Tips Bisnis Minuman Kekinian agar Laku dan Bertahan Lama

Tips Bisnis Minuman Kekinian – Bisnis di industri minuman telah menjadi salah satu bisnis yang banyak dijalankan saat ini. Berbica minuman, pasti tak lepas dari minuman kekinian.

Bisnis ini menjadi ramai bukan hanya karena rasanya yang enak dan menyegarkan, tapi juga memiliki target pasar yang luas. Terlebih lagi bagi kaum milenial, minuman kekinian ini sangat hits.

Bisnis yang satu ini juga memiliki banyak sekali ragamnya, baik dari segi rasa, jenis, dan tentu saja namanya. Contohnya boba, thai tea, es kopi susu, dan masih banyak jenis minuman lainnya.

Tips Bisnis Minuman Kekinian

Memiliki keberanian dalam membuat invosi baru menjadi salah satu kunci untuk berbisnis minuman-minuman tersebut. Namun, bukan hanya itu saja, berikut ini beberapa tips lainnya.

1. Berpikirlah Seperti Konsumen

Tips pertama agar bisnis minuman kekinian Anda dapat bertahan lama adalah dengan berpikir seperti layaknya menjadi seorang konsumen/pembeli. Mengapa ini menjadi sangat penting?

Karena Anda perlu tahu terlebih dahulu apakah produk minuman Anda benar-benar layak untuk dijual atau tidak, apakah kualitasnya bagus dan tentu saja apakah rasanya enak atau tidak.

Baca juga: Peluang Usaha di Bulan Ramadan dengan Modal yang Sedikit

Pada dasarnya, setiap konsumen pasti akan memberikan penilaian seputar produk yang Anda jual dan akan membandingkan produk Anda dengan product minuman sejenis yang lainnya.

Dengan memposisikan diri Anda sebagai konsumen, Anda bisa mengetahui takaran-takaran yang pas untuk produk Anda. Baik itu porsi, harga, takaran gula, topping, es, dan sebagainya.

Jika menemukan takaran yang pas tentu saja rasa dari produk minuman Anda akan menjadi lebih enak dan dengan porsi yang pas.

2. Membuat Varian Menu yang Beragam

Dalam bisnis ini, memiliki satu produk atau varian minuman yang menjadi Andalan memang sangat penting. Tapi, memiliki menu atau varian minuman yang lainnya juga termasuk penting.

Pada dasarnya selera masing-masing orang berbeda. Dengan memberikan varian lain tentu akan memberikan konsumen Anda pilihan lain untuk menggantikan varian Andalan Anda.

Jika Anda hanya memiliki satu varian, bisa saja nantinya penjualan Anda menurun. Bukan karena kualitas produk yang menurun, tapi karena minuman tersebut sudah tidak hits dan konsumen bosan.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Tahun Ini

Memiliki banyak varian juga dapat menjadi salah satu faktor penunjang untuk menggaet daya tarik dari para konsumen atau pembeli. Jadi buatlah varian Anda sekreatif mungkin.

3. Tambahkan Produk Pelengkap

Tips bisnis minuman kekinian berikutnya adalah tidak hanya menyediakan produk minuman saja. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan produk pelengkap ke daftar menu Anda.

Seperti namanya, produk pelengkap. Maka fungsinya adalah untuk melengkapi. Untuk menentukan menu pelengkap apa yang cocok, Anda bisa pikirkan produk makanan apa yang mudah untuk dibawa.

Contohnya Anda bisa menambahkan menu seperti roti, keripik pisang, biskuit, gorengan, dan lain sebagainya. Menu-menu tersebut cocok untuk dijadikan pendamping minuman Anda.

4. Membangun Relasi

Salah satu strategi usaha untuk mencari partner, menambah mitra, dan menjalin hubungan baik kepada banyak orang (termasuk konsumen loyal) adalah dengan membangun relasi dan komunitas.

Dengan memiliki relasi atau komunitas bisnis, maka Anda tidak akan terlalu kesusahan untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain itu juga dapat membantu Anda mencapai kesuksesan.

Baca juga: Peluang Usaha di Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Mengapa bisa? Karena dengan memiliki relasi, Anda dapat saling bertukar informasi dan berbagai wawasan seputar produk. Anda juga dapat saling memperkenalkan brand satu sama lainnya.

5. Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi bisnis yang strategis menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan apakah sebuah bisnis dapat sukses dalam pemasarannya atau tidak. Hal ini termasuk dalam strategi pemasaran.

Jika lokasi sebuah usaha itu strategis, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan penjualan produk. Contohnya Anda membuka usaha minuman kekinian di dekat sekolah.

Tentu sekolah merupakan lokasi yang potensial dan strategis. Karena saat ini sangat banyak sekali mahasiswa/i atau pelajar yang menjadi konsumen loyal dari produk minuman kekinian ini.

Bagaimana jika tidak dapat menemukan lokasi yang strategis? Tidak masalah juga. Banyak kok usaha yang tempatnya tidak strategis, tapi tetap saja produk yang dijualnya laris.

Jadi faktor lokasi bukan jadi penghambat untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika tidak ada lokasi yang strategis, Anda bisa manfaatkan tips bisnis minuman kekinian dibawah ini.

6. Tempat Jualan yang Higienis

Pernah merasakan ingin membeli sebuah minuman, tapi tempat jualannya kotor, bau kurang sedap, atau sampah berhamburan? Apakah Anda akan membeli? atau justru beli karena kepalang tanggung.

Kebersihan sebuah tempat usaha menjadi salah satu bagian yang dinilai oleh konsumen. Dengan memiliki tempat usaha yang higienis atau bersih, konsumen pasti akan memberikan penilaian positif.

Selain itu, pelanggan juga akan merasa nyaman karena tahu bahwa produk yang mereka beli itu higienis. Dengan kata lain, Anda tidak boleh menyepelekan hal kebersihan jika ingin awet.

Untuk menjaga kebersihan tempat usaha, Anda bisa mulai untuk memberikan edukasi kepada konsumen Anda untuk selalu menjaga kebersihan demi memberikan kenyamanan bersama.

Jika memiliki budget yang lebih, Anda juga boleh menyewa petugas kebersihan untuk membersihkan tempat usaha Anda. Namun, jika tidak ada biaya, opsi sebelumnya juga boleh.

7. Manfaatkan Media Sosial

Tips bisnis minuman kekinian yang terakhir adalah memanfaatkan media sosial. Ini sudah menjadi sebuah keharusan pada saat ini. Manfaatkan semua platform digital sebagai media pemasaran.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial dan Website

Beberapa platform media sosial yang dapat Anda manfaatkan seperti Facebook, Twitter, Instagram, GoFood, website dan lain sebagainya. Mengapa penggunaan platform digital sangat penting?

Karena dengan memanfaatkan platform digital, bisnis Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, Anda juga akan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk memesan produk Anda.

Jika punya budget, Anda juga bisa membuat website untuk membangun brand bisnis Anda sendiri. Anda tidak perlu mengerti bagaimana membuat website.

Anda hanya perlu mencari jasa pembuatan website, melakukan konsultasi, order, dan website Anda telah siap untuk launching. Sangat mudah, praktis, dan tidak perlu repot-repot.

Penutup

Itulah dia 7 tips sukses untuk bisnis minuman kekinian agar laku dan bertahan lama yang dapat Anda terapkan. Semoga bisnis Anda berhasil, terus bekerja keras dan cerdas, dan jangan lupa sedekah.

Jika artikel ini memberikan manfaat untuk banyak orang, silahkan di share ke teman-teman, sahabat, atau keluarga Anda agar bisa lebih bermanfaat lagi. Terima kasih.