Pengertian Waralaba dan Jenisnya

Pengertian Waralaba dan Jenisnya – Jika Anda berada dalam dunia bisnis pasti sudah tidak asing dengan kata Waralaba ini. Tapi apakah Anda tahu apa artinya? Jika belum simak artikel berikut ini.

pengertian waralaba

Mungkin Anda juga tidak asing atau sering mendengar kata franchise. Ya, franchise adalah kata lain untuk waralaba yang berasal dari bahasa Prancis yang berarti hak atau kebebasan.

Pengertian Waralaba dan Jenisnya

Apa Pengertian dari Waralaba?

Mengutip dari Wikipedia, waralaba adalah adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

Menurut hukum Indonesia, waralaba adalah perjanjian di mana salah satu pihak memiliki hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau pertemuan karakteristik bisnis pihak lain dengan imbalan biaya berdasarkan kondisi yang ditetapkan oleh pihak lain dalam konteks penyediaan dan/atau penjualan barang dan jasa.

Baca juga: Buat Website Bisnis Online dan Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

Sementara itu, menurut Asosiasi Franchise Indonesia, pengertian waralaba adalah sistem untuk mendistribusikan barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (Pewaralaba) yang memberikan hak bagi individu atau perusahaan untuk melakukan bisnis dengan merek, nama, peraturan, prosedur, dan bentuk yang telah ditentukan sebelumnya.

Istilah-Istilah dalam Waralaba

Seperti yang saya sebutkan diawal-awal, bahwa waralaba berasal dari bahasa Prancis yaitu Franchise dan dalam bahasa Inggris disebut Franchising.

Dalam bisnis franchise ada pihak-pihak yang berinteraksi didalamnya, yaitu sebagai berikut.

Franchisor atau pemberi waralaba adalah entitas komersial atau individu dengan konsep, merek, dan produk.

Baca juga: Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga

Franchisor dapat memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan, atau karakteristik bisnis mereka.

Franchise adalah badan usaha atau orang yang memiliki hak untuk menghasilkan konsep franchisor di mana waralaba terkait dengan kontrak atau perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Penerima waralaba atau Franchise wajib untuk menghormati dan berkomitmen untuk setiap konsep, spesifikasi, dan peraturan yang telah diberikan oleh pihak Franchisor.

Jenis-Jenis Waralaba

Waralaba sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

Waralaba Luar Negeri

Karena sistemnya jelas, jenis waralaba ini adalah yang paling umum dan banyak diminat. Selain itu, merek dagang produk-produk dari waralaba ini dikenal dan diterima oleh masyarakat umum (internasional) dan bahkan memiliki prestise tersendiri.

Waralaba Dalam Negeri

Jenis waralaba ini juga merupakan opsi investasi yang baik untuk calon waralaba yang ingin menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan maupun kemampuan untuk mengelola strategi bisnis.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Bisnis Dan Manfaatnya

Oleh karena itu, pemegang waralaba akan menyediakan segalanya, dan franchise tersebut hanya menyiapkan dana dan beberapa hal yang diperlukan sebagaimana yang dibutuhkan.

Penutup

Itulah tadi pembahasan seputar pengertian apa itu waralaba, istilah atau pihak-pihak yang ada didalam waralaba, dan juga jenis-jenis waralaba.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, kerabat, dan keluarga Anda agar lebih bermanfaat lagi, terima kasih.

Tinggalkan komentar