7 Sumber Penghasilan Seorang Blogger

Sumber Penghasilan Seorang Blogger – Bagi sebagian orang yang telah mengenal dunia blogging, pasti sudah dapat mengetahui darimana saja penghasilan seorang blogger.

Namun, bagi Anda yang baru saja mulai tertarik untuk menjadi seorang blogger pasti akan muncul pertanyaan bagaimana cara untuk menghasilkan uang dari blog.

Sebelum kita masuk pada materi ini,saya harus mengatakan sebuah fakta, agar Anda mengetahui resiko yang dihadapi kedepannya.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Anda memiliki 2 opsi untuk membuat blog, yaitu membuat blog secara gratis dan juga membuat blog yang kaya fitur (berbayar). Jika Anda memilih opsi yang gratis, Anda bisa baca artikel dibawah ini.

Baca ini: Cara Membuat Blog Gratis

Jika Anda memiliki budget, saya menyarankan Anda untuk membuat blog dengan platform WordPress. Karena WordPress sangat beginner friendly dan juga memiliki banyak fitur.

Dengan WordPress, Anda bisa membuat blog Anda dengan sangat mudah tanpa perlu memiliki pemahaman coding sama sekali. Selain itu, ada ratusan ribu theme yang bisa digunakan secara gratis.

Jika Anda ingin membuat blog dengan menggunakan WordPress, saya sudah membahasnya di artikel ini “Panduan Cara Membuat Blog di WordPress“.

Tahapan setelah Anda memiliki blog:

  1. Mulai membuat konten/artikel yang bermanfaat
  2. Mendatangkan pengunjung/pembaca

Sampai disini, saya Anggap Anda telah melakukan semua langkah diatas. Sekarang kita lanjut ke materi pokok tentang sumber penghasilan seorang blogger.

7 Sumber Penghasilan Seorang Blogger

Berikut ini beberapa cara untuk menghasilkan uang dari kegiatan blogging yang sudah terbukti menghasilkan.

1. Memasang Iklan

Jika berbicara soal cara menghasilkan uang dari blog, maka yang pertama kali terlintas dikepala saya adalah dengan memasang iklan di halaman blog.

Menghasilkan uang dari blog dengan cara ini bisa dibilang yang paling mudah untuk dilakukan. Kenapa paling mudah? Karena Anda hanya perlu memasang iklan di blog Anda dan Anda mendapatkan bayaran.

Iklannya darimana? Banyak!

Ada banyak cara untuk mendapatkan pengiklan/advertiser di blog. Salah satu caranya adalah dengan join Google Adsense (media periklanan dari Google).

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tawaran iklan dari advertiser secara langsung melalui email. Biasanya advertiser ini akan mempromosikan produk/jasa yang mereka tawarkan.

Ada beberapa faktor mengapa advertiser mau beriklan di blog Anda, beberapa diantaranya adalah karena produk mereka relate dengan topik blog Anda dan juga Anda memiliki jumlah traffic yang tinggi.

Catatan: Untuk menarik perhatian advertiser, Anda butuh traffic blog yang tinggi karena tujuan mereka beriklan adalah mendatangkan penjualan.

2. Mengikuti Program Affiliate/Afiliasi

Jika Anda kesulitan untuk mendatangkan advertiser ke blog Anda atau selalu mendapatkan penolakan dari Google Adsense, maka affiliate adalah salah satu pilihan.

Affiliate itu apa sih?

Affiliate/afiliasi adalah bentuk kerjasama antara Anda dan pemilik produk (Perusahaan atau lembaga). Sistem kerjanya, Anda hanya perlu mempromosikan produk tersebut dengan menggunakan sebuah link.

Link tersebut akan Anda dapatkan saat Anda melakukan pendaftaran program affiliate. Setiap penjualan produk yang berasal dari link Anda, maka Anda akan mendapatkan persenan (Bayaran).

Berapa bayaran yang bisa Anda dapatkan?

Perihal bayaran, setiap program affiliate memiliki persenan yang berbeda. Jadi sebaiknya sebelum Anda mendaftar, baca dahulu kebijakan program affiliate mereka.

Contohnya, jika sebuah program affiliate menawarkan persenan sebesar 30% dari penjualan produk dengan harga Rp 1.000.000, maka perhitungannya seperti ini:

Affiliate= Harga Produk x 30/100= Rp 1.000.000 x 30/100= Rp 300.000/produk

Jadi jika Anda menjual 1 produk dengan harga 1 juta dari link afiliasi Anda, maka Anda mendapatkan persenan sebesar 300 ribu. BIsa bayangkan jika Anda berhasil menjual 100 produk?

Saya juga sudah beberapa kali membahas soal affiliate, bisa Anda baca disini:

3. Dibayar untuk Review

Dengan menjadi seorang blogger, Anda tahu kekuatan Anda adalah menulis. Anda bisa manfaatkan kekuatan tersebut sebagai sumber penghasilan seorang blogger.

Banyak pelaku bisnis yang membayar blogger untuk memberikan review pada produk atau jasa yang mereka tawarkan. Apa untungnya bagi mereka?

Banyak! Mereka bisa mendapatkan masukan atau pendapat dari orang lain yang bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya. Selain itu, review juga akan menambah kredibilitas sebuah bisnis.

Bagaimana mendapatkan job review?

Ada 2 cara sederhana untuk mendapatkan job review, yaitu:

  1. Melakukan penawaran kepada perusahaan atau pemilik bisnis secara langsung melalui proposal yang Anda kirim melalui email.
  2. Perusahaan/pemilik bisnis menghubungi Anda secara langsung untuk mereview produk/layanan mereka.

Bagaimana cara kerja job review?

Cara kerjanya sangat mudah. Jika Anda telah mendapatkan client, maka tugas Anda selanjutnya adalah menulis review seputar produk/layanan mereka, itu saja.

Berikut ini beberapa contoh job review yang saya miliki dan di publish di abdulmuhajir.com:

  1. https://abdulmuhajir.com/web-hosting-murah-kualitas-premium/
  2. https://abdulmuhajir.com/domainesia-hosting-terbaik-di-indonesia/
  3. https://abdulmuhajir.com/web-hosting-murah-kualitas-premium/

4. Article Placement

Hampir mirip dengan job review, article placement juga melakukan publish artikel seputar suatu produk/layanan dari si advertiser.

Namun, yang membedakan adalah Anda tidak perlu menulis review. Anda hanya perlu melakukan publish artikel yang sudah disediakan oleh advertiser.

Berikut ini beberapa article placement yang ada di abdulmuhajir.com

  1. https://abdulmuhajir.com/persiapan-memulai-investasi-forex/
  2. https://abdulmuhajir.com/cara-mengatasi-docomo-tidak-ada-internet/
  3. https://abdulmuhajir.com/cara-merawat-fisik-smartphone-yang-benar/

5. Memiliki Jasa Sendiri

Sumber penghasilan seorang blogger berikutnya adalah menyediakan jasa.

Jika Anda adalah orang yang ahli dalam suatu bidang tertentu, Anda bisa menjual keahlian Anda untuk mulai menghasilkan uang. Cara kerjanya simple!

Anda hanya perlu menjual jasa Anda di blog, ketika ada pembaca atau orang yang ingin menggunakan jasa Anda, mereka tahu harus menghubungi siapa.

Contohnya, saya mengenal blogging pada tahun 2012, dan mulai serius pada tahun 2014 hingga sekarang. Dalam kurun beberapa tahun itu, saya memiliki banyak pengalaman.

Pengalaman tersebut saya jual dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa install theme, job review dan juga article placement.

6. Menjual Produk

Penghasilan seorang blogger memang bisa datang darimana saja, termasuk menjual produk Anda sendiri.

Jika Anda memiliki produk Anda sendiri, Anda bisa menjualnya melalui blog. Untuk cara menjualnya ada beragam cara, seperti:

  1. Membuat halaman depan blog Anda menjadi toko online.
  2. Membuat artikel lalu menyelipkan produk Anda dibagian tengah atau akhir artikel.

Untuk cara nomor 1 bisa dibilang sangat mudah, karena Anda hanya perlu membuat blog Anda tampil seperti toko online dan Anda telah siap menjual produk.

Sedangkan untuk cara nomor 2, Anda bisa melakukan penjualan produk dengan cara membuat artikel yang relevan dengan produk yang Anda jual.

Contohnya, Anda memiliki produk kosmetik untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa buat artikel yang berhubungan dengan menghilangkan jerawat.

Seperti:

  • Tips Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh
  • Makanan yang Dapat Menimbulkan Jerawat
  • dll

Anda buat artikelnya lalu menambahkan produk Anda dibagian tengah atau akhir artikel sebagai referensi pembaca untuk menyelesaikan masalah jerawat mereka.

Jika pembaca Anda tertarik dengan produk Anda, maka besar kemungkinan pembaca Anda akan membeli produk yang Anda jual.

7. Program Membership

Bagi Anda yang kurang tertarik untuk menerapkan beberapa sumber penghasilan seorang blogger yang ada diatas, Anda bisa membuat program membership di blog Anda.

Jadi sistemnya adalah pembaca blog Anda harus membayar untuk bisa membaca atau mengakses halaman tertentu di blog Anda.

Jika Anda telah memiliki pembaca yang loyal di blog Anda, cara ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mulai menghasilkan uang dari blog.

Selain membuat konten premium atau berbayar, Anda juga dapat membuat forum pribadi Anda sendiri. Bagi pembaca Anda yang ingin join ke forum Anda, mereka harus membayar sejumlah uang.

Catatan Penting

Jika Anda masih dalam tahap merintis, sebaiknya fokus ke salah satu sumber penghasilan saja terlebih dahulu agar bisa lebih fokus.

Setelah Anda memilih media periklanan seperti google adsense, maka fokuslah terlebih dulu untuk bisa menghasilkan dari google adsense.

Bila sudah bisa menghasilkan, Anda bisa merambah ke sumber penghasilan lain seperti Affiliate,menyediakan jasa, dll.

Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog dengan ide Anda sendiri, jadi jangan terpaku dengan beberapa point diatas.

Sumber Penghasilan Seorang Blogger – Penutup

Itulah dia beberapa sumber penghasilan seorang blogger yang bisa Anda jalankan. Sebenarnya masih banyak lagi, namun yang populer adalah 7 point diatas.

Jika Anda suka artikel ini, silahkan bagikan di media sosial Anda Anda agar bisa memberi lebih banyak manfaat, terima kasih.

Published by
Abdul Muhajir