Home » Review » 15 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

15 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

Review

Apakah Anda termasuk orang yang malas untuk mandi pagi? Mungkin setelah Anda membaca manfaat mandi pagi ini dapat merubah kebiasaan Anda untuk mulai mengubah kebiasaan tersebut.

manfaat mandi pagi untuk wajah

Karena menurut dari data kesehatan menyatakan bahwa akan ada banyak manfaat bila Anda melakukan mandi pagi.

Mandi pagi sendiri tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan saja namun juga dapat membuat Anda lebih bersemangat dalam menghadapi hari.

Bahkan mandi pagi juga dapat membuat diri untuk bersiap dalam menerima tekanan yang dihadapi dan juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit.

Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

Selain itu mandi pagi juga dapat meningkatkan kreativitas Anda, dan percaya apa tidak menurut penelitian melakukan mandi dan berendam dapat memicu datang nya kreativitas.

Berikut ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang di dapat bila melakukan mandi di pagi hari.

1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Menurut dari hasil penelitian, bila seseorang yang sering mandi pagi terlebih menggunakan air dingin maka dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Selain itu tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Sehingga hal ini akan sangat berguna sebagai persiapan seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Mengurangi Risiko Darah Tinggi

Mandi pagi dengan menggunakan air dingin dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, varises dan juga pengerasan pembuluh darah.

Hal ini terjadi karena mandi dengan menggunakan air dingin dapat membantu memperlancar seluruh sirkulasi darah ke organ tubuh.

3. Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh

Kebiasaan mandi pagi terlebih dengan menggunakan air dingin akan berdampak positif untuk kesehatan jaringan tubuh.

Dengan mandi menggunakan air dingin, jaringan akan memperbaiki kulit sehingga kulit tidak mengering dan akan menjadi lebih tangguh.

Mandi dengan menggunakan air dingin juga dapat mengurangi noda serta lingkaran hitam yang ada di bagian bawah mata.

Dengan begitu membuat kesegaran wajah akan terpancar. Namun, akan terjadi sebaliknya bila mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit menjadi lebih mudah keriput dan tidak kenyal.

Bukan hanya itu saja mandi dengan menggunakan air dingin juga akan berdampak positif pada jaringan kuku. Karena kuku akan menjadi lebih sehat, lebih kuat dan juga tidak mudah retak.

4. Meningkatkan Sel Darah Putih

Selanjutnya manfaat mandi pagi dan menggunakan air dingin dapat meningkatkan sel darah putih yang ada di dalam tubuh.

Ketika sel darah putih di dalam tubuh meningkat, daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus juga akan menjadi meningkat yang membuat tubuh menjadi positif.

Sehingga menjadi lebih bugar dan tidak mudah jatuh sakit karena sistem daya tahan tubuh selalu terjaga.

5. Mandi Pagi untuk Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi dengan menggunakan air dingin ini memiliki efek yang positif pada kesehatan reproduksi manusia.

Di mana manfaatnya dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita.

Sehingga membuat Hasrat seksual dan kesuburan dapat meningkat.

6. Membantu Meredakan Gejala Depresi

Manfaat mandi pagi dengan menggunakan air dingin dapat membuat jiwa menjadi bersih. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan membuat menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi dengan menggunakan air dingin dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah untuk mengelilingi organ tubuh.

Hal ini dapat terjadi ketika air dingin menyentuh tubuh sehingga dapat memicu kinerja arteri dalam memompa darah. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kondisi seperti ini juga dapat memicu terjadinya penurunan tekanan darah dan juga memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

8. Manfaat Mandi Pagi untuk Meningkatkan Energi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat ketika mandi pagi hampir sama dengan energi yang didapat bila habis mengkonsumsi kafein.

Hal ini terjadi karena ketika air dingin menyentuh kulit tubuh akan meresponsnya dengan bernafas karena di dalam kulit ada asupan oksigen.

Sehingga darah akan terpompa dengan cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung pun juga akan meningkat sehingga membuat tubuh menjadi lebih berenergi sepanjang hari.

9. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat mandi pagi bukan hanya dapat membersihkan tubuh namun juga membersihkan pikiran.

Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bila mandi pagi dapat bermanfaat untuk menstimulasi titik biru di otak.

Titik biru tersebut merupakan sumber noradrenalin (zat kimia yang ada di dalam otak) yang fungsinya dapat mengurangi tingkat stress dan juga depresi.

10. Membantu Meningkatkan Fokus

Menurut dari sebuah data kesehatan menyebutkan bila mandi dengan menggunakan air dingin dapat membantu melatih saraf untuk tahan terhadap stress dan juga meningkatkan fokus.

Selain itu mandi air dingin juga dapat membuat Anda lebih tenang serta dapat menstabilkan emosi.

11. Mandi Pagi Mencegah Berbagai Penyakit

Mandi pada umumnya dapat mencegah sesorang dari berbagai macam penyakit. Terlebih penyakit yang berhubungan dengan kebersihan tubuh, contohnya seperti gatal-gatal akibat dari infeksi bakteri atau jamur.

Mandi juga dapat membantu meringankan gejala penyakit kulit yang diderita seperti 12. eksim dan juga psoriasis. Anda dapat juga menambahkan beberapa bahan alami ke dalam air mandi Anda untuk kesehatan.

Contohnya dengan mencampurkan serbuk oatmeal yang dipercaya dapat meredakan gatal-gatal, iritasi, peradangan kulit dan juga dapat melembabkan kulit yang kering secara alami.

12. Membuat Wajah Lebih Awet Muda dan Mencegah Munculnya Jerawat

Mandi pagi dengan teratur dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori yang ada di wajah. Dengan begitu kotoran dan sebum tidak mudah menumpuk dan membuat wajah menjadi tidak mudah berjerawat.

13. Membuat Rambut Menjadi Lebih Sehat

Apa sih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata dengan membilas rambut menggunakan air dingin dapat membantu menutupi kutikula rambut sehingga dapat mengurangi rambut rontok.

Rambut akan lebih terlindungi dari kotoran yang biasanya menempel di area kulit kepala. Dengan begitu membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

14. Mandi Pagi Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang menginginkan tubuh ideal, maka dengan mandi menggunakan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga.

Di dalam tubuh manusia sendiri mengandung dua jenis lemak yaitu lemak coklat dan lemak putih.

Lemak coklat ialah lemak baik yang digunakan untuk menghasilkan panas demi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dan dibakar ketika tubuh terkena dingin yang ekstrim.

Sedangkan lemak putih ialah penumpukan lemak di pinggang, perut dan juga leher yang terjadi ketika kita mengkonsumsi kalori yang berlebih.

15. Pengobatan Hidroterapi

Penggunaan air dingin sudah lama dilakukan di dalam pengobatan medis yaitu hidroterapi.

Pengobatan hidroterapi ini menggunakan air dingin karena prinsip dari pengobatan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang lancar.

Sehingga oksigen dan nutrisi pun dapat lancar mengalir ke seluruh tubuh yang dapat memberikan efek anti nyeri.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat mandi pagi terlebih bila menggunakan air dingin ya. Jadi mulai sekarang rajinlah untuk mandi pagi ya walaupun itu hari libur karena manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh.

Temukan tips-tps menarik lainya di sini abikumemangbeda.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *