Kesalahan Dalam Riset Keyword Untuk Artikel

Kesalahan Dalam Riset Keyword – Halo semuanya, sebelum seorang blogger menuliskan sebuah artikel pastinya melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Riset keyword atau kata kunci berfungsi untuk mengetahui apa saja yang sedang banyak dicari orang di mesin pencari atau yang sedang trend. Untuk pelaku internet marketing keyword adalah faktor penting penunjang keberhasilan.

Namun biasanya tidak jarang para pelaku internet marketing dan blogger sering melakukan kesalahan saat riset keyword/kata kunci.

Kesalahan seperti ini bukan hanya dilakukan oleh pemula bahkan yang sudah lama berkecimpung didunia internet. Untuk pelaku internet marketing kesalahan keyword adalah sebuah kerugian besar.

Baca Juga : Keyword yang Paling Banyak Dicari

Lalu seperti apakah kesalahan dalam riset keyword? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Kesalahan Dalam Riset Keyword

1. Memilih Keyword Yang Umun

Keyword yang umum disini adalah keyword yang memiliki jangkauan terlalu luas atau global. Mengapa keyword umum tidak begitu baik untuk digunakan?

Contohnya Anda memiliki toko komputer online dengan  menggunakan keyword “Komputer”, Tentunya dengan keyword tersebut akan sulit mendatangkan visitor dan belum tentu orang yang mencari keyword komputer ingin membeli melainkan mencari tips.

2. Memilih Kompetisi Keyword Yang Tinggi

Kesalahan berikutnya adalah Anda memililih keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi (high).

Untuk yang sudah melakoni blogging dengan pemahaman SEO mendalam dan artikel yang terindex sudah banyak tentu bukan masalah untuk menggunakan keyword high.

Namun untuk yang masih baru sebaiknya menghindari kompetisi dengan blogger lain dan lebih memilih kata kunci dengan tinggat pencarian tinggi namun persaingan rendah.

Lebih baik anda menggabungkan beberapa kata kunci sehingga terbentuk keyword yang mampu bersaing di search engine.

3. Menggunakan Keyword dengan Pencarian Rendah

Kesalahan dalam riset keyword ketiga adalah Anda menggunakan kata kunci dengan tingkat pencarian rendah (berbeda dengan sebelumnya pada point 2).

Dengan menggunakan keyword dengan pencarian yang rendah tentu persaingan juga tidak ketat sehingga sangat mudah untuk Anda menjadi nomor 1 di hasil pencarian.

Namun, faktanya jika Anda berada di nomor 1 dengan pencarian yang rendah tetap tidak dapat mendatangkan visitor yang melimpah untuk situs Anda.

Jika kesalahan selalu berulang-ulang bisa jadi Anda gulung blog karena tidak kunjung mendatangkan visitor sehingga sulit untuk berkembang.

4. Gagal Konversi Keyword Menjadi Traffic

Kesalahan dalam riset keyword yang terakhir adalah hasil yang Anda dapatkan dari beberapa point diatas.

Contohnya jika Anda melakukan kesalahan dengan menggunakan kata kunci dengan tingkat pencarian rendah, visitor memang ada.

Tapi, mungkin bisa dihitung jari dan belum tentu dapat menjadi pembeli atau pengunjung setia blog anda.

Baca Juga : Mengembangkan Blog Walaupun Bekerja

Tingkat persaingan kata kunci bergantung kepada owner website itu sendiri. Dengan menggunakan kata kunci yang sama dengan yang banyak digunakan website lain itu sebenarnya tidak masalah.

Namun sebaiknya Anda memikirkan terlebih dahulu bahwa mampu atau tidaknya kata kunci yang kita gunakan untuk bersaing di mesin pencari.

Mampu atau tidaknya sebuah web dapat bersaing dengan web lain dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

  1. Melihat konten dan SEO website lain
  2. Melihat Page Authority, Domain Authority, backlink dan lain sebagainya.
  3. Mampukah Anda menguasai Niche web yang anda kembangnkan.
  4. Waktu
  5. Kejelian melihat peluang

Jika Anda memilih menggunakan keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi maka Anda dituntut untuk memberikan sebuah konten yang jauh lebih baik daripada web pesaing Anda.

Itulah beberapa Kesalahan Dalam Riset Keyword yang mungkin terjadi saat melakukan riset keyword.

Kesalahan ini biasa terjadi di blogger yang baru memulai. Jadi semoga penjelasan saya diatas dapat dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan yang lebih banyak lagi, terima kasih.