Pengertian Internet dan Manfaatnya

Pengertian Internet dan Manfaatnya – Sudah dipastikan rata rata orang didunia tidak bisa lepas dari namanya internet. Setiap hari bahkan setiap detik orang di dunia pasti menggunakan jaringan internet.

Dengan semakin majunya teknologi sekarang internet dapat digunakan sebagai media berbagai informasi, belajar, bekerja, berjualan dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi apakah Anda sudah mengetahui apa pengertian dari internet nternet dan apa saja manfaatnya? Jika belum, berikut ini ulasan singkatnya.

Internet merupakan singkatan kata dari Interconection Network atau Interconected Network. Yaitu jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain antara komputer satu dengan komputer yang lain diseluruh dunia.

Sehingga memungkinkan untuk berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi data dan lain sebagainya. Internet merupakan dunia yang tidak terbatas. Artinya, Orang mempunya hak akses yang sama di internet.

Oleh sebab itu internet merupakan dunia yang bebas dan legal untuk di akses oleh semua orang tanpa harus terikat pada peraturan negara tertentu.

Selain itu tidak ada batasan wilayah teritorial negara tertentu untuk bisa mengakses internet.

Baca : Cara Dapat Uang di Internet

Tinggal bagaimana individu memanfaatkan fungsi internet ini mau digunakan dalam kebaikan atau di buat kejalan yang salah.

Internet merupakan salah satu yang memicu terjadinya Globalisasi di dunia karena dengan adanya internet menghilangkan batas-batas dunia.

Internet memungkinkan siapa saja untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia manapun.

Internet telah membuat orang yang satu dengan orang  yang lain dapat berkomunikasi walaupun terpisah jarak yang sangat jauh. Artinya tanpa ada batasan wilayah, waktu dan hukum birokrasi dari suatu negara.

Pengertian Internet Dan Manfaatnya

Mencari Informasi Atau Berita

Seseorang memang menggunakan internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Dengan adanya internet setiap orang dapat memperoleh informasi yang lengkap dan terperinci.

Bahkan seiring perkembangan zaman banyak orang yang mengupload cerita, berita,atau tentang apapun kedalam internet. Misalkan saja dengan kegiatan yang sedang saya lakukan dengan membagi informasi dengan cara ngeblog.

Berkirim Surat (Email)

Berbeda dengan zaman dahulu sangat susah dalam berkirim surat butuh waktu berhari hari dalam pengirimannya. Selain itu, juga memerlukan biaya yang cukup mahal pada saat itu.

Bandingkan dengan sekarang, Kita bisa berkirim surat elektronik hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Pengiriman pesannya pun tidak memakan waktu lama bahkan tidak sampai 10detik pesan telah terkirim ke email penerima. Walaupun terpisah jarak yang berjauhan, pesan akan terkirim secara cepat tanpa ada kesulitan yang berarti.

Berbelanja Online (e-Commerce)

e-Commerce adalah perdangan yang dilakukan secara online dengan hanya mengunakan jaringan internet. Memungkinkan orang yang berbeda pulau untuk membeli barang dari luar kota bahkan negara hanya dengan sebuah jaringan.

Di indonesia sudah banyak situs E-Commerce yang terkenal seperti Lazada , Zalora , Rakuten dan masih banyak lainnya.

Internet Banking

Internet Banking adalah aktifitas perbankan yang dapat dilakukan dari mana saja asalkan ada jaringan internet. Hal inilah yang paling bermanfaat bagi saya yang memiliki bisnis di internet karena kita tidak perlu lagi pergi ke ATM atau Bank untuk melakukan transfer.

Hanya dengan menggunakan Token dan jaringan internet kita sudah bisa melakukan transfer, membeli pulsa, berbelanja Online, dan banyak lagi lainnya.

Sedang keuntungan dari bank itu sendiri adalah dapat mengurangi biaya operasional. Di indonesia rata-rata bank besar sudah memiliki fasilitas Internet Banking.

Chatting

Chatting adalah kegiatan saling berkirim pesan atau pola berbicara didalam dunia maya atau internet. Jika telepon menggunakan Suara untuk berkomunikasi, di internet bahkan bisa lebih dari itu.

Misalkan saja kita menggunakan skype untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di luar pulau atau negara. Berkirim pesan melalui aplikasi chatting dan sebagainya.

Bukan hanya dengan mengirim pesan bahkan kita dapat mengobrol dan saling bertatap wajah dengan hanya menggunakan fasilitas internet.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan kegunaan dari jaringan internet ini tapi saya tidak dapat menyebutkan semuanya karena terlalu banyak kegunaan dari internet ini.

Baiklah itu saja ya dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dalam artikel ini bisa mengisi kolom komentar dibawah dengan kata kata yang baik dan sopan. Terima Kasih