Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk Agar Laris Manis

Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk Agar Laris Manis – Halo Indonesian Blogger, pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit tentang apa sih Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk agar bisa menarik calon costumer.

Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk

Tidak sedikit pelaku bisnis yang masih bingung dalam menentukan harga jual produknya yang paling pas dan tepat. Harga jual sangat berkaitan dengan tingkat penjualan dan tingkat keuntungan. Inilah yang menjadi dilema bagi para pelaku bisnis.

Jika menetapkan harga terlalu mahal, takutnya pelanggan tidak akan membeli produk. Sedangkan jika produk terlalu murah, laba yang didapat sangat sedikit. Maka dari itu, melakukan suatu perhitungan ketika akan menetapkan harga jual produk merupakan hal yang sangat penting.

Harga jual produk juga menjadi suatu hal yang sangat sensitif untuk kelanjutan usaha dan bisnis Anda. Ada banyak hal yang akan terpengaruh dengan harga jual produk yang Anda tentukan. Jadi jika Anda asal dalam menentukan harga, maka akan meningkatkan resiko kerugian.

Baca juga: Peluang Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, baik produk barang maupun jasa. Hal-hal yang harus Anda perhatikan di antaranya adalah sebagai berikut

  1. Faktor Pelanggan
  2. Faktor Pesaing
  3. Faktor Biaya
  4. Manfaatnya Untuk Usaha Anda

Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk

1. Faktor Pelanggan

Tidak bisa di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas Anda, jadi pastikan bahwa harga jual yang Anda tetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Artinya harga menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga menentukan kualitas yang Anda tawarkan kepada target pelanggan Anda.

Jika Anda tidak mempertimbangkan faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku dan akhirnya hanya mengalami kerugian untuk bisnis Anda. Itu adalah sebuah kesalahan seorang pebisnis pemula yang harus Anda hindari.

2. Faktor Pesaing

Perlu juga untuk melihat harga jual yang di tawarkan oleh pesaing yang memiliki produk yang sama, pastikan bahwa harga jual produk Anda dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya Anda harus memperhatikan tingkat keuntungan.

Jika tingkat keuntungan yang telah di tetapkan menyebabkan harga terlalu mahal, ada baiknya Anda menurunkan tingkat keuntungan.

3. Faktor Biaya

Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk berikutnya adalah biaya, ini merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk, jangan sampai harga jual yang di tetapkan tidak dapat menutup biaya-biaya yang telah terjadi.

Ini artinya Anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam menghitung biaya yang terjadi, pastikan bahwa tidak ada biaya yang tidak Anda masukkan dalam perhitungan. Jika saja ada biaya yang tidak Anda hitung, akan menyebabkan harga yang tidak tepat.

Sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan, atau lebih parahnya akan menyebabkan kerugian.

4. Manfaatnya Untuk Usaha Anda

Artinya apakah harga jual sudah pantas atau belum. Di nilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang di harapkan. Seandainya saja keuntungan yang Anda harapkan dapat tercapai, tentu saja hal ini akan mempermudah dalam ekspansi perkembangan usaha Anda.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Kecil Untuk Pemula

Setelah Anda menemukan harga jual produk yang tepat atas dasar biaya-biaya produksi ditambah keuntungan yang di harapkan, pertimbangkan juga apakah pelanggan akan terbebani dengan harga jual tersebut, dan bagaimana dengan harga jual yang di tawarkan oleh pesaing.

Jika harga jual produk Anda terlalu tinggi, mungkin Anda bisa menurunkan tingkat keuntungan yang Anda harapkan.

Baiklah pembaca Indonesian Blogger, Itulah sedikit pembahasan tentang Tips Cara Menentukan Harga Jual Produk. Demikianlah pembahasan kali ini. Saya doakan, Anda yang akan menjalankan sebuah usaha dan juga Anda sedang menjalankan usaha, semoga diberi kemudahan, kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan.

Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan jika terdapat kesalahan ataupun ingin menambahkan silahkan berikan masukan Anda pada kolom komentar yang tersedia dibawah. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan ke teman teman lainnya, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *