Perbedaan Online Marketing dan Digital Marketing

Sebagai seorang marketer, sudah seharusnya mengetahui perbedaan antara online marketing dan juga digital marketing. Mengapa hal ini penting untuk diketahui? mari kita simak bersama.

Perbedaan Online dan Digital Marketing

Marketing bisa diibaratkan sebagai ujung tombak sebuah perusahaan. Terutama untuk meningkatkan omset atau penjualan. Sehingga saat ini, keduanya sangat diandalkan para pebisnis.

Ada beberapa jenis atau strategi marketing yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan. Contohnya adalah kegiatan marketing konvensional, Online Marketing dan Digital Marketing.

Banyak orang yang menganggap bahwa Online Marketing dan Digital Marketing adalah dua hal yang sama. Nyatanya, keduanya merupakan dua hal yang berbeda dalam segi arti dan penerapannya.

Baca juga: Perbedaan Bisnis Online dan Internet Marketing

Kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan online dan Digital Marketing yang bisa Anda jadikan referensi untuk membedakan keduanya.

Apa Itu Digital Marketing?

Agar lebih memahami antara perbedaan Online dan Digital Marketing. Anda harus tahu arti dari keduanya. Yang pertama adalah arti dari Digital Marketing.

Digital Marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan berbagai jaringan atau perangkat digital. Sehingga memiliki arti atau cakupan makna yang lebih luas dibandingkan dengan Online Marketing.

Digital Marketing tidak hanya terfokus pada penggunaan jaringan internet secara dari saja. Melainkan, segala hal yang berhubungan dengan segala pemasaran yang menggunakan perangkat digital.

Contohnya adalah sebagai berikut:

Iklan yang ada dalam televisi

Anda pastinya pernah melihat iklan yang ada di televisi di saat Anda sedang menonton sebuah acara.

Seperti yang kita ketahui, bahwa iklan atau adverstising adalah sebuah bagian promosi yang paling banyak digunakan oleh sebuah bisnis atau perusahaan.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Iklan di televisi ini adalah sebuah contoh dari Digital Marketing. Alasannya adalah, iklan tersebut di muat di perangkat digital yakni televisi.

Selain itu, untuk menampilkan iklan tersebut televisi tidak harus tersambung ke dalam jaringan internet.

SMS

SMS juga merupakan salah satu Digital Marketing karena menggunakan media telepon genggam yang merupakan salah satu bagian dari perangkat digital.

Apa Itu Online Marketing?

Jika Anda sudah memahami tentang Digital Marketing. Selanjutnya, kita akan mempelajari mengenai apa itu Online Marketing.

Sehingga nantinya Anda akan mengetahui perbedaan dari keduanya ini.

Online Marketing adalah sebuah jenis pemasaran yang memanfaatkan jaringan internet alias dilakukan secara online.

Baca juga: Tips Sebelum Memulai Bisnis yang Wajib Diketahui

Mengingat perkembangan internet yang sudah semakin cepat, maka Online Marketing atau Internet Marketing ini adalah salah strategi yang sangat lumrah untuk dijadikan sebagai sarana pemasaran.

Contoh Online Marketing:

Sosial Media Marketing

Pemasaran yang menggunakan media sosial adalah salah satu jenis pemasaran yang termasuk dalam kategori Sosial Media Marketing.

Alasannya adalah karena pemasaran tersebut harus menggunakan jaringan internet.

Ada banyak sekali sosial media yang bisa Anda manfaatkan seperti : Youtube, Instagram, Twitter ataupun Facebook.

Teknik SEO dalam sebuah website

Contoh Online Marketing yang selanjutnya adalah memanfaatkan sebuah website. Jika belum punya website, bisa gunakan jasa saya untuk membuat website atau hire IDBlog Media di idblog.net.

Anda hanya perlu memposting sebuah blog secara continue yang berisi informasi mengenai berbagai informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Atau buat halaman penjualan berbentuk toko online, dan jika perusahaan besar maka bisa membuat web company profile.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dan Kegagalan Bisnis Anda

Kesimpulan

Itulah berbagai pembahasan mengenai perbedaan Online dan Digital Marketing.

Melalui penjelasan di atas, Anda pastinya akan memahami bahwa perbedaan dari keduanya sebenarnya terletak pada area cakupan.

Online Marketing merupakan bagian dari Digital Marketing. Sementara, Digital Marketing tidak hanya berisikan Online Marketing saja.

Tanpa internet, Digital Marketing masih bisa berjalan. Namun, tanpa jaringan atau koneksi internet. Online Marketing tidak mungkin bisa berjalan.

2 pemikiran pada “Perbedaan Online Marketing dan Digital Marketing”

Tinggalkan komentar