Peluang Usaha Agribisnis Modal Kecil untuk Skala Rumahan

Peluang Usaha Agribisnis – Setiap orang pasti memimpikan memiliki bisnis mereka sendiri. Tetapi karena keterbatasan biaya dan juga lahan, akhirnya mimpi tersebut terkubur dalam angan-angan saja.

Peluang Usaha Agribisnis

Namun, jangan berkecil hati. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah, salah satunya adalah di bidang agribisnis. Cukup manfaatkan lahan di sekitar rumah saja.

Semenjak masa-masa pandemi, banyak sekali orang yang kembali menggeluti bidang agribisnis untuk mendapatkan penghasilan. Omset yang dihasilkan pun tidak main-main, bisa ratusan juta.

BACA JUGA: Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Tahun Ini

Dengan menekuni bisnis ini secara serius, sangat memungkinkan untuk Anda menghasilkan keuntungan yang besar. Selain persaingan yang tidak terlalu tinggi, target pasarnya sangat besar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba peluang usaha agribisnis ini, simak dulu penjelasan apa itu agribisnis berikut ini

Pengertian Apa itu Agribisnis

Mengutip dari Wikipedia, Agribisnis adalah sebuah bisnis yang berbasis pada usaha pertanian ataupun bidang lain yang mendukungnya, baik dari sektor hulu maupun hilir.

Artinya bekerja pada rantai sektor pangan atau food supply chain. Dengan kata lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan.

BACA JUGA: Peluang Usaha di Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Agribisnis memiliki banyak fungsi yang tersusun menjadi suatu sistem yang terdiri dari beberapa subsistem, berikut diantaranya:

  • Kegiatan pengadaan dan penyaluran sarana produksi
  • Kegiatan Budidaya (Produksi primer)
  • Pengolahan (Agroindustri)
  • Pemasaran

Peluang Usaha Agribisnis Rumahan

Setelah Anda mengetahui pengertian apa itu agribisnis, sekarang lanjut apa saja sih peluang usaha dari bidang ini yang bisa Anda kerjakan dari rumah? Berikut diantaranya:

1. Bisnis Tanaman Hias

Belakangan ini pamor tanaman hias kembali naik setelah terjadinya pandemi yang berbulan-bulan. Hal ini juga tak lepas dari rasa bosan seseorang yang melakukan work from home atau karantina.

Akibatnya banyak sekali orang yang kembali berlomba-lomba untuk memelihara dan mempercantik rumah mereka. Salah satunya adalah dengan tanaman-tanaman hijau yang menyegarkan.

BACA JUGA: Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan Tahun Ini

Anda bisa manfaatkan moment ini untuk menghasilkan uang dari berbisnis tanaman hias. Tapi perlu diketahui bahwa Anda juga harus membekali diri Anda dengan ilmu seputar bercocok tanam.

Peluang usaha agribisnis ini juga bisa dimulai dari modal yang tidak terlalu besar, tapi itu juga tergantung dari jenis bunga yang ingin Anda tanam.

2. Peluang Usaha Agribisnis: Sayuran Organik

Seiring dengan gaya hidup masyarakat yang lebih aware soal kesehatan, membuat permintaan pada buah dan sayuran organik juga meningkat. Anda bisa manfaatkan ini sebagai peluang usaha.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan lahan yang tersedia di sekitar Anda, misalnya saja halaman belakang.

BACA JUGA: 20 Tips Menjadi Pengusaha yang Sukses untuk Pemula

Jenis-jenis tanaman organik yang dapat Anda tanam juga beragam, contohnya seperti kangkung, cabai, sawi, selada, dan sebagainya.

Untuk lebih menarik lagi, Anda bisa menjualkan per kemasan. Artinya dalam setiap kemasan ada beberapa pilihan sayuran yang sudah di potong-potong dan siap untuk di masak.

3. Menjual Buah Organik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa orang-orang sudah aware soal kesehatan. Selain sayur, Anda juga bisa menjual buah-buahan tapi lebih spesifik lagi yaitu buah-buahan organik.

Buah-buahan organik merupakan buah yang saat proses panennya tidak menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Yang perlu Anda lakukan adalah membeli bibit tanaman atau buah yang ingin Anda tanam seperti jeruk, pisang, hingga buah naga.

4. Peluang Agribisnis Tanaman Obat

Salah satu peluang usaha agrobisnis yang dapat Anda lakukan dari rumah berikutnya adalah dengan menanam tanaman obat. Budidaya yang satu ini belum banyak di jalankan oleh orang-orang.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Tanaman obat sangat banyak dicari untuk berbagai kebutuhan mulai dari bahan untuk obat tradisional hingga dengan bahan untuk kosmetik.

Beberapa komoditas tanaman obat yang banyak dicari seperti jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki ilmu dalam mengolah tanaman obat ini, Anda bisa menjualnya dengan bentuk olahan seperti jamu dan sebagianya. Dengan begitu harganya juga bisa lebih tinggi.

5. Menjual Bibit Tanaman

Semakin banyak orang yang berminat dalam bidang agribisnis, artinya kebutuhan akan bibit tanaman juga akan meningkat. Disinilah peluang Anda menghasilkan uang dari menjual bibit.

Walaupun bisnis ini cukup menjanjikan, tapi Anda tidak bisa melakukannya tanpa ilmu yang mumpuni. Anda harus tahu bagaimana cara untuk menghasilkan bibit yang baik dan unggul.

BACA JUGA: Cara Mengubah Hobi Jadi Bisnis yang Menguntungkan

Penjualan bibit tanaman juga sangat sederhan, Anda dapat mengemanya dalam plastik kecil saja. Setelah itu melakukan promosi atau penjualan dengan media sosial ataupun landing page.

Penutup

Dengan agribisnis, Anda juga telah membantu Indonesia untuk mewujudkan swasembada pangan dan memajukan sektor pertanian.

Itulah dia beberapa peluang usaha agribisnis yang dapat Anda jalankan dari rumah. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya dan memulai bisnis rumahan mereka.

Leave a Reply