Beranda » Panduan Bisnis » 15 Tips Memilih Bisnis Online yang Tepat untuk Peluang Usaha

15 Tips Memilih Bisnis Online yang Tepat untuk Peluang Usaha

Tips Memilih Bisnis Online – Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, terdapat banyak sekali peluang bisnis online yang bermunculan. Mulai dari toko online, jasa, dan sebagainya.

tips memilih bisnis online

Perkembangan ini juga didukung dengan berubahnya gaya hidup dan kecendrungan masyarakat dalam berbelanja. Masyarakat cenderung lebih memilih belanja online daripada ke toko langsung.

Dengan perubahan tersebut, peluang bisnis online juga semakin menjanjikan. Sehingga banyak sekali para pengusaha, perorangan, dan sebagainya yang memulai bisnis online mereka.

Tips Memilih Bisnis Online yang Tepat

Jika Anda juga tertarik untuk memulai bisnis online sendiri, jangan terburu-buru. Anda bisa membaca beberapa tips berikut untuk menentukan bisnis apa yang cocok untuk Anda.

1. Sesuaikan dengan Trend Pasar

Sebelum Anda masuk ke dunia digital, Anda harus pintar-pintar membaca apa yang sedang trend di pasaran. Dengan mengetahui hal tersebut, akan membantu Anda untuk menentukan jenis bisnis, cara marketing dan juga cara mengembangkan produk.

2. Menentukan Target Pasar

Berikutnya, Anda perlu menentukan siapa yang menjadi target pasar Anda. Hal ini dilakukan untuk menyasar konsumen yang potensial saja sehingga biaya pemasaran bisa lebih rendah.

3. Modal Memulai Bisnis Online

Tips memilih bisnis online berikutnya adalah dengan menyesuaikannya dengan jumlah modal yang Anda miliki. Semakin besar modal yang Anda miliki, maka Anda bisa menjual produk yang bervariasi dan menyetok persediaan yang lebih banyak.

Jika Anda belum memiliki modal yang banyak, Anda bisa mencari peluang usaha yang modalnya kecil atau memulai bisnis tanpa modal dengan cara menjadi dropshipper.

4. Perhatikan Ketersediaan Produk

Ketersediaan produk akan sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis Anda. Sehingga Anda perlu memperhatikan siapa yang menjadi supplier Anda, jangan asal pilih karena tergiur harga murah.

Pilihlah supplier yang berkredibilitas, mampu menyediakan barang yang berkualitas baik, harga terjangkau, dan juga tepat waktu dalam pengirimannya.

5. Memilih Bisnis Online yang Sesuai Minat Anda

Tips berikutnya adalah memilih jenis bisnis online yang sesuai dengan apa yang Anda sukai. Jadi Anda mengubah hobi menjadi bisnis yang menguntungkan. Misalnya Anda adalah orang yang gemar dan paham soal memancing.

Maka Anda dapat memulai bisnis atau menjual berbagai hal-hal yang berhubungan dengan memancing. Contohnya seperti joran, kail, senar, umpan, dan lain sebagainya.

6. Peluang Pasar dan Prospek Bisnisnya

Jangan lupakan tentang peluang pasar dan minat masyarakat terhadap produk yang Anda jual. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat penjualan Anda kedepannya.

7. Hindari Produk Ilegal dan Melanggar Hukum

Banyak orang yang ingin memulai bisnis dan tergiur dengan berbagai produk-produk murah namun tidak jelas. Akhirnya mereka memulai dengan produk dari black market (pasar gelap), ilegal, dan sebagainya.

Meskipun harganya bisa jauh lebih murah dari produk legal, namun Anda pastinya akan terjerat urusan hukum kedepannya. Tidak hanya itu, bisnis Anda juga akan merugikan orang lain.

8. Sesuaikan Harga dengan Target Konsumen

Tips memilih bisnis online berikutnya, seperti yang dijelaskan pada point 1 dan 2, Anda perlu menyesuaikan harga produk Anda dengan target konsumen Anda.

Misalnya Anda menjual smartphone kelas atas dan menarget orang yang tingkat pendapatannya di bawah 3 juta/bulan. Mungkin produk Anda akan sulit untuk terjual, karena mereka lebih memilih untuk membeli produk lain yang dapat mereka jangkau.

9. Memilih Platform Bisnis Online

Saat ini terdapat berbagai jenis platform berjualan, baik di e-commerce, media sosial, hingga website toko online sendiri. Anda bisa pilih beberapa platform atau bahkan semuanya.

Jika Anda ingin lebih profesional dan membangun branding bisnis Anda, silahkan buat website toko online Anda sendiri. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk hal ini.

10. Perhatikan Pemilihan Produk

Tips memilih bisnis online sudah dijelaskan pada point di atas, Anda perlu memperhatikan produk apa yang ingin Anda jual. Apakah produk ini sedang banyak di cari, dibutuhkan banyak orang atau tidak.

Jika peminat produk Anda rendah, maka penjualan Anda pun akan ikut rendah. Maka dari itu, jual produk yang dibutuhkan banyak orang.

11. Memilih Lokasi Bisnis Online

Tips memilih bisnis online selanjutnya adalah lokasi. Kok lokasi? kan kita bisnisnya secara online dan tidak perlu toko fisik juga?

Meskipun berbasis online, tetapi Anda tetap harus mempertimbangkan dengan baik masalah lokasi bisnis. Pastikan lokasi Anda terjangkau oleh internet dan juga kurir pengiriman.

12. Aksesibilitas

Tidak hanya kemudahan akses ke tempat Anda berjualan, apalagi jika Anda tidak ada toko fisik. Aksesibilitas yang dimaksud di sini adalah bagaimana konsumen dapat menjangkau Anda.

Apakah bisnis Anda punya website, aplikasi, atau toko di marketplace, dan bagaimana mereka bisa menghubungi Anda untuk bertanya ataupun order produk Anda.

13. Pengemasan

Tips memilih bisnis online berikutnya adalah dengan memperhatikan packing atau pengemasan produk. Pilih produk yang lebih mudah untuk dikemas dan dan hanya butuh kemasan yang harganya terjangkau.

Untuk jenis-jenis bahan makanan terutama yang frozen food, Anda mungkin membutuhkan box styrofoam ataupun plastik yang akan menambah biaya kemasnya.

14. Pengiriman

Tips memilih bisnis onlne berikutnya adalah soal pengiriman pesanan. Hal ini berkaitan erat dengan lokasi Anda. Tidak semua perusahaan ekspedisi dapat menjangkau semua area.

Jadi, Anda harus menyesuaikan jasa pengiriman barang dengan ketersediaan jasa ekspedisi di kota Anda dan lokasi tujuan.

15. Biaya Lainnya

Dalam menjalankan bisnis, tentu ada biaya-biaya lain yang mesti dibayarkan. Tak terkecuali bisnis online, Anda juga harus mengeluarkan biaya-biaya tambahan tersebut, contohnya biaya internet.

Penutup

Tips memilih bisnis online ini tidaklah semudah saat penerapannya. Anda bukan hanya upload produk dan selesai. Melainkan ada berbagai aspek lain yang dapat mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Jadi sebaiknya sebelum memulai bisnis online, Anda dapat mencari banyak sumber informasi terlebih dahulu. Jadi, itulah dia 15 tips memilih bisnis online yang tepat, semoga dapat bermanfaat.

Jika Anda terbantu dengan artikel ini, silahkan share ke teman, kerabat, ataupun keluarga Anda.