Peluang Usaha di Bulan Ramadan dengan Modal yang Sedikit

Peluang Usaha di Bulan Ramadan – Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda lakukan dibulan ini. Bukan hal yang tidak mungkin untuk menambah uang THR sambil meningkatkan skill dibidang entrepreneur.

Jika berbicara soal modal, tenang saja, tidak sebesar yang Anda bayangkan. Anda bahkan dapat melakukan bisnis ini dari rumah. Apakah Anda ingin tahu peluang usaha apa saja itu?

Saya telah merangkum beberapa peluang usaha atau bisnis yang tidak membutuhkan modal besar dan mudah untuk dilakukan di bulan yang penuh berkah ini.

Peluang Usaha di Bulan Ramadan

1. Jasa Pembuatan Kartu Ucapan Lebaran

Di era digital ini, kebanyakan orang mengucapkan selamat hanya dengan pesan digital. Namun, masih ada orang yang mencari kartu ucapan dalam bentuk fisik.

Di sinilah Anda memiliki kesempatan untuk memulai bisnis Anda. Terlebih lagi jika Anda memiliki bakat menggambar, design dan memiliki kreativitas yang tinggi. Anda bisa manfaatkan itu!

Buat kartu ucapan lengkap dengan amplop dan design yang unik. Ingatlah bahwa semakin berbeda dan unik karya Anda, semakin banyak orang yang meliriknya.

Baca juga: Peluang Usaha Baru dengan Modal Sedikit

Untuk promosi, Anda tidak perlu repot. Anda hanya perlu mengambil gambar design kartu Anda dan mencoba mempresentasikannya di Instagram atau akun media sosial Anda.

2. Peluang Usaha Kue Hari Raya

Ramadhan baru saja dimulai, dan Idul Fitri masih kurang lebih satu bulan lagi. Namun, Anda dapat memulai bisnis ini sekarang juga.

Untuk memulai, Anda dapat melakukan tes pasar terlebih dahulu. Kue seperti apa yang menjadi trend? Kemasan yang seperti apa yang diminati pembeli dan sebagainya.

Selanjutnya, hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah menarik pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat mengukur berapa banyak kue yang harus Anda buat.

Saya merekomendasikan agar Anda menawarkan kue Anda ke orang-orang terdekat seperti teman kantor, tetangga, dan keluarga. Promosi dari mulut ke mulut juga bisa sangat berguna.

Dengan seperti itu, orang-orang yang sudah pernah mencoba kue Anda bisa saja merekomendasikan Anda melalui media sosial mereka, ke keluarga mereka, dan sebagainya.

3. Memulai Bisnis Minuman

Sirup adalah minuman favorit saat sedang bulan Ramadan. Terlebih lagi jika sirup tersebut ditambahkan es, pasti sangat segar.

Berpuasa sambil bekerja dan dicuaca yang terik tentu saja akan sangat menggoda untuk berbuka dengan yang dingin-dingin seperti es sirup.

Namun, karena pola hidup masyarakat yang mulai meningkat, kebanyakan orang tidak berani untuk meminum minuman sejenis sirup karena khawatir mengandung gula buatan.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Kecil Untuk Pemula

Dengan alasan tersebut, Anda dapat menjadi peluang usaha ini untuk membuat sirup dengan menggunakan gula asli lalu kemudian Anda bungkus.

Anda juga tidak perlu khawatir jika tidak bisa membuatnya, Anda bisa mulai mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya melalui google atau youtube.

4. Peluang Usaha Bumbu Dasar Masakan Lebaran

Jika pada biasanya orang-orang mencicipi masakan mereka saat memasak, tapi saat bulan Ramadan mereka tidak dapat melakukan hal tersebut karena sedang berpuasa.

Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang usaha di bulan Ramadan. Anda dapat membantu orang memasak dengan menjual bumbu-bumbu dasar.

Tentu saja bumbu yang segar yang telah Anda siapkan dan dapat disimpan di lemari es agar dapat digunakan kapan saja.

Misalnya, Anda bisa menjual bumbu bawang, soto, atau kari. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang takaran bumbu agar proses memasak lebih mudah dan tidak perlu mencobanya.

5. Menjual Buku Agenda Bertema Ramadan

Membuat daftar kegiatan selama bulan Ramadhan benar-benar membantu Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan mengaturnya agar tidak mengganggu waktu ibadah.

Seperti yang kita ketahui bahwa di bulan Ramadan ini orang-orang berlomba untuk menggandakan ibadah agar mendapatkan berkah dan pahala yang berlimpah.

Ada juga kegiatan tambahan seperti buka bersama. Semakin luas jaringan pertemanan Anda, maka agenda untuk buka bersama juga semakin banyak.

Ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda yang kreatif dan memiliki interest ke design. Anda bisa manfaatkan momen ini untuk menjual buku agenda dengan tema Ramadan.

6. Menjual Paket Diet untuk Berbuka Puasa

Peluang usaha di bulan Ramadan yang satu ini tidak banyak yang melakukannya, karena mungkin mereka memiliki kesibukan sendiri.

Hal ini merupakan sebuah peluang bisnis atau usaha yang sangat baik dan bisa Anda jalankan. Karena orang-orang yang diet dibulan Ramadan biasanya justru berat badannya naik.

Baca juga: Peluang Bisnis Emak-emak yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Bagaimana tidak, pada saat sahur dan berbuka makannya banyak, yang dimakan juga gizinya tinggi sehingga bukannya menjaga berat badan justru menambahnya.

Bukan hanya soal diet, peluang usaha satu ini juga dicari oleh orang-orang yang menderita diabeter, ibu hamil dan menyusui, karena mereka membutuhkan gizi yang seimbang.

Sedangkan yang kita tahu, saat berbuka puasa biasanya disajikan yang manis-manis dan dalam sekali makan bisa dua piring.

7. Membuka Bazar Sahur

Jika pasar Ramadhan biasanya hanya hadir di sore hari, Anda bisa mencoba membuka pasar makanan saat sahur. Harganya jelas lebih murah daripada restoran yang buka 24 jam sehari.

Yang menjadikannya sebagai peluang usaha di bulan Ramadan adalah banyak orang yang malas masak, tidak nafsu makan, dll. Sehingga lebih memilih untuk membeli diluar.

Terlebih lagi jika Anda menjual di tempat-tempat yang ramai seperti kampus, dekat kos-kosan mahasiswa dan pensiun, itu harusnya bisa laris manis.

Penutup

Itulah dia beberapa peluang usaha di bulan Ramadan yang bisa Anda jalankan dan pastinya menguntungkan.

Jadi, mana yang jadi mana bisnis atau peluang usaha yang menarik perhatian Anda untuk memulainya? Jawab di kolom komentar ya!