva (Khusus pemula).

Setiap software tersebut telah dikembangkan oleh developernya masing-masing sehingga memiliki fitur yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Aplikasi Desain Grafis Android dan PC

Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi atau software yang paling sesuai. Karena software tersebut akan memberikan hasil desain logo yang berbeda.

Penutup

Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat desain logo yang unik. Salah satu cara untuk melihat atau mengetes apakah desain logo tersebut sukses adalah dengan melakukan riset atau pengamatan di pasaran.

Jika desain logo tersebut mampu menarik perhatian banyak konsumen maka bisa dibilang logo tersebut dapat dijadikan salah satu hal yang efektif untuk dijadikan media branding.

Apabila Anda telah mengikuti cara di atas maka logo yang Anda buatpun akan semakin berkualitas.

Mari berkembang bersama dengan saling memberikan informasi, jika artike ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman, keluarga, ataupun media sosial Anda agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.