Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance

Mengatasi briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute. Ini kadang muncul ketika Anda sedang melakukan sebuah update plugin atau namun tiba-tiba Anda close.

Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance

Saat di close maka WordPress akan melakukan update secara otomatis dan akan menambah file di cPanel yang bernama .maintenance. Maka file tersebut perlu dihapus.

Baca juga: Cara Setting Plugin LiteSpeed Cache di WordPress

Anda juga tidak perlu panik, karena jika WordPress gagal melakukan update otomatis, maka situs Anda akan kembali aktif beberapa menit kemudian dan plugin atau theme akan kembali ke versi sebelumnya.

Artinya proses update gagal dan Anda akan mendapatkan pesan gagal tersebut di dashboard WP Anda. Jika Anda ingin cepat, maka silahkan hapus file maintenance di cpanel.

Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance

Langkah pertama silahkan masuk ke cpanel Anda seperti biasa. Jika Anda belum mengerti, silahkan akses https://domain.com/cpanel. Ganti domain dengan domain Anda sendiri.

Setelah itu, silahkan masuk ke File Manager dan temukan file bernama .maintenance. Setelah ketemu silahkan dihapus. Pastikan Anda menghapus file yang benar.

Baca juga: Cara Mengubah URL Login WordPress

Jika sudah, silahkan refresh halaman website Anda. Jika website sudah aktif dan berfungsi dengan baik, Anda bisa melakukan update ulang pada plugin atau theme yang membutuhkan update.

Cara Update Manual Plugin atau Theme

Anda juga dapat melakukan update secara manual plugin atau theme yang Anda gunakan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke cPanel dan pilih file manager.

Setelah itu cari file bernama wp-content > theme (untuk update themes) atau plugin (untuk update plugin) > setelah itu upload file yang ingin Anda update.

Jika Anda menggunakan plugin yang ada di directory WordPress, Anda bisa download file terbarunya di wordpress.org. File tersebut berbentuk zip.

Jika Anda menggunakan plugin dari pihak ketiga, Anda bisa download file updatenya melalui akun member dimana Anda membeli themes/plugin tersebut.

Setelah Anda melakukan upload file terbarunya, silahkan hapus folder themes atau plugin yang versi lama, lalu extract file baru berbentuk zip tadi dan Anda telah selesai.

Pastikan Anda menghapus folder yang benar, bukan folder themes/plugins, tapi folder yang bernama plugin yang aktif contohnya folder yoast, folder jetpack, dll.

PENTING!

Baca juga: 10 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Penutup

Itulah dia tips singkat bagaimana cara mengatasi briefly unavailable for scheduled maintenance. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar