Mengenal Lebih Jauh Tentang Social Media Marketing

Apakah Anda sudah tahu apa itu Social Media Marketing? Singkatnya adalah suatu ilmu pemasaran yang memanfaatkan social media untuk melakukan promosi tentang suatu produk atau jasa.

Social Media Marketing

Belakangan ini memanfaatkan social media sebagai sarana pemasaran memang banyak dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali manfaat yang bisa diraih menggunakan cara ini.

Selain dapat menjangkau banyak orang dengan sebuah postingan. Alasan lainnya menggunakan social media adalah karena banyaknya ragam dari sosial media itu sendiri. Sampai saat ini bahkan ada puluhan sosial media yang bisa Anda akses.

Contohnya : Instagram, Twitter, Facebook, Path, dan masih banyak lagi. Anda bisa mulai mengumpulkan followers sehingga saat Anda memposting sesuatu, postingan Anda langsung berada di beranda para pengikut.

Penerapan Social Media Marketing

Secara umum sebuah perusahaan memiliki lebih dari satu media sosial. Sebagai contoh perusahaan XYZ memiliki akun resmi perusahaan di Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Baca juga: Elemen Penting dalam Social Media Marketing

Di Indonesia sendiri ada jutaan orang yang menggunakan sosial media. Dengan memiliki beberapa akun sosial media tersebut. Maka, Anda dapat memperluas jangkauan perusahaan.

Jika, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang. Maka, produk atau jasa yang anda tawarkan akan semakin dikenal. Hal ini akan semakin meningkatkan peluang penjualan perusahaan yang Anda miliki.

Cara Melakukan SMM

1. Rajin Membuat Postingan

Ada beberapa cara dalam melakukan social media marketing. Contohnya, membuat postingan langsung. Anda bisa membuat postingan langsung pada akun Facebook, Instagram atau Twitter.

Untuk lebih menarik perhatian, Anda bisa membuat sebuah gambar atau poster kecil yang berisi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Buatlah gambar yang semenarik mungkin, unik dan bisa memaparkan secara jelas apa yang ingin anda sampaikan meskipun hanya lewat beberapa kata dan ilustrasi.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan jasa seorang designer grafis.

2. Saling Menautkan Media Sosial

Yang kedua adalah melalui tautan link. Anda bisa menghubungkan akun sosial media ke sebuah website perusahaan yang berisi keterangan lebih lengkap mengenai jasa atau produk milik Anda.

Link ini juga bisa Anda gunakan untuk menghubungakan satu akun sosial media ke akun yang lainnya.

3. Menggunakan Jasa Endorse

Yang ketiga adalah melalui jasa endorse. Belakangan ini endorse memang sangat populer. Dengan menggunakan jasa para influencer atau selebgram yang memiliki jumlah followers yang banyak.

Baca juga: Cara Menambah Followers Aktif Instagram

Tentunya, produk milik Anda akan semakin dikenal banyak orang. Selain 3 cara di atas, tentunya masih banyak cara lain yang bisa Anda tempuh.

Konsep Dasar Social Media Marketing

Secara umum konsep dasar jenis pemasaran ini adalah penggunaan media sosial. Membuat konten dan membiarkan banyak orang untuk melihat dan mengaksesnya.

Memancing para pengguna media sosial untuk memberikan tanggapan atas konten dan membuat mereka tertarik menggunakan sesuatu yang Anda tawarkan.

Penutup

Menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran sangatlah efektif saat ini. Pengguna media sosial yang kebanyakan masih berusia muda di Indonesia juga mencapai jutaan orang.

Dibanding pemasaran secara konvensional yang memiliki jangkauan terbatas. Menggunakan sosial media terbilang lebih efisien.

Selain karena jangkauannya yang tak terbatas, akses yang mudah, cepat, dan murah menggunakan sosial media juga tak memiliki batas waktu. Jika Anda memposting sesuatu di sosial media, konten tersebut tetap akan ada sampai Anda menghapusnya.

Jadi, bisa disimpulkan sosial media marketing adalah pilihan terbaik untuk memasarkan jasa atau produk milik perusahaan Anda.

Tinggalkan komentar