Strategi Pemasaran dengan Budget Rendah Wajib Anda Coba

Strategi pemasaran sangatlah diperlukan dalam menunjang perkembangan sebuah bisnis. Namun, ada kalanya Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mempromosikan sesuatu.

Strategi Pemasaran budget rendah

Biaya yang Anda keluarkan tersebut sangatlah variatif. Mulai dari ratusan ribu, puluhan juta hingga bahkan ratusan juta. Tergantung skala perusahaan dan juga media yang Anda gunakan.

Kali ini, kita akan membahas mengenai strategi pemasaran dengan budget rendah yang pastinya sangat cocok untuk Anda yang baru merintis sebuah usaha.

Namun belum memiliki budget yang tinggi untuk mempromosikan jasa atau produk yang Anda miliki. Berikut ini , strategi marketing dengan budget rendah yang bisa Anda jadikan referensi:

Strategi Pemasaran Budget Rendah

1. Menggunakan Media Sosial

Bukan rahasia lagi kalau media sosial sering digunakan sebagai media promosi. Selain memiliki jangkauan yang tak terbatas, media sosial juga merupakan salah satu platform yang gratis.

Baca juga: Tips Social Media Marketing

Oleh karena itu, media sosial merupakan strategi marketing dengan budget rendah nomor satu yang wajib Anda lakukan. Saya juga telah mengulas banyak seputar social media marketing.

Strategi Pemasaran dengan Sistem Afiliasi

Affiliate adalah sebuah strategi marketing dengan cara menyediakan layanan agar orang lain dapat membantu Anda memasarkan produk/jasa Anda. Apa yang referral dapatkan?

Btw, referral adalah orang yang bergabung menjadi afiliasi Anda. Jadi, ketika mereka berhasil menjual produk Anda dengan link afiliasi mereka, maka mereka akan mendapatkan persenan.

Persenan yang didapatkan oleh referral sesuai dengan apa yang Anda tetapkan untuk mengikuti afiliasi. Misalnya 20% setiap penjualan produk, 30% setiap penjualan, dan seterusnya.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Budget yang dibutuhkan untuk membuat sistem afiliasi seperti ini setidaknya Rp 1,5 juta/tahun. Biaya tersebut sudah mencakup pembuatan website, sistem membership dan afiliasi dan promosi.

Publikasi di Website yang Open Member

Ada berbagai website dengan DA/PA yang tinggi yang memungkinkan bagi para membernya untuk memposting sebuah artikel atau tulisan dengan gratis.

Salah satu contoh websitenya adalah Kaskus. Anda bisa memposting artikel atau konten yang mengandung promosi tersebut sehingga memungkinkan banyak orang yang melihat konten Anda.

Namun, perhatikan juga aturan yang berlaku pada setiap website. Hindari melakukan spamming karena dapat berakibat akun Anda di non-aktifkan.

Strategi Pemasaran dengan SEO

Search engine optimization adalah sebuah teknik agar websitemu bisa meraih peringkat pertama sehingga lebih berpeluang agar bisa ditemukan banyak orang selama pencarian.

Baca juga: Pengertian Apa Itu Landing Page

SEO ini merupakan salah satu Strategi pemasaran dengan budget rendah lantaran Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukannya.

Anda hanya harus paham dasar SEO dan juga pengaplikasiannya membutuhkan waktu agar konten atau websitemu terindeks google.

Karena ini gratis, jadi Anda butuh waktu yang cukup lama yaitu 1-2 bulan agar bisa optimasil. Bahkan bisa lebih dari itu, jika Anda masih awam soal website dan SEO.

Strategi Pemasaran dengan Email Marketing

Strategi pemasaran dengan budget rendah berikutnya adalah menggunakan email marketing. Anda bisa mengkombinasikannya dengan penggunaan landing page untuk bisnis Anda.

Dengan email marketing Anda bisa memberikan info pada para pelanggan atau konsumenmu mengenai sebuah produk yang saat ini tengah Anda promosikan.

Info tersebut dapat berupa promo khusus atau discount serta beragam promo menarik yang dapat memikat hari konsumen.

Promo tersebut akan dikirimkan ke email orang-orang yang telah berlangganan dengan Anda.

Gabung Forum atau Grup

Ada banyak sekali forum online yang bisa mewadahi Anda untuk promosi. Jika Anda berjualan baju, Anda bisa mengikuti berbagai forum dengan tema yang serupa.

Baca juga: Tips Meningkatkan Engagement Instagram

Selain sarana promosi, Anda juga dapat saling memperkenalkan bisnis dan sharing pengalaman, hingga menemukan partner bisnis yang tepat.

Anda juga dapat manfaatkan grup di Facebook untuk melakukan hal sudah disebutkan diatas.

Kesimpulan

Itulah beberapa strategi pemasaran dengan budget rendah yang bisa Anda jadikan referensi. Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan langkah tambahan lainnya.

Contohnya seperti membuat katalog online, membuat brosur dan menyebarkannya, membuat kartu nama sebagai branding tambahan dan lain sebagainya.

Dengan pemasaran yang baik maka tingkat keuntungan bisnis Anda pastinya juga akan semakin meningkat. Mulai kembangkan bisnis Anda dengan strategi pemasaran yang tepat.

Jika Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini, silahkan di share ke media sosial, keluarga, ataupun kerabat Anda agar dapat lebih bermanfaat lagi.

Tinggalkan komentar