Manfaat Social Media Marketing untuk Pelaku Bisnis

Berbicara social media marketing, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Terlebih untuk pelaku bisnis, khususnya UKM atau usaha kecil menengah.

Di saat perusahaan atau bisnis masih berada di tahap UKM maka berbagai macam promosi haruslah gencar dilakukan. Hal ini tentunya bertujuan agar bisa lebih berkembang.

Selain itu, juga bertujuan agar omset bisnis yang dijalankan juga bisa meningkat dengan jauh lebih baik.

Manfaat Social Media Marketing

Kali ini, kita akan membahas mengenai apa saja manfaat social media marketing terutama untuk bisnis yang masih berada dalam tahap UKM. Simak ulasannya berikut ini:

1. Membantu Memperkenalkan Bisnis

Umumnya bisnis yang masih dalam tahap UKM atau tahap awal belum terlalu banyak dikenal. Oleh karena itu promosi menggunakan sosial media sangatlah direkomendasikan.

Baca juga: Pengertian dan Cara Membangun Brand Awareness

Ini dimaksudkan dalam rangka memperkenalkan bisnis tersebut kepada lebih banyak lagi orang. Terlebih dengan jangkauan sosial media yang luas dan tak terbatas tersebut.

2. Agar Lebih Mudah Ditemukan

Manfaat social media marketing bagi sebuah bisnis yang kedua adalah membuat informasi perusahaan tersebut lebih mudah ditemukan oleh masyarakat.

Berbeda halnya dengan perusahaan besar yang informasinya dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai blog, berita dan ulasan.

UKM belum tentu banyak atau bahkan ada yang mengulasnya sehingga bisa menjadikannya lebih susah untuk ditemukan.

Baca juga: Tips Social Media Marketing

Oleh karena itu, Anda perlu mengambil langkah inisiatif dengan melakukan pengenalan produk/jasa menggunakan sosial media tersebut.

3. Manfaat Social Media Marketing: Hemat Biaya

Untuk melakukan promosi menggunakan sosial media ini Anda tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis.

Anda hanya perlu mendaftar ke salah satu platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya dan membuat sebuah postingan.

Tentunya, tanpa harus membayar (kecuali Anda menggunakan paid content).

Hal ini tentunya sangat berbeda apabila Anda mengiklankan usaha/produkmu secara offline seperti memasang reklame, menyebar brosur atau menayangkan iklan.

Baca juga: Peran Social Media Marketing dalam Peningkatan Bisnis, Pentingkah?

Jenis pemasaran secara offline tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, memanfaatkan teknik social media marketing ini juga sangat penting. Di mana perihal biaya atau modal beriklan bisa dipangkas jauh lebih besar alias hemat.

4. Hemat Waktu dan Tenaga

Selain efisiensi biaya, bisnis atau UK, juga harus mampu mengefisienkan waktu. Salah satunya adalah dengan penerapan social media marketing ini.

Dengan social media marketing maka Anda hanya perlu memposting konten di sosial media. Tentunya, hal tersebut bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Namun, posting secara berkala pada akun Anda akan menghasilkan impresi yang lebih baik.

5. Merupakan Sarana Pemasaran Terbaik

Di dunia yang menuju ranah serba digital ini, social media marketing merupakan sarana pemasaran terbaik yang bisa Anda gunakan apabila dibandingkan dengan pemasaran secara offline.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa manfaat social media marketing bagi bisnis Anda, khususnya UKM (Usaha Kecil Menengah).

social media marketing mampu membawa nama perusahaan UKM milikmu agar lebih familiar dan dikenal banyak orang. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan social media marketing ini ya.

Ada banyak hal yang akan Anda lewatkan apabila tidak memanfaatkan platform sosial media untuk melakukan promosi ini.

Baca juga: Elemen Penting dalam Social Media Marketing yang Perlu Anda Kuasai

Dengan sosial media ,arketing maka diharapkan bisnis atau pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) akan semakin berkembang dan menghasilkan lebih banyak keuntungan di masa depan.

Untuk melakukan social media marketing ini Anda memerlukan beberapa tips khusus yang bisa Anda baca di artikel sebelumnya.