Pengertian Komunikasi Bisnis Dan Manfaatnya

Komunikasi Bisnis – Halo Indonesian Blogger, salah satu faktor penting keberhasilan sebuah bisnis atau usaha adalah memiliki komunikasi yang baik. Bahkan hampir seluruh kegiatan manusia di bumi ini menggunakan komunikasi.

komunikasi bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

Menurut Wikipedia, komunikasi bisnis adalah sebuah kegiatan pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki sebuah tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Sedangkan dalam bisnis terdapat dua jenis bentuk komunikasi, yaitu verbal dan non verbal. Berikut ini perbedaan dari keduanya.

Bentuk Dasar Komunikasi

Komunikasi Verbal

Baca juga: Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Dan Kegagalan Bisnis Anda

Komunikasi Verbal adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh komunikator dengan cara tertulis atau lisan. Contohnya melakukan percakapan pada orang lain baik melalui pesan seperti surat ataupun secara lisan (mengobrol).

Komunikasi Non Verbal

Non Verbal, adalah bentuk penyampaian sebuah informasi atau pesan yang kurang terstruktur yaitu dengan menggunakan gerakan, isyarat, bahasa tubuh, expresi, kontak matak dan lain sebagainya.

Komunikasi non verbal bertujuan untuk mengexpresikan emosi, mengendalikan dan mempengaruhi lawan bicara, mengatur alur percakapan dan bersifat sebagai pelengkap dari komunikasi verbal.

Unsur Utama Komunikasi

1. Memiliki Tujuan

Unsur yang pertama adalah adanya tujuan didalamnya, yang berarti bahwa komunikasi haruslah memiliki sebuah tujuan yang telah ditetapkan dan sejalan dengan tujuan organisasi.

2. Pertukaran Gagasan

Berikutnya adalah adanya pertukaran gagasan, yang berarti bahwa komunikasi wajib melibatkan setidaknya dua orang atau lebih. Komunikasi tidak dapat dilakukan jika tidak ada lawan bicara.

Baca juga: 7 Tips Cara Mengembangkan Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

3. Berisi Informasi

Komunikasi haruslah berisi informasi, ide, pendapat dan instruksi, point yang terpenting dalam sebuah komunikasi adalah isi dari pesan yang terkandung didalamnya, di mana bentuk dapat bervariasi tergantung pada kondisi, persyaratan dan tujuan.

4. Menggunakan Saluran Personal/Impersonal

Menggunakan saluran personal atau impersonal, artinya Anda dapat melakukan komunikasi dengan bertatap wajah, menggunakan sarana khusus, atau media.

5. Menggunakan Simbol atau Sinyal

Gunakan simbol atau sinyal, yang berarti bahwa metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi dapat dimgengerti dengan mudah oleh penerima pesan sehingga penerima pesan dapat memahaminya.

6. Mencapai Tujuan Awal

Hasil dari komunikasi adalah tercapainya tujuan awal yang sudah ditetapkan oleh manajemen.

Fungsi dari Komunikasi Bisnis

Secara garis besar, komunikasi bisnis memiliki beberapa fungsi utama yaitu: Informative, Regulatory, Persuasive, dan yang terakhir adalah Integrative. Berikut ini penjelasan dari masing masing point tersebut.

Informative

Dalam hal ini, fungsi informative lebih banyak digunakan oleh manager dan karyawan untuk melakukan tugas mereka secara lebih efisien. Berikut ini beberapa informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut:

  1. Masalah yang terkait pekerjaan (tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dsb).
  2. Standar bisnis dan manfaat perusahaan.
  3. Sosio emosional perusahaan pada umumnya.
Regulatory

Fungsi dari komunikasi regulatory ini sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalan sebuah organisasi atau bisnis dengan perintah dan juga laporan.

Baca juga: Cara Membuat Bio Instagram Yang Menarik Untuk Bisnis

Persuasive

Fungsi dari persuasive ini terjadi dalam kasus komunikasi dan interaksi antara karyawan, di mana tujuan komunikasi adalah untuk memungkinkan orang lain bisa menerima masukan atau ide pikiran seseorang.

Integrative

Integrative yang terjadi dalam perusahaan akan membuat perusahaan dapat beroperasi dengan cara yang bersatu dan utuh. Hal ini hanya dapat dilakukan ketika komunikasi dan koordinasi di perusahaan berjalan dengan baik.

Tujuan Dari Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi ini terdapat 3 tujuan utama yaitu sebagai penyampaian informasi, persuasi, dan kerja sama. berikut penjelasan dari setiap tujuan tersebut.

1. Penyampaian Laporan/Informasi (Informing)

Tujuan pertama dari komunikasi bisnis adalah untuk memberikan atau melamporkan sebuah infomasi yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dengan pihak lain.

Misalnya, Manajer Pemasaran ingin meningkatkan penjualan produk mereka, sehingga akan mencoba beriklan dengan cara yang berbeda.

2. Melakukan Persuading (Mempengaruhi)

Persuasi adalah bentuk bentuk komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain dan meyakinkan mereka. Melalui persuasi, semua orang mencoba untuk mempengaruhi pilihan dan kepercayaan orang lain.

3. Melakukan Collaborating (Kerjasama)

Collaborating adalah bentuk kerjasama dan interaksi yang melibatkan para pihak secara langsung dan tidak langsung. Konsekuensi dan manfaat akan diterima oleh orang orang yang terlibat didalamnya.

Dengan komunikasi yang baik, kerjasama perdagangan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Penutup

Itulah dia penjelasan lengkap apa itu komunikasi, pengertian, bentuk, unsur, fungsi dan tujuan komunikasi bisnis. Semoga dapat bermanfaat dan jika terdapat kesalahan silahkan diberikan koreksi pada kolom komentar, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *