Cara Mengatasi Image Size Smaller Than Recommended Size di AMP

Cara Mengatasi Image Size Smaller Than Recommended Size – Jika Anda menggunakan plugin AMPforWP dan menemukan warning atau peringatan seperti ini di google, tidak perlu panik.

Sebenarnya ini hanya peringatan saja karena ukuran minimal untuk AMP adalah 1200px dengan rasio 16:9, 4:3, ataupun 1:1. Anda bisa gunakan ukuran 1280×720, 1200×900, ataupun 1200×1200.

Dulu, saya masih menggunakan cara manual untuk mengatasinya, tapi sungguh merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Saya harus buat thumbnailnya, edit post satu-satu, oh repotnya.

Baca juga: Cara Setting Plugin LiteSpeed Cache di WordPress

Setelah saya mencari kesana-sini, ternyata ada cara yang mudah untuk mengatasi image size smaller than recommended size ini. Anda hanya perlu menambahkan plugin, simak ini.

Cara Mengatasi Image Size Smaller Than Recommended Size diAMP

1. Plugin yang di Butuhkan

Jika saat ini Anda sudah menggunakan plugin Yoast, maka Anda hanya perlu menambahkan satu plugin saja. Jika Anda menggunakan jetpack, Anda tidak perlu install apa-apa.

Plugin yang perlu di install adalah Schema & Structured Data for WP & AMP, plugin ini gratis. Plugin ini akan dengan mudah mengatasi image size smaller than recommended size.

2. Cara Penerapannya

Disini ada 2 cara yang bisa Anda ikuti, baik untuk pengguna jetpack ataupun yoast. Silahkan lihat caranya dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengubah URL Login WordPress

2.1 Untuk Pengguna Jetpack

Bagi Anda yang menggunakan plugin jetpack, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu pergi ke Jetpack > Performance > Enable image performance option dan silahkan matikan fitur ini.

Setelah selesai, selanjutnya silahkan lakukan validasi di search console dan tunggu beberapa hari sampai google selesai merayapi situs Anda.

2.2 Untuk Pengguna Yoast

Jika Anda menggunakan Yoast, Anda perlu install aplikasi yang dibutuhkan tadi yaitu Schema & Structured Data for WP & AMP. Jika sudah, silahkan ikuti pengaturan dibawah ini.

Pertama-tama, silahkan masuk ke structure data > settings > compatibility. Jika sudah, cari bagian “Yoast SEO Plugin” dan silahkan di centang/aktifkan. Setelah itu klik save settings.

Jika sudah mengikuti pengaturan diatas, lanjutkan dengan mengunjungi search console dan melakukan validasi pada errornya. Tunggu beberapa hari sampai google selesai merayapi situs Anda.

Baca juga: Cara Mudah Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Penutup

Itulah dia bagiamana cara mengatasi atau memperbaiki “Image Size Smaller Than Recommended Size di AMP”. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan agar lebih banyak masalah yang terselesaikan.