Domain adalah alamat situs web yang akan digunakan untuk mengakses website Anda. Sehingga tidak bisa asal pilih saja, ada tips memilih domain yang harus Anda ketahui.

Tips memilih domain
Tips Memilih Domain

Pemilihan domain tidak bisa asal karena nantinya akan berguna untuk membangun branding bisnis Anda. Selain itu, juga agar lebih mudah untuk diingat oleh orang-orang.

Tips Memilih Domain untuk Website

Jadi, bagaimana tips untuk memilih nama domain? berikut ini saya sudah rangkum beberapa hal. Tidak mesti semuanya, tapi jadikan itu sebagai pertimbangan Anda.

1. Domain yang Singkat dan Mudah diingat

Tips memilih domain pertama adalah carilah nama yang unik, singkat, dan juga mudah diingat. Meskipun tidak ada batasan tertentu berapa karakter domain, tapi lebih singkat maka lebih baik.

Domain dengan karakter yang pendek biasanya akan lebih mudah diingat dan juga jadi salah satu incaran banyak orang. Semakin singkat sebuah domain, harganya juga lebih mahal.

Coba lihat website besar seperti Twitter, Facebook, dan sebagainya. Semuanya menggunakan domain yang singkat dan mudah untuk diingat.

Tirulah bagaimana mereka memilih domain. Agar website Anda juga bisa memudahkan orang-orang dalam mengingat website ataupun branding Anda.

2. Terdapat Kata Kunci

Tips memilih domain berikutnya adalah terdapat kata kunci di dalam domain. Sebenarnya tidak wajib, namun jika bisa dan sesuai dengan website Anda, tidak ada salahnya di pakai.

Misalnya saja website Anda bahas seputar komputer, bisa gunakankan domain ilmukomputer.com, tipskomputer, dan sebagainya.

Tapi, jika tidak memungkinkan untuk menambahkan kata kunci ke dalam domain, maka tidak masalah melewatkan point ini.

3. Gunakan Brand Anda

Selain keywords atau kata kunci, Anda juga bisa menerapkan nama brand Anda sebagai domain. Khususnya untuk Anda yang membangun website bisnis.

Menyematkan brand sebagai domain akan mempermudah brand Anda berkembang. Brand awareness juga akan meningkat, jadi kalau Anda pelaku bisnis, jenis ini bisa jadi pilihan.

Ambil contoh, produsen motor Astra. Mereka menggunakan domain dengan brand mereka. Sehingga lebih mudah dikenali oleh orang-orang.

4. Tips Memilih Domain: Top Level Domain

Top Level Domain atau biasa di sebut TLD adalah ekstensi tertentu yang digunakan pada akhiran nama website Anda misalkan .com, .net, .org, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) blog akan terlihat lebih profesional dan akan mudah di ingat oleh pengguna internet. Search Engine seperti google juga lebih menyukai website yang menggunakan TLD.

Jika Anda menggunakan Website/blog untuk bisnis online maka Anda wajib menggunakan Top Level Domain untuk mendapatkan kepercayaan calon pembeli.

5. Amankan Berbagai Domain

Jika Anda menggunakan website sebagai media bisnis, maka mengamankan berbagai domain bisnis Anda adalah jalan terbaik.

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada orang-orang yang menggunakan nama brand ataupun bisnis Anda.

Misalnya Anda membeli domain bisnis.com, maka Anda bisa amankan juga domain lainnya seperti bisnis.id, bisnis.co.id, bisnis.org, dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa tips dalam memilih nama domain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian. Jika ada masukan atau sebagainya bisa mengisi kolom komentar atau menghubungi kami dengan mengisi Contat Us di menu bar.  

Write A Comment