Mencari Jurnal Ilmiah Untuk Skripsi, Mudah dan Gratis!

Mencari Jurnal Untuk Skripsi – Halo Indonesian Blogger, apakah Anda sedang pusing dan ribet dengan paper atau skripsi yang membutuhkan banyak sumber jurnal ilmiah?

Mencari jurnal untuk skripsi

Hal ini mungkin sangat melelahkan, ketika tenggat waktu untuk tugas sudah segera datang, tetapi Anda belum menemukan sumber yang cocok untuk dijadikan sebagai referensi.

Tapi untungnya, saat ini ada banyak situs jurnal ilmiah yang dapat digunakan. Meskipun ada banyak, tapi ada beberapa situs yang tidak cukup lengkap atau bahkan berbayar ketika Anda ingin mengaksesnya.

Tapi tenang saja, karena kali ini Indonesian Blogger akan memberi Anda beberapa situs jurnal ilmiah gratis yang mungkin menjadi rekomendasi sebagai tambahan skripsi Anda.

Mencari Jurnal Untuk Skripsi

Seiring dengan perkembangan teknologi, internet saat ini tidak hanya menyediakan website yang hanya bekerja sebagai hiburan, tetapi juga sebagai ladang informasi yang berguna bagi dunia pendidikan.

Baca juga: Cara Buat Skripsi Tanpa Lelah Mengetik

Bagi Anda yang sedang sibuk menyusun skripsi atau mungkin tugas dari dosen Anda untuk membuat paper, berikut ini bagaimana cara mencari jurnal ilmiah untuk skripsi dengan mudah dan gratis.

1. Google Scholar

Dikenal sebagai mesin pencari terbesar di dunia, perusahaan teknologi raksasa Google juga memiliki produk lain yang disebut Google Scholar atau Google Cendekia dalam bahasa Indonesia.

Google Scholar adalah situs jurnal dari google yang menyediakan ratusan ribu referensi ilmiah dan literatur pendidikan yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak e-book yang dapat Anda unduh secara gratis untuk skripsi Anda.

Bagi Anda yang ingin mencari jurnal untuk skripsi di Google Scholar/Google Cendekia, Anda dapat langsung mengunjungi link berikut ini https://scholar.google.co.id/ atau ketik saja di search bar “Google Scholar”.

2. Education Resources Information Center (ERIC)

Situs ini merupakan salah satu situs jurnal ilmiah terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mencari jurnal yang berdasarkan topik yang Anda cari atau butuhkan.

Selain jurnal ilmiah, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis literatur atau ebooks di situs web ERIC. Jurnal versi gratis di situs ini juga memiliki berbagai macam pilihan. Anda dapat mengunjungi situs ini di https://eric.ed.gov.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan beberapa jurnal premium atau e-book dari situs ini tidak semaunya gratis, alias ada yang berbayar juga.

Baca juga: Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Seorang Mahasiswa

3. ScienceOpen

Website ScienceOpen beroperasi sebagai jaringan penelitian dan penerbitan, situs satu ini menyediakan akses ke lebih dari 28.000.000 artikel di semua bidang ilmu pengetahuan.

Namun, untuk melihat semua konten artikel, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Tenang! Pendaftaran gratis! Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan artikel atau jurnal yang Anda cari.

ScienceOpen benar-benar bisa menjadi pilihan jika Anda tidak punya ide. Anda dapat mengunjungi situs web ini di www.scienceopen.com.

4. DOAJ

Direktori Open Access Journal atau disingkat menjadi DOAJ, adalah situs gratis untuk mencari jurnal untuk skripsi yang dapat Anda akses dengan mudah, dan tentu saja gratis.

Website ini menyediakan alamat situs web untuk mencari jurnal ilmiah yang bersifat open access, sehingga Anda dapat men-download secara gratis.

Anda bisa cari jurnal untuk skripsi berdasarkan topik yang tematik atau menulis langsung ke bidang atau kolom pencarian yang tersedia.

Jika Anda tertarik untuk menemukan sumber referensi di situs ini, Anda dapat mengaksesnya dari ponsel Android atau laptop Anda di https://doaj.org/.

5. ResearchGate

Situs ResearchGate sering dianggap sebagai forum atau tempat berkumpuln bagi para peneliti dari seluruh dunia.

Baca juga: Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Pasalnya, selain mampu menjadi tempat untuk mencari jurnal ilmiah, di situs ini Anda juga dapat mengajukan pertanyaan secara bebas kepada publik atau berdiskusi dengan peneliti lain tentang penelitian yang dilakukan.

Tapi, sayangnya, tidak semua jurnal yang tersedia dapat Anda download secara gratis. Ada juga jurnal yang berbayar untuk bisa download.

Bagi Anda yang tertarik mencari referensi jurnal di ResearchGate, Anda dapat mengunjungi situs webnya di www.researchgate.net.

6. Sciencedirect

Seperti situs-situs yang disebutkan sebelumnya, Sciencedirect juga merupakan salah satu situs yang menawarkan artikel ilmiah, buku, jurnal, dan jurnal ilmuah.

Cukup ketik kata kunci untuk artikel atau jurnal yang ingin Anda temukan, dan kemudian Anda dapat mengunduhnya segera.

Namun, tidak semua artikel atau jurnal di situs ini dapat didownload secara gratis, karena ada yang bersifat premium alias berbayar.

Jika Anda ingin mencari jurnal untuk skripsi, Anda dapat mengunjungi situsnya dengan mengetikan url www.sciencedirect.com di browser Anda.

7. Jurnal Perempuan

Website Jurnal Perempuan adalah situs jurnal wanita pertama di Indonesia yang menawarkan beberapa jenis jurnal khusus untuk isu-isu perempuan.

Topik yang dibagikan disini, seperti perdagangan perempuan dan anak-anak, kekerasan terhadap perempuan, masalah hukum, sosial, ekonomi, politik, lingkungan dan budaya.

Situs ini sangat cocok untuk menjadi sumber referensi bagi Anda yang menyelidiki masalah yang berkaitan dengan wanita. Anda dapat mengakses situs ini di www.jurnalperempuan.org.

Penutup

Untuk mendapatkan nilai yang bagus dari dosen penguji memang butuh effort yang lebih, jadi Anda tidak boleh malas untuk mencari referensi. Manfaatkanlah rekomendasi diatas!

Itulah dia beberapa situs yang dapat Anda gunakan dalam mencari jurnal untuk skripsi. Semoga dapat bermanfaat dan jika Anda suka dengan artikel ini silahkan di share agar lebih banyak lagi orang yang membacanya.

Tinggalkan komentar