Peluang Usaha di Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Peluang Usaha di Bidang Kuliner – Dalam menjalankan sebuah bisnis memang tidak bisa hanya dengan satu kali percobaan. Anda harus tetap mencari peluang dan ide bisnis lain.

Kenapa? Karena dalam menjalankan bisnis ada yang namanya berhasil dan juga gagal. Ketika Anda gagal, apakah Anda hanya diam dan meratapi kegagalan tersebut?

Tentu saja tidak, Anda harus bangkit dan mencari peluang usaha dan ide-ide bisnis lainnya untuk Anda coba dan jalankan kembali. Salah satu bisnis yang bisa Anda coba adalah kuliner.

Baca juga: Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Anda tidak perlu pusing mencari peluang usaha apa yang bisa Anda jalankan di bidang ini. Karena saya telah merangkum beberapa peluang usaha di bidang kuliner yang bisa Anda jalankan.

Peluang Usaha di Bidang Kuliner

Peluang Usaha di Bidang Kuliner

Bidang kuliner menjadi salah satu peluang usaha atau ide bisnis yang banyak diminat saat ini. Ada banyak alasan mengapa bisnis ini menarik.

Selain karena bisnis ini tergolong tidak terlalu sulit untuk dijalankan, bisnis ini juga cukup menjanjikan dan pastinya dibutuhkan setiap hari.

1. Usaha Catering

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis catering adalah bisnis yang menjanjikan dan memiliki perkembangan yang pesat.

Bisnis ini juga tidak perlu modal yang begitu besar. Anda bisa manfaatkan fasilitas dapur dan ruangan yang ada dirumah Anda untuk memulainya.

Terlebih lagi, kita akan menjumpai bulan suci Ramadhan dalam beberapa puluh hari kedepan. Bisnis catering Anda bisa saja kebanjiran order untuk menu sahur dan berbuka puasa.

Costumer bisa darimana saja, bisa dari perusahaan, komunitas, atau orang-orang yang butuh menu berkuka atau sahur tapi tidak sempat untuk memasak. Tentu ini peluang yang besar.

Catering Makanan Sehat

Saat ini, orang-orang sudah mulai aware dengan kesehatan. Sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk jenis makanan yang sehat-sehat saja. Anda bisa manfaat ini untuk bisnis.

Baca juga: Peluang Usaha Baru dengan Modal Minim

Anda bisa menjajakan beragam menu, contohnya seperti menu diet karbo, menu diet rendah lemak, dan lain sebagainya. Anda juga bisa konsultasikan dengan ahli gizi untuk hal ini.

Mengapa? agar Anda bisa memberikan makanan yang sehat. Namun, tetap sesuai dengan kebutuhan gizi yang dibutuhkan setiap harinya.

2. Peluang Usaha di Bidang Kuliner Pembuatan Camilan

Camilan atau lebih sering disebut dengan makanan ringan ini memiliki banyak sekali peminat. Sehingga bisnis camilan juga bisa dibilang sangat menguntungkan.

Saat ini sudah ada banyak sekali ragam jenis camilan yang ada diluaran sana. Beberapa contoh camilan yang sedang eksis dengan embel-embel keninian saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Bakso Goreng
  2. Martabak aneka topping
  3. Keripik pisang coklat
  4. dan lain sebagainya

Sama halnya seperti catering, Anda juga bisa mencoba peluang usaha di bidang kuliner ini dengan menjajakan camilan sehat. Peminatnya juga sangat banyak saat ini.

Karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa orang-orang sudah mulai aware soal kesehatan. Beberapa contoh camilan sehat yang bisa Anda jajakan adalah sebagai berikut:

  1. Kacang Almond
  2. Granola
  3. Keripik pisang
  4. dan lain sebagainya.

Untuk urusan modal, bisnis camilan ini juga tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Walaupun modal Anda terbatas, tapi keuntungan Anda tidak ada batasnya.

3. Peluang Usaha Bisnis Kopi Keninian

Walaupun banyak orang yang tidak gemar meminum kopi, tapi lebih banyak lagi orang yang sangat senang dengan kopi. Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “Ngopi ngapa ngopi”.

Kopi sudah menjadi seperti minuman wajib saat berkumpul baik bersama teman hingga keluarga. Hal tersebut membuat peluang usaha dibidang kopi kekinian ini sangat besar.

Untuk memulai bisnis kopi keninian ini terbilang sedikit tricky. Bukan hanya untuk soal rasa kopi yang enak saja, melainkan bagaiaman cara Anda memasarkan kopi kekinian ini.

Seperti namanya, kopi kekinian, jadi targetnya adalah anak-anak muda yang kekinian. Strategi pemasaran baik offline ataupun online sangat berdampak besar untuk kesuksesan bisnis ini.

Baca juga: Tips Memulai Usaha untuk Pemula

Jadi tantangannya disini adalah bagaimana cara Anda bisa menarik perhatian anak-anak kekinian ini untuk membeli kopi Anda. Ada beragam cara yang bisa menarik perhatian seperti;

  1. Nama yang unik.
  2. Brand yang mudah di ingat.
  3. Ada suatu hal menarik di cup coffeenya (caption, quotes, puisi).
  4. dan lain sebagainya.

Untuk soal resep kopinya, Anda bisa mencarinya di google, youtube ataupun media sosial. Anda juga bisa memulai berbisnis kopi ini dengan sistem waralaba.

4. All You Can Eat Terjangkau

Tidak hanya dari segi variasi makanan yang semakin beragam, jenis restoran juga bisa menjadi peluang bisnis atau usaha tersendiri.

Salah satu jenis restoran yang telah menjadi populer sepanjang tahun kemarin dan diperkirakan akan terus bersinar di tahun ini adalah All You Can Eat.

Di sini pengunjung dapat makan semua hidangan yang tersedia. Secara umum, restoran ini menawarkan berbagai jenis daging sapi dan ayam.

Dalam segi penyajian makanananya, konsumen bebas memasak makanan mereka sendiri baik dengan memanggangnya atau merebusnya dalam sup yang disediakan oleh penyedia restoran.

Tren bisnis ini menjadi populer dan akan terus berlanjut pada tahun ini. Karena konsumen saat ini cenderung senang karena memiliki berbagai hidangan di satu tempat.

Untuk bisa menarik pelanggan, Anda bisa membuat desain restoran Anda lebih menarik perhatian lagi atau lebih instagramable. Anda bisa buat desainnya seperti negara jepang atau korea.

5. Peluang Usaha di Bidang Kuliner Ayam Geprek

Hidangan ayam geprek awalnya berasal dari warung makan sederhana di Yogyakarta. Menu ayam geprek ini terbilang sangat sederhana dari segi pengolahan dan penyajiannya.

Menu ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau sehingga Anda bisa menargetkan mahasiswa ataupun anak-anak kost.

Baca juga: Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Anda hanya perlu membuat ayam goreng tepung dan juga sambal bawang. Kemudian dua bahan tersebut di geprek bersamaan dan jadilah satu porsi ayam geprek yang siap saji.

Yang membedakan Anda dengan ayam geprek lainnya adalah dari segi sambalnya. Jika sambal Anda enak, dijamin bisnis ayam geprek Anda bisa menghasilkan omset yang besar.

Anda juga pasti sudah tahu bahwa artis Ruben Onsu saja memiliki usaha ayam gepreknya sendiri. Hingga saat ini usaha tersebut telah memiliki banyak cabang dimana-mana.

Penutup

Itulah dia beberapa peluang usaha di bidang kuliner yang terbilang cukup mudah untuk dijalankan. Anda bisa tentukan pilihan Anda dengan modal dan juga minat Anda.

Jika Anda suka dan terbantu dengan artikel ini, silahkan di share ke teman atau keluarga Anda agar bisa memberi manfaat yang lebih banyak lagi, terima kasih.

Tinggalkan komentar