Manfaat Porang untuk Industri – Tanaman porang merupakan komoditas unggulan yang termasuk dalam dalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume.

Manfaat Porang untuk Industri
Manfaat Porang untuk Industri

Budidaya tanaman ini belakangan sangat masif di berbagai wilayah Indonesia lantaran manfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Setiap tahun, Indonesia bisa mengekspor sekitar 300-an ton porang ke negara Jepang, Vietnam, Tiongkok, Australia, dan lain-lain.

Nilai ekspor ini meningkat setiap tahunnya karena banyaknya permintaan pasar yang belum terpenuhi 100 persen.

Manfaat Porang untuk Industri

Porang adalah penghasil karbohidrat, vitamin, mineral, protein, lemak, serta serat pangan. Selain itu, porang memiliki kandungan zat gukomannan yang merupakan turunan karbohidrat berbentuk polisakarida.

Dengan kandungan yang beragam inilah tanaman porang digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pangan, kimia, hingga farmasi.

BACA JUGA: Tanaman Porang: Morfologi dan Manfaat Porang untuk Kesehatan

Apa saja manfaat tanaman porang di masing-masing Industri tersebut? Simak berikut ini:

Porang untuk Industri Pangan

Dalam industri pangan, umumnya umbi porang dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan berserat tinggi seperti tepung, jenis mie dan agar-agar.

Di pasaran, produk olahan umbi porang yang bisa ditemui dalam berbagai produk antara lain:

Tepung Porang (Konjac Flour)

Konjac Flour alias tepung porang diperoleh dengan penggilingan umbi yang telah dikeringkan.

BACA JUGA: Cara Menanam Porang yang Benar, Agar Panen Berlimpah

Tepung akan dibuat menjadi mie konjac yang lebih kenyal seperti agar-agar tetapi lebih sehat dari mie biasa yang terbuat dari tepung terigu atau bahkan tepung kanji.

Keripik Porang (Konjac Chips)

Berbeda dengan tepung, keripik porang dibuat dari umbi porang yang dipotong-potong secara homogen kemudian direndam.

Setelah perendaman, umbi yang telah berbentuk chips akan dikeringkan untuk kemudian diproses seperti pembuatan keripik dengan bahan lainnya.

BACA JUGA: Cara Budidaya Tanaman Porang di Lahan Terbuka, Hasil Optimal!

Konnyaku

Konnyaku adalah makanan Jepang yang bentuknya mirip tahu. Karena terbuat dari bahan utama porang, makanan ini rendah kalori dan cocok untuk menemani masa diet.

Mie Shirataki

Shirataki adalah konyaku akan tetapi dalam bentuk mie, karena memang berbahan dasar sama. Bentuk dari mie ini tipis, bening, serta bertekstur lembut yang khas. Mie Shirataki yang ada di pasaran tersedia dalam berbentuk basah atau kering.

Jelly

Karena porang mengandung gelatin nabati, hasil olahan umbinya juga bisa untuk bahan pembuatan jelly. Tentu jelly dengan bahan porang lebih bernutrisi dan baik bagi tubuh.

Selain itu, porang juga digunakan sebagai berbagai food additive olahan makanan lainnya.

Porang untuk Industri Kimia dan Farmasi

Manfaat porang untuk industri Kimia dan farmasi juga tak kalah banyaknya. Bahkan, sedari dulu tanaman ini sudah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional Tiongkok.

BACA JUGA:

Untuk masa sekarang ini, dalam bidang kimia dan farmasi porang umumnya digunakan antara lain untuk:

Bahan Perekat Kertas (Lem)

Pada umbi tanaman ini mengandung bahan yang bisa dijadikan perekat tahan air yang cukup baik bahkan memenuhi standar LYY 1601-2002. Selain itu, lem dari bahan umbi porang lebih ramah lingkungan.

Bahan Kosmetik

Selain untuk bahan lem, seiring dengan penelitian berkelanjutan, porang juga dikembangkan dalam industri kosmetik.

Salah satu yang terkenal seperti produk Konjac sponge, yang merupakan alat kecantikan berbentuk spons organik yang terbuat dari porang.

Campuran Penjernih air dan Bahan Toilet

Melalui berbagai proses pengolahan, porang juga digunakan untuk bahan pengisi (filler) untuk bahan toilet, campuran penjernih air, serta bahan pewangi seperti kapur barus (seluloid).

Pembuatan Tablet Obat

Lagi-lagi, gelatin nabati yang terdapat pada porang selain untuk pembuatan jelly juga digunakan untuk pembuatan tablet pada obat pil.

Tablet dari Porang ramah lingkungan dan tidak mempunyai efek samping yang membahayakan tubuh.

Campuran Bahan Peledak dan komponen pesawat terbang

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, kandungan dalam umbi porang juga digunakan untuk campuran bahan peledak hingga komponen pesawat terbang.

Sampai saat ini, sudah banyak pabrik pengolahan umbi porang yang ada di dalam maupun luar negeri, kemajuan teknologi juga mendorong pemanfaatan tanaman ini untuk sektor industri yang semakin besar pula.

Tidak menutup kemungkinan, tanaman ini dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya yang lebih beragam lagi.

Itulah dia kegunaan tanaman porang dalam berbagai Industri, semoga dapat bermanfaat. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Write A Comment