Beranda » Freelance » Tips Interview Kerja yang bisa Anda Jadikan Referensi

Tips Interview Kerja yang bisa Anda Jadikan Referensi

Tips Interview Kerja – Saat Anda mengajukan lamaran ke sebuah perusahaan, maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan panggilan.

Panggilan tersebut bertujuan untuk melakukan wawancara atau interview. Interview atau wawancara ini menjadi salah satu penentu. Apakah Anda akan diterima di posisi yang akan Anda lamar atau tidak.

Baca Juga: Malas Kerja Kantoran? Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kaum Milenial

Banyak para pelamar kerja yang gagal dalam proses wawancara kerja ini lho. Penyebabnya banyak sekali, mulai dari kurangnya persiapan, hingga gagal menjawab pertanyaan Interview.

Tips Menghadapi Interview Kerja

Tips Interview Kerja

Agar Anda bisa lebih siap dalam menghadapi wawancara kerja, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Perhatikan Penampilan Anda

Tips yang pertama adalah memperhatikan penampilan Anda. Pada umumnya, proses interview kerja mengharuskan Anda menggunakan pakaian formal khas berwarna hitam putih.

Sehingga, ada baiknya Anda mempersiapkan masalah pakaian ini sebelum interview. Gunakan pakaian bersih sesuai ketentuan, pastikan pula pakaian tersebut sudah tersetrika rapi.

Baca Juga: Tips Mencari Lowongan Kerja dan Agar Lebih Mudah Diterima

Bagi perempuan,urusan make up mungkin cukup memusingkan. Namun, sebaiknya gunakan riasan wajah sederhana. Jangan terlalu menor atau tebal.

Jangan lupa gunakan deodorant dan minyak wangi, pastikan Anda tidak menyemprotkannya terlalu banyak.

Untuk yang berhijab, gunakan hijab hitam polos yang senada dengan pakaian hitam-putih yang Anda kenakan.

2. Lakukan Riset Tentang Perusahaan

Tips interview kerja berikutnya adalah mempelajari tentang perusahaan tempat Anda melamar kerja. Hal ini guna mempersiapkan jawaban saat interview.

Karena biasanya pada pertanyaan awal atau akhir, interviewer akan menanyakan hal ini. Tentang seberapa jauh pengetahuan pelamar kerja tentang perusahaan mereka.

Baca Juga: Situs Lowongan Kerja Indonesia yang Paling Terpercaya

Interviewer akan melakukan ini untuk mengetahui keseriusan Anda sebagai pelamar kerja. Apakah memang Anda benar-benar menginginkan posisi yang Anda lamar atau hanya coba-coba saja.

Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan riset tentang latar belakang perusahaan, bidang operasinya, hingga sejarahnya.

Anda juga bisa riset tentang bidang pekerjaan yang Anda lamar beserta dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Ketidaktahuan Anda akan menimbulkan tanda tanya bagi interviewer. Mungkin Anda akan dianggap hanya bercanda atau tidak serius melamar pada posisi tersebut.

Sehingga peluang untuk diterima jadi semakin kecil. Melakukan riset ini tidak sulit kok. Anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi seputar perusahaan di internet.

3. Siapkan Seluruh Berkas Lamaran yang Disyaratkan

Berkas tersebut umumnya sama saja seperti yang disebutkan di bawah ini. Namun, sebaiknya Anda membaca dengan jelas apa saja syarat & ketentuan yang mereka berikan.

Tips untuk interview kerja berikutnya adalah dengan membawa seluruh berkas lamaran yang disyaratkan. Jangan sampai Anda melupakan 1 berkaspun.

  • Surat lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto berwarna
  • SKCK
  • Surat keterangan sehat (apabila dibutuhkan)
  • Sertifikasi dalam bidang terkait
  • Fotokopi kartu keluarga
  • dan lain sebagainya.

4. Jawab Pertanyaan dengan Percaya Diri

Interview kerja bisa diibaratkan sebagai sesi tanya jawab antara interviewer dan calon pekerja. Tujuannya, tentu saja untuk menggali seberapa dalam kecocokan dan pengetahuan calon pekerja terhadap bidang yang dilamar.

Sehingga dari itu, jawaban Anda akan sangat mempengaruhi penilaian HRD. Jawab semua pertanyaan tersebut dengan jawaban yang relevan dan tidak bertele-tele.

Hindari kesan terlalu menyombongkan diri atau ragu-ragu. Jawab semua pertanyaan dengan percaya diri. Hal ini akan semakin meningkatkan penilaian positif terhadap Anda.

5. Aktif Saat Interview Kerja

Dalam sesi interview ini, Anda juga bisa bersikap lebih aktif. Jika diberi kesempatan untuk bertanya, maka bertanyalah.

Gunakan momen tersebut untuk balik mengajukan pertanyaan tentang bidang yang dilamar ataupun juga tentang perusahaan.

Ingat! ajukan pertanyaan yang relevan dan sesuai dengan topik. Jangan melenceng apalagi tak sesuai dengan konteks pembahasan.

6. Bangun Kesan Positif di Lima Menit Pertama Interview Kerja

Beberapa studi membuktikan bahwa sebenarnya pihak perusahaan biasanya sudah menentukan keputusan di 5 menit pertama sesi wawancara.

Di menit-menit berikutnya, mereka hanya akan mencari poin-poin untuk mendukung keputusan tersebut.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan kesan yang positif selama 5 menit sesi awal wawancara.

Penutup

Demikianlah beberapa tips saat interview kerja yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga dapat bermanfaat dan semoga beruntung.