Manfaat Memiliki Website Pribadi untuk Meningkatkan Value

Mungkin masih banyak yang belum tahu manfaat dari memiliki website pribadi, bagi Anda yang sudah paham boleh baca artikel saya yang lainnya. Jika belum, silahkan lanjutkan membaca.

Manfaat Memiliki Website Pribadi

Seiring perkembangan dunia digital, website bukan lagi hanya di peruntukan untuk perusahaan besar, organisasi ternama, ataupun pemerintahan saja. Tapi, siapapun bisa memilikinya.

Seperti namanya “Personal website” tentu lebih sering diperuntukan untuk tujuan pribadi seperti untuk menampilkan karya atau portofolio, menulis, berbagi cerita pribadi, dan sebagainya.

Lalu apa sebenarnya manfaat dari memiliki personal website? berikut ini saya telah merangkum beberapa manfaat memiliki website Anda sendiri berdasarkan kategorinya:

Manfaat Memiliki Website Pribadi

1. Daya Tarik untuk Mendapatkan Pekerjaan

Jika saat ini Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin mendapatkan perhatian dari rekruter, cobalah masukan website pribadi kedalam CV Anda. Dengan begitu, Anda unggul 1 point.

Baca juga: Apa Itu Website: Pengertian, Sejarah, dan Jenisnya

Dengan website pribadi, Anda dapat menonjolkan profesionalisme Anda kepada rekruter atau perusahaan. Sehingga semakin memperbesar peluang Anda untuk dilirik ataupun di utamakan.

Rekruter dari perusahaan yang Anda inginkan akan mereview website Anda untuk melihat bagaimana pengalaman kerja Anda, apa prestasi Anda, dan apa kreasi yang sudah pernah Anda buat.

Itulah manfaat dari memiliki website pribadi dari segi untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Website Pribadi untuk Portofolio

Saat ini perusahaan tidak hanya mempertimbangkan resume dan hasil interview saja, namun juga mempertimbangkan jejak digital calon karyawannya. Itulah mengapa jejak digital Anda harus baik.

Salah satu caranya adalah dengan memajang portofolio di website pribadi Anda. Portofolio dapat berupa tulisan Anda di blog atau website pribadi, karya yang Anda buat, dan sebagainya.

Selain untuk mencari pekerjaan, portofolio Anda juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan peluang mendapat proyek tertentu seperti client baru, penulisan review, iklan dan lain sebagainya.

3. Manfaat Memiliki Website Pribadi untuk Menghasilkan

Seperti yang sudah disebutkan pada point sebelumnya (2), bahwa dengan website pribadi Anda bisa mendapatkan client baru. Itu berarti Anda bisa menghasilkan uang dari website.

Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk mulai menghasilkan uang dari internet, contohnya iklan, affiliate, jasa, dan sebagainya. Silahkan baca lebih lengkapnya dibawah ini.

Baca ini: 7 Sumber Penghasilan Terbanyak Seorang Blogger

Terlebih lagi jika website Anda memiliki jumlah traffic atau pengunjung yang tinggi, tentu itu akan lebih mempermudah Anda untuk mendapatkan client baru dan meningkatkan rate card Anda.

4. Mempelajari Hal-Hal Baru

Dengan memiliki website pribadi, artinya mau tidak mau Anda juga mempelajari ilmu baru seperti coding, internet marketing, dan lain sebagainya. Fungsinya untuk apa belajar coding?

Secara sederhana, Anda setidaknya harus belajar coding dasar untuk bisa membuat design website sesuka hati Anda. Coding tidak sulit untuk dipelajari, asalkan Anda ingin serius belajar.

Baca juga: Tingkatkan Omzet Bisnis Anda dengan Memiliki Website

Hal tersebut sudah saya buktikan sendiri, kilas balik ke 2012 dimana saya pertama kali membangun blog pertama saya. Kala itu saya belajar seputar HTML, CSS, JavaScript, dan sebagainya.

Semuanya saya pelajari melalui internet dan hanya mengeluarkan biaya untuk pergi kewarnet. Karena memang pada saat itu saya belum memiliki laptop atau komputer sendiri.

Hasil belajar itu adalah ilmu yang bermanfaat. Jika Anda sudah mengerti coding, Anda bisa tambahkan itu ke portofolio, Anda bisa membuat design website yang Anda inginkan, dan sebagainya.

Bagaimana? Manfaat dari memiliki website pribadi atau personal website ini sangat bermanfaat bukan?

5. Manfaat Memiliki Website Pribadi untuk Berbagi

Berbagi itu bisa apa saja, termasuk melalui tulisan di website pribadi Anda. Anda punya ketertarikan minat di kuliner, tulis seputar kuliner. Anda suka di bidang otomotif, tulis seputar otomotif.

Anda juga bebas menulis apa saja yang Anda inginkan didalam website pribadi Anda, Karena tidak ada sistem atau aturan yang mengikat. Berbeda jika Anda menulis di platform lainnya.

Selain itu, dengan menulis sesuai minat Anda maka pengunjung atau audiens Anda juga memiliki kesukakaan atau minat yang sama dengan Anda.

Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membangun personal branding ataupun menjual produk Anda sendiri.

Sedangkan dari segi Agama, tentu saja berbagi ilmu akan diberi ganjaran pahala. Jika didalam agama Islam ada yang namanya “Pahal Jariyah” untuk agama lain saya rasa tidak jauh berbeda.

Pahala jariyah adalah suatu perbuatan baik yang terus menerus mendatangkan pahala kepada seseorang yang melakukan atau membagikan ilmu. Bahkan sampai ia meniggal, pahala tetap mengalir.

6. Buat Website itu Terjangkau

Jika Anda ingin memiliki website pribadi Anda sendiri dan mendapatkan manfaatnya, Anda tidak perlu keluar banyak uang. Bahkan Anda dapat memulainya dengan gratis jika Anda mau.

Saya juga bahas bagaimana cara membuat blog secara gratis, Anda bisa membacanya disini “Cara membuat blog secara gratis“. Karena gratis, tentu ada kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Walaupun gratis, Anda tetap bisa menghasilkan uang dari berbagai sumber seperti affiliate, iklan, dan sebagainya. Jadi, tidak ada perbedaan gratis dan berbayar dari segi cara menghasilkannya.

Menurut saya, yang membedakan hanya kemudahan yang diberikan saja. Yang berbayar tentu kemudahan dan fitur yang diberikan lebih membantu dalam pengembangan website.

Saya Ingin Memiliki Website Pribadi!

Bagi Anda yang ingin memiliki website pribadi dan merasakan manfaatnya, Anda bisa membuat website Anda sendiri atau Anda bisa gunakan jasa pembuatan website yang kami sediakan.

Tidak hanya sebatas website pribadi, Anda juga dapat membuat toko online, company profile, dan website jenis lainnya dengan jasa yang saya sediakan. Jadi tunggu apa lagi?

Buat website pribadi Anda sekarang dan kembangkan kreativitas Anda.

Penutup

Itulah tadi beberapa manfaat dari memiliki website pribadi yang bisa Anda dapatkan. Buat website pribadi Anda sekarang dan rasakan sendiri bagaimana itu mempengaruhi karir Anda.

Jika Anda suka artikel ini, silahkan di share agar dapat memberi lebih banyak manfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar