Perbedaan Web Developer dan Web Designer yang Perlu Diketahui

Perbedaan Web Developer dan Web Designer – Masih banyak yang bingung antara web developer dan web designer, walaupun keduanya sama-sama bertugas untuk membangun sebuah website.

Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia web development atau web designer pasti sudah mengerti dan paham perbedaan antara keduanya.

Namun, sebuah informasi pasti ada yang belum mengetahuinya. Untuk itu mari kita bahas apa perbedaan dari kedua jenis pekerjaan ini.

Sebelum itu, mari kita bahas dulu apa pengertian web developer dan apa itu web designer. Kemudian kita bahas perbedaan keduanya berdasarkan tugasnya masing-masing.

Perbedaan Web Developer dan Web Designer

Bagi Anda yang baru memulai belajar dalam web development atuapun designer wajib untuk mengetahui apa pengertian dari keduanya. Berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Pengertian Web Developer

Web developer adalah profesi yang bertugas atau bertanggung jawab untuk membuat sebuah website dari nol hingga dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Website: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Sehingga, seorang web developer harus paham dan menguasai fondasi pengembangan website seperti database, bahasa pemrograman, coding, dan lain sebagainya.

Tanggung jawab lain dari seorang web developer adalah memastikan database website aman dan juga memastikan website yang dibangun dapat bekerja dengan semestinya.

Untuk menjadi web developer, setidaknya harus menguasai beberapa skills seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan lain sebagainya.

Pemahaman bahasa pemrograman tersebut dimaksudkan agar memudahkan dalam membuat website fungsi website apapun.

2. Pengertian Web Designer

Hampir serupa dengan web developer, yaitu mengembangkan website. Namun, web designer lebih mengarah kepada bagaimana website di tampil kepada pengguna.

Seorang web designer memiliki tanggung jawab untuk mempercanti sebuah halaman website dengan membuat rancangan tata letak, tampilan visual, dan juga fitur-fitur yang dibutuhkan.

Untuk menjadi seorang web designer, Anda tidak diharuskan untuk menguasai bahasa pemrograman karena hanya fokus pada desain visual dan tampilan website yang dilihat pengguna.

Baca juga: Peran Penting Website Company Profile untuk Bisnis

Namun, jika Anda menguasai bahasa pemrograman tentu saja ada nilai lebihnya.

Seorang web designer lebih sering bermain dengan software atau tools design seperti Adobe, Photoshop, Sketch, dan lain sebagainya.

Perbedaan Pekerjaan Keduanya

Setelah mengetahui pengertian keduanya, sekarang kita bahas apa sih perbedaan dari keduanya?

Secara sederhana, web designer dapat di ibaratkan sebagai seorang arsitek dan web developer merupakan pekerja konstuksinya.

Keduanya memiliki tugas yang berbeda, tapi sama-sama diperlukan untuk membuat sebuah bangunan dapat berdiri dengan kokoh.

Perbedaan secara spesifik keduanya dapat Anda baca dibawah ini.

1. Tugas dan Tanggung Jawab

Meskipun keduanya dikhususkan untuk pembuatan situs web, developer dan designer memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Jika di ibaratkan sebagai kendaraan, seorang web developer bertugas untuk membuat mesin kendaraan dapat berfungsi dan bekerja secara optimal.

Sedangkan pada saat yang sama, seorang web designer akan bertugas untuk membuat kendaraan tersebut dapat terlihat menarik dengan warna dan design mobil yang keren.

2. Skill yang Harus Dikuasai

Dengan tugas yang berbeda antar keduanya, tentu saja skills yang dibutuhkan juga berbeda. Sebagai web developer haruslah memiliki skills dan pemahaman bahasa pemrograman.

Baca juga: 10 Bahasa Pemrograman Populer Tahun Ini

Skills tersebut mutlak untuk dimiliki, jika Anda tidak memiliki skills ini maka Anda tidak bisa disebut sebagai seorang web developer.

Sedangkan untuk seorang web designer, mereka harus menguasai skill design dan juga UI/UX agar dapat merancang design website yang sesuai kebutuhan dari market.

Namun, sebagai seorang web designer, Anda juga setidaknya paham dasar-dasar HTML agar dapat mengerti bagaimana cara membuat desain website yang baik.

3. Tools yang Digunakan

Dari segi tools yang digunakan, tentu keduanya berbeda. Karena tugas dan tanggung jawabnya juga berbeda.

Setiap web developer juga memiliki tools favoritenya masing-masing untuk membuat sebuah website. Contoh yang banyak digunakan seperti Notepad, Visual Studio Code, sublime text, dll.

Sedangkan dari web designer, biasanya tools yang digunakan cenderung sama saja yaitu Adobe Photoshop, Sketch, UXPin, dan tools lainnya.

Baca juga: Buat Website Bisnis Online dan Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

Penutup

Itulah dia pengertian dan juga perbedaan web developer dan web designer yang perlu Anda ketahu. Jadi, apakah Anda ingin menjadi seorang web developer atau web designer?

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke media sosial Anda agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya, terima kasih.