Pengalaman Menggunakan WordPress Self Hosted

Pengalaman Menggunakan WordPress – Halo semuanya, sejak awal blogging tidak ada pikiran untuk mengeluarkan biaya untuk sekedar membeli domain apalagi hosting.

Namun, entah kenapa makin kesini; niatan itu semakin memudah dan saya pun memutuskan untuk membeli blog dari blogger lain yang menggunakan hosting sendiri.

Pengalaman Menggunakan WordPress

Saya sudah pernah mencoba membuat blog di wordpress self hosted tapi gratisan, walaupun saya sudah berhasil membuat tapi tidak saya kelola. Mengapa tidak? karena hosting gratis sudah tentu tidak mumpuni untuk digunakan.

Setelah membandingkan kelebihan dan kekurangan dari blogspot dan wordpress , Banyak blogger yang menyarankan untuk menggunakan wordpress untuk hasil yang lebih optimal.

Dengan kata lain ketertarikan saya semakin menggebu untuk mencoba mengelola wordpress self hosted. Impian itu selalu saja tertunda karena berbagai faktor seperti uang, kekurangan pemahaman dan lain-lain.

Tapi, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa semua hal yang menganggu saya sudah memudar. Jadi saya putuskan untuk migrasi ke wordpress. Dan beginilah pengalaman saya menggunakan wordpress.

Pengalaman Menggunakan WordPress Self Hosted

1. Impian Terwujud

Tapi kini impian saya ingin memiliki wordpress self hosted sudah terwujud, Karena saya mengunjungi blog terwujud.com dan mengambil alih idblog.net ini. Perasaan senang karena sudah memiliki wordpress self hosted sudah tercapai.

Tapi muncul kendala baru, karena saya baru pertama kali jadi tentunya kesulitan menggunakan wordpress sudah menanti didepan mata.

Namun, karena komunitas wordpress itu sangat banyak, jadi setiap masalah saya dapat diselesaikan dengan mudah.

Suka dan Duka Menggunakan WordPress

Untuk main di php memang saya belum terlalu paham, tapi saat mencoba edit menu dan pasang widget ternyata lebih mudah dari blogspot.

Contohnya saja saya ingin memasang menu dropdown di blogger, kita harus masuk ke HTML template, tapi di wordpress kita hanya perlu drag and drop saja, untuk menu dropdown hanya di geser sedikit sudah jadi, seperti menu saya ini

Cara Buat Menu Di WordPress

Tapi Allah memang berkehendak baik memberikan saya guru yang dengan sabar membimbing saya. Guru itu adalah kang Adhy Suryadi (gk kenal ya? sungguh terlalu) dan juga mas Ibrahim Lubis.

Mereka berdua sangat sabar menjawab pertanyaan yang mungkin sangat sepele untuk mereka tapi sangat memusingkan untuk saya.

Baca Ini : Tips Memilih Platform Blogging yang Tepat

Namun lambat laun pasti saya bisa mengatasi masalah yang saya alami, try and error pasti ada untuk setiap blogger. Beberapa bulan menggunakan wordpress dengan hosting pribadi, ada program sponsorhip dari penyedia jasa hosting.

Singkat cerita saya ragu untuk ikut mendaftar karena beberapa blog yang sudah menjadi partner adalah blog besar seperti juragancipir dan beberapa lainnya. Sedangkan blog saya punya apa?

Minder dong saya, tapi dengan nekat saya coba saja mendaftarkan blog saya dan eh ternyata di acc.

Tapi kini saya ketagihan dengan wordpress karena menurut saya fitur di wordpress sangat membantu saya dalam mengelola blog, mulai dari theme,SEO,plugin dan lain lain.

Penutup

Itulah Pengalaman Menggunakan WordPress Self Hosted versi saya. Tapi menurut saya walaupun ada perbedaan dalam hal fitur yang disediakan, tapi jika menilai dari konten ya sama saja, konten siapa yang lebih informatif pasti akan lebih disenangi oleh pembaca.

Tinggalkan komentar