Mendapatkan uang dari YouTube adalah hal yang sedang populer saat ini. Selain hal yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, Anda pun bisa memulai YouTube dengan modal hp saja.

mendapatkan uang dari YouTube

Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube dengan mengikuti program partner YouTube dengan menjadi publisher Adsense. Tapi, apakah bisa monetisasi youtube tanpa adsense?

Jawabannya, ya Anda bisa. Namun jika bisa menyandingkan antara Adsense dan sumber penghasilan lain, kenapa tidak.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Tanpa Adsense

Channel Anda pun sebaiknya sudah memiliki cukup subscriber, views, dan penonton yang loyal. Apabila tidak banyak views, maka potensi mendapatkan uangnya lebih kecil.

Hal ini juga disebabkan karena tidak ada advertiser yang tertarik untuk mempromosikan produk mereka di channel Anda.

Berikut ini beberapa alternatif mendapatkan penghasilan dari youtube tanpa adsense:

1. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada orang lain melalui internet.

Ketika seseorang membeli produk atau menyewa jasa dari link afiliasi Anda, maka Anda mendapatkan komisi sekian persen.

Namun untuk menjalankan bisnis seperti ini tidak begitu mudah, Anda butuh strategi jitu yang dapat membuat orang yang menonton mau membeli produk dari link afiliasi Anda.

Salah satu strategi promosi link affiliate yang jitu adalah dengan membuat video review produk lalu memberikan link pembeliannya pada kolom deskripsi video Anda.

Jika mereka ingi membeli produk yang Anda review, mereka akan klik link afiliasi yang Anda sediakan. Setelah penonton menyelesaikan pembayaran maka Anda dapat komisi.

Untuk membuat konten video review, ada 2 hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan produknya. Pertama mengajukan peminjaman produk dan yang kedua adalah beli sendiri.

2. Mendapatkan Uang dari Menjual Produk Sendiri

Alternatif kedua untuk mendapatkan uang dari youtube tanpa google adsense adalah dengan menjual produk Anda sendiri.

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang memiliki produk, Anda bisa menjualnya melalui YouTube.

BACA JUGA: Peluang Usaha di Bulan Ramadan dengan Modal yang Sedikit

Anda bisa membuat video review ataupun konten yang masih berhubungan dengan produk Anda.

Namun untuk menjual produk yang mereknya tidak dikenal banyak orang bukan perkara yang mudah. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki cukup penggemar setia di YouTube.

Salah satu contohnya adalah Ria Ricis. Ricis adalah seorang YouTuber yang sudah mencapai 10 juta lebih subscriber. Selain dari adsense Ricis juga menjual produknya sendiri.

Beberapa produk yang Ricis miliki mulai dari Hijab, kuliner, dan lain sebagainya. Dan hijab adalah salah satu produk yang paling sering dipromosikan di video YouTubenya.

3. Mendapatkan Uang dari Program Sponsorships

Untuk mendapatkan uang dari YouTube tanpa adsense bukan hanya jual produk sendiri dan afiliasi saja. Ada cara yang lain lagi yang mungkin channel YouTube yang tidak bisa di monetize.

Anda bisa mendapakan penghasilan tanpa monetisasi adsense dengan menjalin kerjasama dengan suatu perusahaan. Biasanya mereka ingin produknya di iklankan ataupun review.

Cara yang satu ini cukup mudah dan menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan. Biasanya juga tidak ada kontrak yang mengikat jadi hanya untuk satu video saja.

Namun, menjalin kerja sama dengan suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pihak perusahaanlah yang akan menentukan kepada siapa mereka akan bekerja.

Perusahan akan melihat beberapa aspek sebelum menjalin kerja sama. Misalnya melihat jumlah views, subscriber, dan bagaimana komentar pada video Anda.

Semakin tinggi semua aspek tersebut, maka semakin besar peluang Anda untuk menjalin kerja sama. Dari sisi perusahaan, mereka juga tidak ingin iklan mereka tidak menghasilkan apa-apa.

Jadi jika channel Anda masih memiliki views rendah dan jumlah subscriber yang sedikit, kecil kemungkinan untuk dilirik oleh advertiser.

Sebaiknya kembangkan dulu channel Anda agar memenuhi kriteria tersebut, lalu advertiser akan datang dengan sendirinya.

Penutup

Untuk mendapatkan uang dari YouTube dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas bukanlah hal yang instan. Butuh waktu dan kerja keras terlebih dulu untuk membangun channel.

Tapi jika berhasil, Anda bisa menggabungkan antara adsense dan juga beberapa alternatif di atas. Dengan begitu, Anda meningkatkan peluang untuk menghasilkan uang lebih banyak.

Tapi secara logika, jika Anda memenuhi beberapa syarat seperti jumlah views dan subscriber, Anda pun pastinya bisa daftar jadi partner YouTube.

Itulah dia 3 cara mendapatkan uang dari YouTube tanpa adsense, semoga dapat bermanfaat. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Write A Comment