Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis untuk Melindungi Datamu

Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis – Di internet, data adalah sebuah barang yang sangat berharga. Layaknya barang berharga yang lain, data milik pengguna internet juga harus dijaga.

ketahui bahaya penggunaan VPN gratis

Data pengguna internet tidak hanya dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti google atau facebook. Tapi, banyak sekali aplikasi, website, dan sebagainya juga mengumpulkan data.

Jika pengguna internet tidak awas, bisa saja Anda memasukan data penting Anda baik secara sengaja atau tidak. Lalu seperti apa data pengguna internet yang dikumpulkan?

  1. Email
  2. Password
  3. Data Internet Banking
  4. Pin Mobile Banking
  5. Lokasi
  6. dll

Dari sekian banyak data personal yang bisa di kumpulkan oleh perusahaan, aplikasi, software, website, ataupun yang lainnya, maka kita sebagai pengguna internet haruslah mulai berhati-hati.

Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis

Salah satu caranya adalah dengan mempertimbangkan untuk tidak menggunakan VPN (Virtual Private Network) yang tidak jelas dan gratisan. Walaupun tidak semua VPN gratis itu bahaya.

Baca juga: Cara Melindungi Smartphone Anda dari Serangan Hacker

Siapa sih yang memberikan layanannya secara gratis? jika gratis pasti ada keuntungan yang mereka dapatkan, yaitu menjadikan Anda sebagai produknya dengan cara menjual data Anda kepada pengiklan.

Lalu apa saja bahaya atau efek negatif penggunaan VPN gratis yang wajib Anda ketahui? Simak dibawah ini.

1. Mengancam Keamanan Perangkat dan Pengguna

Jika berbicara VPN, fungisnya adalah untuk melindungi data ataupun privacy pengguna dari berbagai serangan dari hacker. Namun, fungsi ini bisa saja berubah jika menggunakan VPN gratis.

Sebuah studi “An Analysis of the Privacy and Security Risks of Android VPN Permission-enabled Apps” menyatakan dari 283 aplikasi yang di analisa, 37% diantaranya telah diunduh sebanyak 500.000 kali dan 25% diantaranya mendapatkan rating bintang 4.

Baca juga: Kebiasaan yang dapat Merusak Smartphone Anda dengan Cepat

Dari ratusan aplikasi yang dianalisa tersebut, 38% diantaranya ditemukan malware didalamnya. Dan hanya sedikit pengguna yang sadar dengan masalah kemanan dan privacy pada aplikasi tersebut.

2. Melacak Aktivitas dan Mencuri Data Pribadi Pengguna

Seperti disebutkan diawal bahwa fungsi awal VPN adalah untuk melindungi aktivitas online dan data pengguna saat berselancar di internet. Namun, VPN gratis justru kebalikannya.

VPN gratisan justru dapat melacak aktivitas online dari penggunanya. 72% VPN gratis yang menjadi sample dalam studi yang disebutkan pada point 1 memiliki fungsi pelacak didalam sistemnya.

Pelacak tersebut digunakan oleh developer aplikasi VPN sebagai media untuk mengumpulkan data aktivitas online dari penggunanya. Lalu, data yang sudah dikumpulkan akan dijual kepada pengiklan.

Apa untungnya bagi pengiklan? Untungnya adalah mereka dapat memasang iklan yang tertarget atau sesuai dengan sasaran yang mereka incar.

Jadi pastikan Anda tidak menggunakan VPN untuk mengakses aplikasi ataupun situs-situs yang sensitif seperti mobile banking, internet banking, ataupun melakukan transaksi di e-commerce.

3. Membatasi Penggunaan Data

Penyedia layanan VPN gratis menggunakan banyak metode untuk mengurangi data pengguna.

Salah satu yang paling umum adalah menetapkan batas kuota pada paket VPN gratis untuk memaksa pengguna beralih ke paket VPN berbayar.

Jumlah biaya yang menjadi minimum juga bervariasi, ada 500MB dan ada yang sampai 2GB.

4. Membuat Koneksi Internet Anda Lambat

Selain membatasi penggunaan kuota, VPN gratis juga menerapkan metode memperlambat koneksi internet yang menggunakan layanan mereka agar Anda beralih ke paket yang berbayar.

Baca juga: Cara Mencari HP yang Hilang dengan Tepuk Tangan

Penyedia dari VPN gratis ini juga menggunakan bandwidht gratis yang Anda gunakan lalu mentrasfernya ke pengguna yang berbayar. Sehingga pengguna berbayar memiliki pengalaman yang lebih baik.

Dengan praktek ini, membuat pengguna VPN gratis memiliki jaringan yang lamat dan tidak stabil.

5. Banyak Iklan Menggangu

Bahaya dari penggunaan VPN gratis yang harus Anda ketahui yang terakhir adalah banyaknya iklan yang tampil.

Iklan merupakan salah satu cara dari para penyedia VPN untuk mendapatkan penghasilan dari penggunaan aplikasi mereka. Iklan akan otomatis tampil saat Anda membuka aplikasi VPN gratis ini.

Selain iklan tersebut sangat menggangu pengalaman pengguna, iklan-iklan tersebut dapat membuat koneski Anda menjadi lambat. Bukan hanya itu, iklan yang tampil juga dapat mengandung malware.

Saat Anda tidak sengaja klik iklan yang mengandung malware tersebut, bisa saja perangkat yang Anda gunakan akan disusupi malware. Akibatnya perangat Anda menjadi bermasalah.

Penutup

Itulah dia beberapa bahaya penggunaan VPN gratis yang harus Anda ketahui. Tidak ada yang aman di internet, Anda harus lebih aware dengan melindungi diri Anda dari bahaya penggunaan VPN.

Jika Anda suka artikel ini dan menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan share agar lebih banyak lagi orang yang sadar bahwa penggunaan VPN gratis tidak selamanya memberikan efek positif.

Tinggalkan komentar