Home » Panduan Bisnis » 8 Cara Mendapatkan Penghasilan untuk Ibu-Ibu yang Bosan di Rumah

8 Cara Mendapatkan Penghasilan untuk Ibu-Ibu yang Bosan di Rumah

Panduan Bisnis

Menjadi seorang ibu rumah tangga pastinya ada kalanya merasa bosan dan jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Daripada nganggur, mending cari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

cara mendapatkan penghasilan ibu-ibu

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali istri-istri di Indonesia ini yang berhenti bekerja setelah mereka menikah. Alasannya juga beragam, paling umum adalah agar bisa fokus mengurus anak.

BACA JUGA: Peluang Usaha Agribisnis Modal Kecil untuk Skala Rumahan

Sedangkan dari segi finansial, keuangan keluarga juga menjadi menurun karena hanya berasal dari sang suami. Terlebih lagi jika pendapatan suami pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan rumah.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Ibu-Ibu

Namun, zaman sudah berubah. Sebagai ibu rumah tangga, Anda tetap bisa menghasilkan uang kok. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan mulai dari bisnis rumahan, freelance, dan sebagainya.

Jika Anda masih bingung apa saja bisnis atau pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari rumah tanpa mengurangi frekuensi mengurus Anak, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Menjadi Seorang Blogger

Apakah bunda-bunda ini suka menulis? jika iya maka profesi ini bisa jadi salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan. Sederhananya, blogger adalah kegiatan menulis dan mempublikasikan artikel.

Sebagai seorang ibu, Anda pastinya memiliki cerita-cerita, tips dan trick dalam mengurus bayi. Anda bisa menuangkan itu semua dalam tulisan blog Anda. Lalu bagaimana cara menghasilkannya?

Saya sudah pernah mengulas tentang “7 Sumber Penghasilan Seorang Blogger” yang bisa Anda baca. Singkatkanya adalah dengan iklan dari Google Adsense, kerja sama dengan brand, dll.

2. Membuat Channel Youtube

Seorang blogger menampilkan kontennya dalam bentuk tulisan, sedangkan YouTuber dalam bentuk video. Anda bisa membuat video seputar merawat bayi, review produk bayi, dan sebagainya.

Untuk menjadi seorang YouTuber, Anda harus PD dan berani berbicara di depan kamera. Anda juga harus mempersiapkan script yang nantinya akan digunakan sebagai pemandu dalam membuat video.

BACA JUGA: Begini Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Asiknya lagi, Anda dapat menggabungkan antara menjadi blogger dan YouTuber. Caranya dengan menjadikan script yang sudah dibuat menjadi konten di blog Anda. Jadi ada 2 sumber penghasilan.

Cara menghasilkannya juga sama-sama saja, yaitu dengan Google Adsense (Iklan), bekerja sama dengan brand, review berbayar, dan sebagainya.

3. Menjadi Seorang Penerjemah

Apakah Anda pandai dalam berbahasa asing yang baik dan benar? Jika iya pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Anda bisa mendapatkan penghasilan tidak terbatas dengan cara yang satu ini.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Pekerjaan sebagai penerjemah sangat dibutuhkan banyak orang, bisa dilihat dari banyaknya projects penerjemahaan yang ada di situs-situs freelancer. Mulai dari perorangan sampai company butuh penerjemah.

Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dimana saja. Jadi tidak akan menggangu rutinitas utama Anda untuk mengurus anak dan keluarga.

Untuk mendapatkan pekerjaan penerjemah pertama Anda, manfaatkan situs-situs freelancer seperti dibawah ini:

  1. Projects.co.id
  2. Freelancer.co.id
  3. Fastwork
  4. Sribulancer
  5. Dan sebagainya

Anda hanya perlu daftar dan melengkapi profile, setelah itu Anda dapat mulai menawarkan jasa terjemah Anda.

4. Cara Mendapatkan Penghasilan dengan Menjadi Guru Les Privat

Jika Anda memiliki pendidikan yang baik, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjadi guru les privat. Terdapat 2 metode yang bisa Anda terapkan yaitu online dan offline.

Jika online, Anda bisa mencari lowongan guru privat melalui internet seperti forum, situs freelancer, hingga media sosial. Sedangkan untuk offline, Anda bisa tawarkan jasa Anda kepada orang sekitar Anda.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Era Digital yang Dapat Anda Manfaatkan

Misalnya saja tawarkan kepada tetangga-tetangga Anda. Dengan kedekatan dengan tetangga, tentu mereka juga akan lebih tenang menitipkan anaknya untuk belajar bersama Anda.

Anda juga bisa menerima anak-anak yang sedikit jauh dari rumah Anda, tapi beritahu bahwa mereka harus datang kerumah untuk belajar. Dengan begitu akan menghemat ongkos dan waktu Anda.

Mata pelajaran yang paling banyak di cari gurunya adalah bahasa Inggris, matematika, dan fisika. Apabila Anda menguasai bidang ini dengan baik, maka patut untuk Anda coba.

5. Desainer Grafis

Pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari rumah berikutnya adalah dengan menjadi seorang desainer grafis. Prospek masa depan desainer grafis juga sangat baik dan itu terlihat dari pola bisnis yang digunakan saat ini.

Bisa dilihat dari banyaknya jumlahnya pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk promosi. Mereka sangat membutuhkan desain yang menarik untuk digunakan sebagai materi atau koten.

Namun, sebagai catatan bahwa pekerjaan ini butuh skills yang baik. Apabila Anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, maka ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan.

6. Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan Jualan Pulsa

Salah satu pekerjaan paling mudah yang bisa Anda lakukan dari rumah adalah dengan berjualan pulsa dan data internet. Peluang usaha yang satu ini sangat laris dan akan selalu dibutuhkan.

Masyarakat kita punya semacam “Ketergantungan” dengan internet dan media sosial. Untuk memenuhi ketergantungan itu tentu saja butuh kuota terus menerus. Disinilah target Anda berada.

BACA JUGA: Peluang Usaha di Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Untuk memulai bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan waktunya juga fleksibel. Berapa lama sih melayani pembelian pulsa, paling kurang dari 5 menit, maximal 10 menitan.

Anda bisa manfaatkan aplikasi-aplikasi seperti DANA, Go-Pay, dan semacamnya untuk mulai berjualan. Cukup top up saldo, markup harga pulsanya, dan mulailah berjualan.

Misalnya harga pulsa 100.000 di DANA itu Rp 100.000, maka Anda bisa jual dengan harga Rp 103.000. Meskipun kecil, tapi frekuensi pembelian pulsa akan terus ada setiap harinya.

7. Buka Toko Kelontong

Apakah di rumah Anda terdapat lahan kosong yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berjualan? Jika Ada, bukalah warung atau toko kelontong.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Toko kelontong bisa jadi cara yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu terlalu banyak barang-barang, cukup sediakan barang-barang kebutuhan tetangga dulu.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari jualan Anda dapat digunakan untuk menambah biaya pembelian barang-barang baru. Tipsnya adalah belilah produk yang bisa bertahan lama agar tidak merugi.

8. Dropshipper

Cara mendapatkan penghasilan tambahan berikutnya adalah dengan menjadi dropshipper. Dropship adalah metode berjualan tanpa harus melakukan stok dan pengiriman barang.

Tugas Anda hanya perlu cari calon pembeli saja, sedangkan untuk stok dan pengiriman akan dilakukan oleh supplier Anda. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya.

Agar bisa sukses di dropship, setidaknya Anda harus mengetahui bagaimana cara berjualan, promosi, hingga closing. Memang sedikti butuh effort untuk bisa sukses di dropship ini.

Penutup

Itulah dia beberapa peluang usaha atau cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Semua point-point diatas sangat cocok untuk dijalankan oleh ibu-ibu yang memiliki waktu luang.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan silahkan share agar jadi lebih bermanfaat lagi, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *