menjadi seorang freelancer
Tips Mengembangkan Skill Freelancer

Di era digital seperti saat ini, pekerjaan menjadi seorang freelancer telah banyak diminati. Mulai dari yang remaja sampai yang sudah dewasa banyak yang menjadi freelancer.

Terlebih lagi bagi anak-anak milenial yang cenderung tidak terlalu suka dengan pekerjaan yang mengikat. Dan freelance memberikan fleksibilitas tersebut.

Apa Itu Freelancer?

Freelancer adalah seseorang yang bekerja paruh waktu atau pekerja lepas. Seorang Freelancer biasanya memiliki kemampuan atau skill pada satu bidang tertentu.

BACA JUGA: 11 Tips Menjadi Freelancer untuk Pemula

Seorang Freelancer biasanya bekerja sendiri dan tanpa ada komitmen atau keterikatan pada satu perusahaan atau kantor tertentu. Namun, kadang ada kontrak per project.

Maksudnya kontrak hanya berlaku saat proses pengerjaan saja. Setelah selesai maka kontrak juga dianggap selesai.

Mengapa Menjadi Seorang Freelancer?

Dari sekian banyak alasan mengapa orang-orang menjadi influencer, salah satunya adalah fleksibilitas waktu dan juga tanpa ada komitmen pada kantor atau perusahaan tertentu.

BACA JUGA: Cara Menjadi Freelance Writer Profesional dan Menghasilkan Uang

Saat ini, ada beberapa bidang pekerjaan yang banyak digeluti oleh freelancer yaitu:

  1. Desain Grafis
  2. Web Development
  3. Programming
  4. Marketing
  5. Writing
  6. Dll

Apakah Freelancer Itu Pengangguran?

Bisa iya dan bisa tidak. Freelancer bisa dibiliang pengangguran ketika mereka sedang tidak mengerjakan apa-apa.

Tidak, apabila mereka selalu memiliki projects yang berkelanjutan.

Namun pada dasarnya seorang freelancer adalah seseorang yang memiliki keahlian pada bidang tertentu.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer

Bukan hanya skill ecek-ecek, terkadang Freelancer memiliki skill pada suatu bidang tertentu. Bahkan skillnya bisa dibilang di atas rata-rata.

Apakah Menjadi Freelancer Itu Mudah?

Bekerja sebagai seorang freelancer mungkin akan terdengar mudah untuk dilakukan. Tapi tetap butuh pengalaman dan skill pada bidang yang mereka ambil.

Dengan skill yang mumpuni dan portfolio yang baik, akan membuka peluang yang lebih besar untuk bekerja sama dengan perusahaan yang besar pula.

Skill Wajib Menjadi Seorang Freelancer

Menjadi seorang freelancer tidak hanya soal pengalaman, pastinya tetap butuh skill yang mumpuni.

BACA JUGA: 6 Daftar Ide Bisnis Kreatif Minim Modal

Bukan hanya skill seperti jago programming, jago develop website, apps dan sebagainya. Tapi mampu mengatur beberapa hal berikut ini:

Mengatur Jadwal Jam Kerja

Hal pertama yang wajib Anda miliki adalah skill untuk mengatur jadwal kerja Anda sendiri. Jangan karena Anda bekerja sendiri lantas berfikir ah nanti saja kerjainnya masih ngantuk.

BACA JUGA: Malas Kerja Kantoran? Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kaum Milenial

Setiap client itu punya tenggat waktu untuk pekerjaan yang diberikan kepada Anda. Itulah mengapa Anda tetap harus memiliki jadwal sendiri dalam bekerja sebagai freelancer.

Buatlah jadwal apa saja yang perlu Anda lakukan hari ini atau 7 hari kedepan atau bahkan juga untuk bulan ini.

Jika ingin jadwal yang lebih detail Anda bisa menambahkan jam berapa Anda mulai bekerja, jam berapa Anda bisa pergi keluar dan jam berapa Anda harus istirahat.

Lebih Dekat dengan Internet

Saat memutuskan menjadi seorang freelancer maka Anda tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya internet.

Saat ini, cara termudah untuk bertemu dengan client adalah melalui internet. Calon client juga biasanya akan menghubungi Anda melalui email, WhatsApp, dan sebagainya.

Agar Anda tidak terlewatkan projects yang besar, maka pastikan untuk terus terhubung dengan internet. Anda pun tak boleh lupa untuk cek email beberapa kali dalam sehari.

Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Meskipun seorang freelancer bekerja dari rumah dan jarang bertatap muka dengan client, tapi Anda tetap harus memiliki inisiatif yang tinggi.

Ketika ada hal yang tidak Anda pahami dari permintaan client, maka bertanyalah. Jangan biarkan client Anda kecewa dengan hasil pekerjaan yang tidak sesuai permintaan.

Anda bisa memberikan masukan atau ide-ide Anda kepada client, jika ditolak pun tidak masalah. Anda juga harus belajar menghargai pendapat client Anda.

Tentukan Bayaran Sesuai Keahlian

Point ini juga bisa saya bilang sangat penting, karena berurusan dengan bayaran. Jika Anda masih pemula dalam suatu bidang maka jangan mematok harga yang terlalu tinggi.

BACA JUGA: 8 Cara Menentukan Harga Jasa untuk Freelancer Pemula

Namun jika sudah memiliki jam terbang tinggi maka Anda bisa menaikan bayaran Anda. Pengalaman Anda pastinya akan berjalan selaras dengan skill yang Anda miliki.

Semudah ini, siapa sih orang yang mau bayar tukang ojek yang tidak bisa mengendarai motor. Pastinya tidak ada, sudah rugi tapi resikonya kecelakaan.

Sesuaikan Pekerjaan yang Diambil

Beberapa freelancer pemula biasanya asal ambil pekerjaan saja, yang penting ada uangnya. Padahal belum tentu mereka bisa atau mampu mengerjakannya.

Alhasil rating yang diberikan kepada si freelancer juga jelek.

Padahal bagi seorang freelancer, rating adalah hal yang sangat penting untuk menyiratkan keprofesionalan kepada calon client lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menjadi seorang freelancer dan juga skill yang wajib dimiliki. Untuk sukses menjadi Freelancer, teruslah kembangkan skill Anda dan bangun personal branding Anda.

Sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat. Silahkan di share dan selalu semangat dengan apapun pilihan karir Anda, tetap lakukan yang terbaik.

Write A Comment