Peralatan YouTuber Murah untuk Membuat Video Jadi Lebih Keren

Siapa bilang menjadi YouTuber itu mahal? Anda bisa mulai dengan peralatan YouTuber yang murah dulu kok. Jangan bingung harus mulai dari mana, di sini saya akan bahas apa saja yang Anda butuhkan.

peralatan youtuber murah

Berbicara soal YouTuber, siapa saja bisa melakukan hal ini. Namun, tidak semua bisa berhasil. Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebabnya, seperti jenis konten hingga dengan kualitas videonya.

Kualitas yang saya maksud di sini mulai dari audio, pencahayaan, hasil perekaman yang baik, dan sebagainya. Kualitas tersebut sebenarnya bisa saja di dapatkan meskipun sang YouTuber modal hp saja.

Peralatan YouTuber Murah untuk Pemula

Namun, jika Anda ingin membuat kualitas video yang lebih baik tentu butuh alat yang baik pula. Nah berikut ini beberapa alat yang Anda perlukan untuk lebih serius menjadi seorang YouTuber.

1. Kamera

Perlengkapan pertama yang Anda butuhkan untuk menjadi YouTuber adalah kamera. Dengan memiliki kamera yang beresolusi lebih baik pasti akan menghasilkan rekaman video yang baik pula.

Bagaimana jika belum bisa untuk punya kamera? Jangan khawatir dan tidak perlu menunda impian Anda. Buatlah dengan alat rekam video yang Anda miliki sekarang, yaitu smartphone.

Seperti yang sudah saya singgung di awal, saat ini smartphone keluaran beberapa tahun belakangan sudah sangat canggih dan mumpuni. Bahkan bisa merekam video dengan resolusi yang bagus pula.

Meskipun hasil rekamannya tidak jauh berbeda, hanya saja kamera lebih mumpuni untuk merekam video. Sedangkan smartphone bisa saja mengalami crash, ada telepon, dan lain sebagianya.

BACA JUGA: Gimana Caranya Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang

Tapi jika hanya ada smartphone, sebaiknya manfaatkan itu saja terlebih dahulu. Ketika channel Anda sudah berkembang barulah pikirkan untuk membeli kamera.

2. Tripod

Saat Anda mulai menjadi seorang youtuber, Anda tidak harus memiliki teman yang bergabung dengan Anda dalam membuat video. Anda bisa merekam video Anda sendiri dengan bantuan tripod.

Harga tripod juga bervariasi tergantung jenis, merk, dan sebagainya. Rentan harga tripod berkisar 50 ribu sampai jutaan rupiah.

Bagi Anda yang menggunakan handphone sebagai alat rekam, tidak perlu khawatir karena ada tripod untuk hp juga.

3. Peralatan Audio YouTuber Murah

Suara atau audio dalam video sangat berpengaruh pada kenyamanan penonton. Orang-orang cenderung memilih video dengan kualias audio yang baik ketimbang resolusi videonya.

Itulah mengapa video dengan resolusi rendah tapi kualitas audio baik tetap mendapatkan penonton. Namun, apabila Anda ingin menjadi YouTuber Gaming, kualitas video dan audio tidak bisa terpisahkan.

Bagi Anda yang belum bisa memberikan resolusi video yang baik, setidaknya audionya jelas dulu. Nah agar Anda tidak salah pilih, ketahui dulu 3 jenis mikrofon yang paling sering digunakan berikut ini:

  • Lavalier Microphone, tipe yang satu ini lebih sering di gunakan oleh presenter TV dengan di lekatkan pada baju atau kerah pakaian.
  • Shotgun Microphone, jenis yang satu ini biasanya terpasang langsung ke kamera yang digunakan untuk merekam video.
  • Condenser Microphone, jenis satu ini memiliki kualitas suara yang sangat bagus karena memang lebih sering di gunakan pada studio rekaman.

Bagi Anda yang menggunakan handphone untuk merekam sebaiknya menggunakan mikrofon tipe 1 yang disebut mikrofon Lavalier. Karena kualitas suara keluaran akan lebih baik.

4. Laptop atau Komputer

Peralatan YouTuber yang dibutuhkan selanjutnya adalah Laptop atau PC. Sebaiknya Anda harus memiliki laptop atau komputer untuk mengedit, mengupload video, dll.

BACA JUGA: Mau Menjadi Youtubers? Coba Kategori Populer Ini

Jika teman-teman memiliki anggaran yang minim maka cobalah untuk membeli laptop seken, yang penting masih lancar dan dapat digunakan. Perhatikan juga spesifikasinya, jangan terlalu rendah.

Pilihlah yang dapat menjalankan software editing setidaknya seperti Movavi Video Editor, ShotCut, dan sebagainya. Klik tombol di bawah untuk melihat-lihat peralatan youtuber dengan harga yang murah.

5. Peralatan Lighting YouTuber

Salah satu fungsi lighting adalah menciptakan suasana di video. Dengan konfigurasi lighting, Anda bisa menciptakan suasana berbeda yang diciptakan dengan dukungan cahaya.

Misalnya, jika suasana menyedihkan, pencahayaannya sedikit lebih gelap.

Jika ceria, Anda bisa membeli ring light agar video Anda juga tidak hanya ruangan gelap saja. Silahkan beli lighting murah di bawah ini.

Jika Anda tidak memiliki penerangan, cobalah duduk di depan jendela kamar Anda, letakkan kamera di jendela dan mulailah membuat video. Waktu yang bagus antara jam 10-3 sore.

Perlengkapan Pendukung Menjadi YouTuber

Selain beberapa peralatan youtuber yang murah meriah berbentuk fisik, sekarang waktunya menyiapkan alat non-fisiknya. Ada 2 hal yang perlu Anda siapkan yaitu sebagai berikut:

1. Software Editing

Setiap video yang ingin Anda unggah ke YouTube harus melalui tahap pengeditan terlebih dahulu, seperti memberikan intro, menambahkan musik, dan efek lainnya.

Jadi suka atau tidak suka, teman-teman harus belajar cara mengedit video ya, walaupun hanya sedikit mengedit.

Ada banyak peralatan atau software editing untuk YouTuber mulai dari yang gratis, murah, hingga harga lisensi yang cukup mahal.

Contohnya iMovie, Adobe Premier, Camtasia, Movavi Video Editor dan lainnya. Semua ini mudah diterapkan dalam pengeditan, yang membuatnya sangat cocok untuk pemula.

Jika Anda hanya menggunakan smartphone, ada banyak sekali aplikasi video editing Andaroid yang bisa Anda gunakan secara gratis.

2. Internet

Internet dibutuhkan untuk mengupload pekerjaan Anda ke YouTube. Sebaiknya instal internet dirumah seperti wifi atau bisa juga sih pakai wifi dari HP.

Namun, jika Anda pasang wifi tentunya lebih hemat dan batasan kuotanya juga lebih besar ketimbang beli paket internet. Kecepatan upload video juga dipengaruhi oleh kecepatan internet.

Penutup

Itulah dia beberapa peralatan youtuber yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Anda pun tidak perlu membeli sekaligus alat-alat tersebut, beli satu persatu juga tidak ada masalah.

Leave a Reply