20 Tips Menjadi Pengusaha yang Sukses untuk Pemula

Tips Menjadi Pengusaha – Ada banyak sekali orang-orang diluar sana yang ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses. Namun, pada realitanya tidak semua berjalan sesuai harapan.

Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Kegagalan dalam menjalankan bisnis umumnya karena mental yang lemah dan persiapan yang tidak matang. Mereka juga tidak mengetahui bahwa menjalankan bisnis tidak semudah itu.

Kebanyakan hanya melihat bagaimana orang-orang yang sudah sukses berbisnis dapat melakukannya dengan mudah. Tapi mereka tidak melihat bagaimana perjuangannya.

Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Anda tidak perlu berkecil hati untuk hal tersebut. Anda bisa memulai lembaran baru dalam bisnis Anda dengan menerapkan tips menjadi pengusaha sukses yang akan di share dibawah ini.

1. Mulailah dengan Yakin

Saat Anda berencana untuk memulai usaha, maka Anda harus yakin 100% saat menentukan pilihan. Jika Anda tidak yakin atau merasa ragu, kemungkinan besar Anda hanya akan kecewa.

Baca juga: Cara Membangun Branding dengan Social Media

Saat Anda tidak yakin maka perasaan cemas Anda akan meningkat, Anda tidak total, dan Anda ragu dalam mengambil keputusan. Alhasil, bukannya sukses Anda malah berhenti ditengah jalan.

2. Menyiapkan Model Bisnis

Setelah Anda yakin untuk memulai, sekarang Anda perlu untuk memikirkan model bisnis seperti apa yang akan Anda implementasikan. Untuk hal satu ini, Anda perlu melakukan riset.

Caranya dengan mencari informasi sebanyak mungkin seputar tren atau bisnis apa yang sedang berkembang saat ini. Anda bisa manfaatkan internet ataupun media-media lainnya.

3. Tips Menjadi Pengusaha Sukses: Jadilah Kreatif

Tips menjadi pengusaha yang sukses berikutnya yaitu Anda perlu menjadi orang yang kreatif dan berfikir out of the box. Contoh bisa Anda lihat dari Go-Jek, dulunya tidak ada yang terpikirkan.

Baca juga: 7 Ide Konten Kreatif Sosial Media Untuk Perusahaan

Namun, bisa dilihat bagaimana sekarang Go-Jek menjadi sangat besar dan membuat banyak orang ketergantungan dengannya. Jadi, biasakan untuk berfikir out of the box.

4. Siapkan Visi dan Misi yang Jelas

Tips menjadi pengusaha sukses berikutnya adalah membuat business plan yang fleksibel dan inovatif. Jangan lupa pula mencantumkan visi dan misi yang jelas untuk bisnis yang Anda mulai.

5. Tips Menjadi Pengusaha Sukses: Terorganisir

Jika Anda adalah orang yang tidak teratur, misalnya bangun tidur suka-suka, tidak ada jadwal yang pasti, dan sebagainya. Mulai saat ini, Anda harus membiasakan diri menjadi lebih teratur.

Baca juga: Tips Sebelum Memulai Bisnis yang Wajib Diketahui

Ini sama pentingnya dengan ekuitas dalam mengelola bisnis Anda. Sederhananya, jika Anda tidak dapat mengatur diri sendiri, bagaimana Anda akan mengatur bisnis yang Anda jalankan.

6. Mencatat Semua Hal Penting

Tips menjadi seorang pengusaha sukses berikutnya adalah dengan selalu mencatat hal-hal penting.

Jika Anda malas mencatat karena merasa ini hal sepele atau tidak terlalu penting, maka mulailah membiasakan diri untuk melakukannya. Anda bisa mencatat apa saja yang Anda dapatkan.

Misalnya, ketika Anda sedang browsing dan menemukan artikel ini maka Anda bisa mencatatnya. Saat ada saran dari orang lain atau sedang menghadapi situasi tertenti, maka catatlah.

Dengan apa yang Anda catat, bisa dimanfaatkan untuk menemukan jawaban suatu masalah yang Anda hadapi nantinya. Ilmu dalam catatan tersebut juga dapat Anda bagikan kepada orang lain.

7. Tips Menjadi Pengusaha: Fokus Satu Bisnis

Jika Anda beranggapan bahwa banyak bisnis maka keuntungan yang di dapatkan juga semakin tinggi. Itu benar! Namun jika bisnis Anda sudah stabil baik dari segi modal, SDM, dll.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Kecil Untuk Pemula

Saat Anda baru saja memulai bisnis, maka fokuslah pada bisnis tersebut sampai bisnis tersebut sudah stabil. Ketika sudah, barulah memikirkan untuk memulai bisnis yang lainnya.

8. Siapkan Diri untuk Hal Buruk

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa memulai bisnis juga butuh mental yang kuat. Hal tersebut di maksudkan agar Anda dapat bersiap untuk kemungkinan yang buruk.

Salah satu kemungkinan yang terburuk bagi seorang pebisnis adalah gagal. Jadi, apakah mental Anda siap untuk menghadapi kegagalan tersebut atau tidak.

9. Tips Menjadi Pengusaha: Menerima Masukan

Dalam berbisnis memang tidak ada ilmu pastinya, itulang mengapa Anda harus tetap belajar. Untuk mempelajari suatu hal bisa darimana saja, misalnya kritik dan saran dari orang lain.

Anda tidak boleh menutup telingan terhadap masukan atau kritik yang dilemparkan oleh orang lain. Disini Anda harus bisa menilai kekurangan Anda saat menjalankan bisnis.

10. Jangan Cepat Puas

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bisnis memiliki pasang surut. Disinilah Anda tidak boleh merasa cepat puas. Saat bisnis Anda diatas, jangan menutup diri dari belajar, kritik, dan saran.

Baca juga: Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari

Saat bisnis Anda dibawah, Anda juga tidak boleh merasa putus asa. Turunkan ego Anda untuk bersikap terbuka dan tidak ragu untuk bertanya kepada mereka yang sudah mampu melewatinya.

Inilah salah satu tips yang wajib Anda harus ikuti jika ingin menjadi pengusaha yang sukses.

11. Jalankan Bisnis yang Anda Sukai

Tips menjadi pengusaha yang sukses berikutnya adalah memulai bisnis yang memang Anda sukai. Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat Anda lebih menikmati prosesnya.

Bahkan saat Anda berada dalam situasi yang sulit, karena Anda menyukainya maka Anda tidak terlalu kesulitan untuk menyelesaikan masalah atau memenuhi kewajiban tersebut.

12. Jalankan Bisnis yang Anda Kuasai

Jika berbicara seputar bisnis, tentu tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan. Jika apa yang Anda sukai tidak menguntungkan maka jalankan bisnis yang Anda kuasai.

Jadi, sebaiknya Anda mengetahui dan paham betul pontensi dari apa yang Anda suka dan apa yang Anda kuasai, setelah itu fokuslah pada bisnis yang Anda pilih.

13. Tips Menjadi Pengusaha: Siapkan Modal

Sekarang kita membahas faktor eksternal saat memulai bisnis. Pertama dan terpenting adalah tentang modal. Tentukan apakah modal Anda berasal dari dana pribadi atau bersama.

Jika modal bersama, maka pastikan semua terlampir jelas hitam diatas putih. Hal ini dimaksudkan agar kelak tidak ada yang merasa dirugikan dari hasil pembagian keuntungan.

14. Melihat Peluang Bisnis

Tips berikutnya saat Anda ingin menjadi pengusaha, Anda wajib untuk memperhatikan peluang bisnis yang potensial. Seperti sekarang, pemerintah sedang gencar pada sektor perdagangan digital.

Baca juga: Peluang Bisnis Era Digital yang Dapat Anda Manfaatkan

Inilah contoh peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Anda dapat mulai berdagang online atau memulai bisnis digital. Seperti membuat toko online, jual produk digital, dll.

Jika Anda ingin membuat toko online, Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan website seperti IDBlog Media. Dengan harga mulai satu jutaan, Anda sudah bisa memiliki website.

15. Menentukan Target Market

Tips menjadi pengusaha yang sukses berikutnya adalah Anda harus bisa menentukan target market atau target pasar Anda. Mengapa ini sangat penting?

Karena sebaik apapun produk yang Anda punya, jika target marketnya salah maka tidak akan laku. Contoh, Anda punya produk kecantikan tapi targetnya bapak-bapak, sulit.

16. Tips Menjadi Pengusaha: Operasional

Anda perlu memperhatikan semua hal-hal operasional dari bisnis Anda, apa yang dibutuhkan, atau apa yang diperlukan lebih dulu dan mana yang tidak. Anda bisa sewa atau beli alat operasionalnya.

Itu tergantung dari jumlah modal yang Anda miliki saat ini.

17. Sumber Daya Manusia yang Tepat

SDM merupakan salah satu faktor penting bagi kelangsungan bisnis Anda.

Baca juga: 10 Tips Membangun Tim Kerja yang Solid

Karena tidak mungkin Anda bisa mengatur semuanya sendiri, maka pastikan SDM yang Anda pekerjakan memberikan manfaat daripada hanya membebani bisnis Anda.

18. Tips Menjadi Pengusaha: Pahami Persaingan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bisnis adalah dunia yang penuh dengan persaingan. Untuk memenangkannya maka Anda perlu memahami dan mempelajari pesaing Anda.

Jangan malu untuk mengakui kekuatan pesaing Anda, tetapi Anda juga tidak boleh merasa kalah. Belajarlah dari pesaing Anda, kemudian temukan dan terapkan agar Anda dapat unggul.

19. Mental yang Kuat

Suatu saat, bisnis Anda pasti akan mengalami penurunan, dan kemungkinan paling buruk adalah kebangkrutan. Anda harus sudah siap untuk dihadapkan pada situasi seperti ini.

Saat menghadapi masalah tersebut saat menjadi pengusaha, tips paling mudah dengan tidak menyerah begitu saja. Anda harus tetap berjuang untuk mempertahankan apa yang sudah Anda mulai. Semua jawaban ada di pengalaman Anda sendiri.

20. Tips Menjadi Pengusaha: Memulainya

Jika Anda ingin memulai bisnis, maka “Action” sekarang juga. Jangan biarkan keinginan dan ide Anda hanya tersimpan didalam kepala Anda. Atau Anda akan menyesal nantinya.

Kenapa menyesal, karena Anda akan melihat orang lain yang memulai bisnis mereka dengan ide yang sebenarnya sudah Anda temukan lebih dulu.

Sebuah kesuksesan juga tidak datang begitu saja, Anda harus mengupayakannya dengan mengorbankan tenaga dan pikiran Anda.

Penutup

Itulah dia beberapa tips menjadi pengusaha yang sukses mulai dari awal atau pemula. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan di share agar lebih banyak lagi orang-orang yang mengetahuinya.

Tinggalkan komentar