Peran Social Media Marketing dalam Peningkatan Bisnis, Pentingkah?

Peran Social Media Marketing – Berdasarkan data yang dirilis oleh Wearesosial Hootsuite pada Januari 2019, jumlah pengguna media sosial di Indonesia adalah 150 juta jiwa.

Follow Instagram: abdulmuhajir

Jumlah tersebut melebihi 50% dari total populasi penduduk di Indonesia. Itu berarti lebih dari separuh masyarakat Indonesia telah menggunakan media sosial. Mulai dari desa hingga kota menggunakan sosmed.

Di tahun yang semakin menuju ke ranah yang serba digital ini. Tentunya jumlah pengguna media sosial akan semakin meningkat. Generasi muda di masa datang pun lebih memahami dunia digital.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Social Media Marketing

Hampir setiap smartphone pasti setidaknya terdapat sebuah aplikasi media sosial yang terinstal. Selain sebagai hiburan untuk penggunanya, media sosial ini juga dimanfaatkan oleh para pebisnis.

Peran Social Media Marketing

Medsos digunakan karena peluang pemasarannya yang begitu luas. Pemanfaatan media sosial sebagai salah satu sarana pemasaran ini sekarang lebih dikenal dengan istilah social media marketing.

Lalu, apa saja peran media sosial dalam peningkatan laju bisnis? Berikut beberapa di antaranya:

1. Sarana Informasi Terbaik

Kebanyakan orang mencari sesuatu yang mereka butuhkan di internet. Mereka akan mengumpulkan informasi dan memilih produk atau jasa mana yang akan mereka gunakan.

Dengan melakukan social media marketing. Peluang produk atau jasa anda ditemukan oleh calon pembeli potensial akan terbuka lebar.

Baca juga: Elemen Penting dalam Social Media Marketing

Itulah salah satu peran social media marketing yaitu menyebarkan informasi. Agar lebih mudah ditemukan, ada baiknya Anda mendaftar di banyak akun media sosial. Seperti Facebook, Twitter atau Instagram.

Selain itu, mendaftar di salah satu platform media sosial tersebut gratis alias tidak dipungut sama sekali. Hal ini tentunya berbeda apabila Anda menggunakan space iklan di baliho besar atau TV.

Selain itu, melalui media sosial Anda dapat mengetahui antusias para audience terhadap konten yang Anda sajikan. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah dilihat, like serta komentar dalam sebuah postingan.

Jangkauan yang luas dan tak terbatas serta murah tersebut membuat media sosial menjadi sarana penyebaran informasi terbaik.

2. Meningkatkan Penjualan

Peran social media marketing sangatlah vital dalam meningkatkan penjualan dan omset usaha yang Anda kelola. Hal ini masih berhubungan dengan poin pertama yaitu sarana penyebaran informasi.

Semakin banyak informasi yang tersebar, maka akan semakin banyak orang yang mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Hal ini akan memengaruhi pola konsumsi mereka. Karena pada umumnya orang cenderung memilih suatu produk yang mereka kenal dibanding yang tidak mereka ketahui.

3. Sarana Melakukan Riset

Dalam sebuah bisnis, riset sangatlah diperlukan untuk menentukan strategi ataupun evaluasi bisnis.

Baca juga: Cara Jitu dalam Social Media Marketing

Riset ini bisa Anda lakukan dengan mengamati konten di media sosial milik pesaing Anda atau secara langsung dengan melakukan polling kepada para Audience.

Riset ini juga sangat membantu Anda untuk mengetahui tingkat ketertarikan atau kecenderungan konsumen terhadap suatu produk.

Penutup

Peran social media marketing sangatlah vital dan penting bagi perkembangan laju bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan pasti memiliki akun sosial media.

Mereka memanfaatkan ini sebagai ajang promosi, interaksi maupun sebagai layanan customer service alias layanan untuk menjawab keingintahuan pelanggan dan juga sarana informasi produk.

Tanpa penerapan social media marketing, bisnis online Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam memasarkan produk dan Anda mungkin tidak bisa menjangkau calon pembeli potensial dengan maksimal.

Sekian, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jika Anda suka dengan apa yang Anda baca ini, silahkan bagikan ke media sosial Anda agar lebih banyak yang mengetahuinya.