Mengubah Passion Menjadi Duit, Mengapa Tidak?

Mengubah Passion Menjadi Duit – Bagi anak-anak milenial, bekerja bukan hanya sekadar memiliki kantor atau gaji yang cukup. Tapi passion atau minat juga terlibat andil di dalamnya.

Namun, tidak semua orang dapat menemukan pekerjaan impian atau yang sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini tak jarang membuat mereka cepat bosan dalam pekerjaan.

Hal tersebut sebenarnya dapat Anda atasi dengan merubah pola pikir atau mindset Anda. Ingat, mungkin saat ini Anda adalah orang-orang yang beruntung diantara orang-orang yang sedang menganggur.

Walaupun Anda bekerja secara formal, Anda tetap bisa jadikan passion Anda sebagai bisnis sampingan saja. Sehingga Anda tidak perlu mempertaruhkan masa depan Anda dengan resign.

Tips Mengubah Passion Menjadi Duit

Bagi Anda yang memang benar-benar berani dan serius untuk mengambil resiko tersebut. Berikut ini, beberapa tips untuk mengubah passion menjadi sumber penghasilan Anda.

1. Mulai Mengembangkan Passion

Tidak ada yang instant, semua hal butuh proses. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari passion Anda, mulai saat ini Anda harus bisa serius dan yakin dengan passion Anda.

Anda sudah mengorbankan masa depan Anda dengan tidak bekerja secara formal. Jadi Anda harus yakin dan serius bahwa Anda bisa sukses dengan mengembangkan passion yang Anda miliki.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Jika Anda telah serius dan yakin dengan apa yang Anda lakukan, maka Anda bisa dengan mudah untuk mengembangkannya. Pelajari dengan serius passion Anda sampai Anda menjadi expert dibidangnya.

Anda bisa mengibaratkan passion Anda sebagai seorang gebetan yang sedang Anda incar. Bagaimana Anda bisa mendapatkannya jika Anda saja tidak mau cari tahu apa-apa tentang dia.

Bagaimana Anda bisa mendapatkannya, jika Anda hanya mencarinya saat Anda butuh saja. Anda hanya akan mendapatkan penolakan yang berakhir dengan sakit hati dan kegagalan.

2. Menemukan Sumber Penghasilannya

Setelah Anda menguasai passion Anda atau telah menjadi seorang expert. Sekarang saatnya Anda untuk menemukan sumber penghasilan dari passion yang Anda miliki. Caranya bagaimana?

Temukan client pertama Anda!

Sejatinya orang-orang mencari sesuatu yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, sesuatu yang membantu mereka, sesuatu yang dapat membuat hidup mereka menjadi lebih mudah.

Jadi, apa passion Anda? Contoh, jika Anda memiliki passion dibidang desain grafis, Anda bisa menghasilkan uang dari membuka jasa pembuatan desain seperti logo, desain baju, dan sebagainya.

Baca juga: Aplikasi Desain Grafis Android dan PC

Bagaimana cara mudah untuk menemukan client pertama Anda?

Manfaatkan media sosial. Sekadar informasi, saya memulai bisnis jasa pembuatan website saya dengan cara melakukan prospek ke akun-akun toko online di medsos seperti IG dan Twitter.

Saya chat mereka melalui WhatsApp ataupun DM dan menawarkan mereka untuk memiliki website bisnisnya sendiri. Dari sekitar 30 orang, saya mendapatkan cukup banyak client.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa Anda di situs freelancer seperti Projects.co.id. Disana ada ribuan job yang bisa Anda kerjakan seperti desain grafis, web development, dan sebagainya.

3. Temukan Target Marketnya

Selanjutnya, Anda harus bisa menemukan target pasar atau target market dimana orang-orang yang akan mengubah passion Anda menjadi duit. Seperti penjelasan pada point sebelumnya.

Pada point nomor 2, saya menjelaskan bahwa saya menawarkan jasa saya kepada akun-akun olshop. Ya akun-akun olshop saya adalah target market saya. Disitulah peluang saya mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Menjual Jasa

Target market sangat menentukan sebuah kesuksesan Anda. Dengan target market yang salah, Anda akan sangat sulit mendapatkan client. Itu berarti Anda tidak dapat menghasilkan.

Anda juga harus membangun relasi dengan orang-orang yang sesuai dengan passion Anda. Contohnya Anda memiliki passion dibidang fotografi, maka Anda bisa mulai dari bergabung dengan wedding organizer.

Menyiapkan Tempat untuk Menawarkan Jasa Anda

Untuk menjadi seorang passionpreneur dan mulai mengubah passion Anda menjadi duit, jangan pernah ragu apalagi malu untuk memiliki tempat untuk bertemu dengan client Anda.

Bahkan Anda bisa manfaatkan rumah Anda sebagai kantor dan sebagai tempat untuk bertemu client. Jika punya modal yang cukup, Anda juga dapat menyewa ruko yang akan dijadikan kantor.

Jangan pernah ragu atau malu untuk memberitahu orang-orang sekitar Anda bahwa Anda punya bisnis yang bisa bantu mereka lho. Tunjukan juga bahwa Anda bisa membantu apa yang mereka butuhkan.

Lebih mudah lagi, sampaikan tentang bisnis jasa yang Anda miliki melalui medsos seperti facebook, twitter, instagram, youtube, dan sebagainya. Manfaatkan semuanya untuk bisnis Anda.

Berikan Pelayanan yang Terbaik

Langkah ini bisa menjadi faktor penentu dalam mengubah passion menjadi duit. Anda harus bisa memanjakan pelanggan, orang yang membeli produk Anda, atau yang telah menggunakan layanan Anda.

Jika pelanggan Anda mulai datang, sekarang waktunya Anda untuk bisa deliver dengan baik tentang apa yang Anda bisa lakukan untuk mereka dan apa yang Anda janjikan kepada mereka.

Jika skill Anda belum expert, Anda bisa kembangkan dengan melakukan kerjasama dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda untuk bisa memberikan yang terbaik terhadap pelanggan Anda.

Penutup

Itulah dia beberapa tips agar bisa sukses mengubah passion menjadi duit atau sumber penghasilan. Selalu ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian Anda.

Anda hanya butuh kemamuan, berani memulai, dan juga bisa melihat atau bahkan menciptakan peluang bisnis tersebut. So, jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar lebih bermanfaat lagi, terima kasih.