Prospek Masa Depan Desainer Grafis, Menjanjikan kah?

Prospek Masa Depan Desainer Grafis – Di era digital di mana pertumbuhan bisnis di dunia online semakin meningkat maka bidang kerja di dunia online juga akan semakin meningkat.

Prospek Masa Depan Desainer Grafis

Kali ini Saya akan membahas mengenai prospek masa depan desainer grafis. Desainer grafis ini sangat dibutuhkan untuk melakukan beberapa rancangan desain yang bertujuan untuk menarik minat para calon pelanggan.

Desain grafis ini juga memiliki lingkup area yang sangat luas.

Kebutuhan akan desain juga semakin meningkat mengingat banyaknya website atau juga usaha baru yang membutuhkan jasa design website, design logo, kaos, banner, brosur dan sebagainya.

Prospek Masa Depan Desainer Grafis

Karena prospek masa depannya yang sangat cerah maka tak mengherankan banyak orang yang terjun dalam bidang ini. Lalu, apa saja yang membuat prospek masa depan desainer grafis cerah? Berikut di antaranya:

1. Ditilik dari Kecenderungan Pola Hiburan Masyarakat

Masyarakat Indonesia pada umumnya lebih suka membaca informasi lewat gambar atau secara visual dibandingkan dengan konteks tekstual (Teks bacaan yang panjang).

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuat Vector di Android

Hal tersebut dapat ditilik dari lebih seringnya orang melihat konten di media sosial dibandingkan membaca koran. Pola tersebutlah yang mendasari munculnya sejumlah pekerjaan yang berbasis visual seperti desainer grafis.

Selama kecenderungan masyarakat Indonesia tak berubah maka prospek kerja di bidang desain grafis juga tidak akan menurun.

2. Banyaknya Bidang Kerja yang Sesuai

Hal kedua yang membuat prospek masa depan designer grafis cerah adalah banyaknya lapangan pekerjaan atau bidang kerja desain grafis. Berikut ini beberapa yang bisa Anda kerjakan.

2.1. Menjadi seorang designer grafis di agensi periklanan (Advertising Agency).

Bidang kerja ini tentunya sangat cocok terutama bagi Anda yang merupakan lulusan design grafis yang aktif, dinamis dan kreatif.

Baca juga: Aplikasi Desain Grafis Android dan PC

Pekerjaan dalam bidang agensi periklanan sebagai salah seorang desainer grafis memang mengharuskan Anda untuk membuat sebuah konten visual yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Namun, Anda juga tak perlu khawatir mengenai masalah gaji. Anda bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dalam bidang ini.

2.2. Desainer Grafis di Media Masa

Desainer grafis juga sangat diperlukan di perusahaan media masa untuk menyajikan informasi secara visual yang bersumber dari konteks tekstual atau artikel yang mereka terbitkan.

Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat para pembaca.

Salah satu media yang melakukan hal tersebut adalah Tirto.id di mana mereka akan menyajikan informasi visual yang dikemas secara menarik dan informatif yang mewakili setiap isi bacaan.

2.3. Komikus

Apabila Anda lebih suka dunia fantasy maka Anda bisa beralih menjadi seorang komikus. Komik ini juga tengah menjadi hal yang populer di Indonesia, terutama komik online.

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuat Vector di Android

Ada berbagai platform yang bisa Anda coba untuk menerbitkan komik karya Anda contohnya adalah LINE WEBTOON. Anda hanya harus membuat komik yang menarik minat para pembaca baik dari segi cerita maupun gambarnya.

2.4. Freelancer

Apabila Anda tidak suka dengan pekerjaan yang terikat pada satu perusahaan. Maka, Anda bisa menjadi seorang freelancer di bidang desain grafis.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo maupun design suatu barang seperti stiker atau kaos.

Ada banyak sekali platform freelancing terpercaya di Indonesia seperti Projects.co.id, Sribulancer, Freelancer dan masih banyak lagi.

2.5. Buat Konten di Instagram

Jika Anda mengikuti saya di Instagram @abdulmuhajir, pasti Anda sering lihat konten saya yang bahas tips-tips dan sebagainya.

Anda juga bisa melakukannya, terlebih lagi jika Anda ahli dalam bidang desain grafis. Cukup bagikan ilmu Anda dengan membuat konten di Instagram.

Dari konten tersebut, orang-orang bahkan calon client mengetahui skills Anda. Dengan begitu, Anda bisa tawarkan jasa desain Anda sendiri.

Contoh kasus, saya ahli dalam pengembangan dan desain web, maka saya buat konten seputaran hal tersebut. Kemudian saya juga tawarkan jasa pembuatan dan design website.

Dari situ, saya mendapatkan calon client yang mengirim DM kepada saya untuk dibuatkan website.

Penutup Prospek Masa Depan Desainer Grafis

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prospek masa depan desainer grafis memang begitu bagus apabila ditilik dari segi pola kecenderungan konsumen serta bidang kerjanya.

Jadi, bagi Anda yang ingin terjun dalam bidang Desain Grafis Anda tak perlu ragu lagi. Tapi, tentunya Anda juga harus mempunyai skills yang bagus dalam bidang ini agar bisa mendapatkan banyak peluang.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman, keluarga, atau media sosial Anda yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, terima kasih.

Tinggalkan komentar